Sejarah Bundaran Hi/Monumen Selamat Datang

Diposting pada 15 views

Hai sobat, kali ini saya akan sharing isu perihal Sejarah Bundaran HI/Monumen Selamat Datang yang dikutip dari wikipedia.org

 

Monumen Selamat Datang (Selamat Datang yakni bahasa Indonesia untuk “Selamat Datang”), juga

dikenal sebagai Monumen Selamat Datang, yakni sebuah monumen yang terletak di Jakarta, Indonesia. Selesai pada tahun 1962, Selamat Datang Monumen merupakan salah satu landmark bersejarah di Jakarta.
Sejarah dan desain

Selama tahun 1960, Presiden Soekarno memerintahkan beberapa proyek konstruksi kecantikan kota untuk persiapan Asian Games IV. Ini termasuk pembangunan Kompleks Olahraga Ikada (dalam apa yang kini Gelora Bung Karno Sport Complex) dan beberapa patung, termasuk Monumen Selamat Datang, ditunjuk sebagai Tugu Selamat Datang.


Desain patung itu digambarkan oleh Henk Ngantung, pada ketika itu Wakil Gubernur Jakarta. Pembangunan patung itu dilakukan oleh Edhi Sunarso pematung Indonesia. Patung ini menggambarkan dua patung perunggu seorang laki-laki dan seorang wanita, melambaikan dalam gerakan menyambut. Wanita itu memegang sebuah karangan bunga ditampilkan di tangan kirinya. Tinggi dari angka lima meter dari kepala hingga kaki, atau tujuh meter dari ujung lengan diangkat ke ujung kaki. Dua tokoh berdiri di atas alas. Secara total, monumen ini sekitar tiga puluh meter di atas tanah. Selamat Datang Monumen melambangkan keterbukaan bangsa Indonesia untuk menyambut para pengunjung Asian Games IV.


Pembangunan patung itu dimulai pada tanggal 17 Agustus 1961. Selama pembangunan patung, Edhi Sunarso dikunjungi oleh Soekarno, Duta Besar AS untuk Indonesia Howard P. Jones, dan menteri lainnya di studionya.


Selamat Datang Monumen ini terletak di sentra bundaran dikenal sebagai Bundaran Hotel Indonesia atau Bundaran HI (Bahasa Indonesia untuk “Bundaran Hotel Indonesia”). Hal ini dinamakan demikian alasannya yakni kedekatannya dengan Hotel Indonesia. Pada selesai, bundaran Hotel Indonesia dan yakni pintu gerbang bagi pengunjung Jakarta. Fitur bundaran bak dengan air mancur.


Pada tahun 2002, Bundaran Hotel Indonesia dipulihkan oleh PT Jaya Konstruksi Manggala Pratama. Restorasi air mancur memperkenalkan baru, desain gres dari kolam, dan pencahayaan baru.
Terima kasih sudah membaca artikel tentang  “Sejarah Bundaran HI/Monumen Selamat Datang”. Semoga bermanfaat