Tips Kreatif Menciptakan Artikel Unik Dengan Gampang Dan Cepat

Diposting pada 23 views

Dalam rangka menyebarkan sebuah blog profesional maka update artikel merupakan hal yang wajib dilakukan secara rutin. Terlebih lagi kalau anda telah sanggup menciptakan artikel yang unik maka daya tarik blog anda akan semakin besar dan berpengaruh kepada calon pembaca. Terlepas dari kemampuan anda menulis tetap saja anda harus mempunyai aktivitas mempublikasikan artikel meskipun hanya sebulan sekali.

Sayangnya bukan hal yang gampang menulis artikel yang unik. Apalagi kalau anda masih blogger pemula yang gres terjun untuk menulis artikel. Permasalahan muncul lantaran hampir sebagian besar topik artikel telah banyak diulas oleh blogger lain. Makanya tidak aneh kalau sebuah ada puluhan bahkan ratusan judul yang membahas permasalahan yang sama.

Meskipun demikian anda tidak perlu cemas menghadapi kenyataan tersebut. Pada dasarnya setiap orang mempunyai keunikan sendiri sehingga bukan mustahil anda bisa menghasilkan artikel yang unik pula.

Dalam rangka menyebarkan sebuah blog profesional maka update artikel merupakan hal yang  Tips Kreatif Membuat Artikel Unik dengan Praktis dan Cepat

Tips gampang menciptakan artikel unik

1. Baca

Sebelum anda menuju langkah menulis artikel yang unik ada baiknya anda membaca dahulu materi yang akan anda jadikan bahas materi. Anda bisa mendapat ratusan judul artikel diinternet yang membahas permasalahan yang spesifik.

Sangat disarankan anda membaca lebih dari 3 buah artikel dari halaman pertama search engine. Meskipun begitu lebih banyak lebih baik lantaran kemungkinan ada artikel yang penting, tetapi belum dibahas oleh penulis lain. Untuk itu jangan hanya menentukan artikel yang pendek atau singkat (400-600 kata) saja. Lebih baik anda juga membaca artikel penjang dengan jumlah kata di atas 1000. Denagan demikian kemungkinan semua materi penting bisa anda dapatkan di dalamnya.

2. Pahami

Setelah anda membaca artikel tersebut tentu pemahaman anda terhadap wangsit pokok bacaan tersebut sangatlah baik. Dalam hal ini mungkin kemampuan orang memahami sebuah goresan pena berbeda-neda. Sebagian orang bisa mengetahui wangsit pokok dalam sekali baca sedangkan sebagian yang lain harus mengulang-ulang bacaan hingga beberapa kali.

Terlepas dari perbedaan tersebut mungkin anda perlu berguru cara membaca cepat dan efektif. Sehingga anda tidak perlu membaca kata demi kata untuk menemukan gagasan utamanya. Memang menguasai teknik membaca cepat tidak semua orang memilikinya. Tetapi dengan banyak membaca dan cara mengusai jenis paragraf saya rasa hal itu bisa diwujudkan dalam waktu singkat.

3. Amati dan Tandai

Jika anda merasa kesulitan juga untuk mengingat apa yang anda baca lantaran problem daya ingat maka lebih baik anda meng copy-paste kan artikel tersebut ke dalam microsoft word atau wordpad atau media yang lain. Selanjutnya anda amati mana yang merupakan wangsit pokok dari bab paragraf tersebut. Dalam hal ini bisa saja wangsit pokoknya ada dibagian depan paragraf, tengah atau belakang paragraf. Yang terang anda harus mengetahuinya dengan jelas.

Setelah itu anda tandai semua kata kunci tersebut dengan menulis ulang ke dalam kerangka goresan pena yang anda buat. Jika perlu tambahkan wangsit pokok lain yang terdapat pada artikel yang lain. Dengan begitu apa yang akan anda tulis meliputi semua hal yang bekerjasama dengan permasalahan tersebut.

4. Modifikasi

Langkah terakhir dalam menciptakan artikel yang unik yaitu melaksanakan tulis ulang. Yang saya maksud dari tulis ulang yaitu menulis ulang artikel dengan menghindari teknik copy-paste murni. Dapat juga dimaknai dengan menulis artikel sesuai dengan cara berfikir anda dalam mengemukakan pendapat. Dengan kata lain anda memakai kemampuan eksklusif dalam menyusun kata demi kata dengan teknik inovatif dan kreatif.

Memang tidak gampang kalau anda belum pernah menulis artikel. Namun bila anda ingin menjadi penulis andal maka anda harus rajin berlatih menulis secara rutin. Satu hal lagi yang perlu anda ingat semoga kemampuan anda memodifikasi artikel lebih gampang yaitu banyak membaca artikel berkualitas dan mengetahui teknik menulis mereka. Dengan demikian anda bisa mengumpulkan beberapa teknik menulis dan mengkombinasikannya sesuai dengan cara berpikir anda.

Untuk mempermudah cara memodifikasi artikel rasanya tidak cukup dengan teori. Namun harus disertai pola supaya lebih jelas. Oleh lantaran itu perhatikan langkah berikut ini.

“Terus terang saja tidak semua orang mempunyai kemampuan yang baik dalam menulis. Untuk itu sebagian orang lari ke tempat-tempat kursus menulis sehingga memperoleh pengetahuan kepenulisan yang memadai. Sehingga dalam beberapa bulan atau tahun sudah bisa menerbitkan buku-buku yang mempunyai kegunaan bagi masyarakat.

Masalahnya tidak semua orang mau mengeluarkan biaya untuk latihan kursus menulis. Jalan tengahnya mereka membuat blog dan berlatih menulis untuk mengisi konten di dalamnya. Jadi, bisa dikatakan bahwa menulis diblog adalah media berlatih menulis yang baik bagi anda. Bukan tanpa alasannya yaitu saya menyampaikan hal itu lantaran goresan pena diblog seringkali mendapat respon berupa komentar dari para pembaca. Sehingga tidak heran kalau terdapat kritik dan saran dari pembaca mengenai goresan pena atau materi materinya.”

Dengan membaca, memahami, mengamati, menandai dan meodifikasi sehingga bisa menjadi

“Kenyataannya tidak semua orang terlahir dengan kemampuan menulis yang baik. Bahkan ada diantara mereka ada yang belum mengetahui manfaat menulis. Sehingga tidak heran kalau menulis dianggap hal yang menyulitkan. Untuk mengatasi kesulitan ini pergi ke berbagai lokasi kursus menulis harus dilakukan supaya mendapat pengetahuan jurnalistik secara baik dan benar. Tentu saja dengan cita-cita bisa mengumpulkannya menjadi buku-buku yang bisa diterima oleh para penerbit sehingga bisa menambah pengetahuan orang banyak.

Sayangnya biaya untuk kursus kepenulisan bisa dikatakan tidak murah sehingga hanya sebagian orang yang mau berkorban untuk hal itu. Meskipun demikian mereka tidak kehilangan kreatifitas dalam mencurahkan wangsit dan gagasan lantaran di media blog mereka bisa leluasa berlatih menulis artikel. Terlebih lagi ada potensi bahwa setiap artikel yang ditulis akan mendapatkan komentar dari pembaca. Sehingga saran dan kritik yang mereka sampaikan bisa menambah pengetahuan para pembaca yang lain”.

Kesimpulannya, terkadang untuk menciptakan artikel unik anda tidak harus memulainya dengan mengumpulkan data dan fakta dengan lengkap. Apalagi hal tersebut tidak bisa dilakukan dalam waktu singkat sehingga mungkin butuh beberapa jam atau hari untuk mendapat materinya. Namun dengan menerapkan tips menulis artikel di atas saya yakin anda tidak perlu berkunjung ke kawasan kursus untuk bisa mengerti dunia kepenulisan.