Sejarah Amerika Dijuluki Paman Sam

Diposting pada 30 views

You’ll Never Walk Alone – Kali ini Saya akan memperlihatkan gosip wacana Sejarah dijulukinya Amerika dengan nama Paman Sam. Kenapa Amerika dijuluki sebagai negara “Paman Sam” (Uncle Sam) ?. Begini ceritanya, dahulu ada orang berjulukan Samuel Wilson. Ia dilahirkan di Arlington, tanggal 13 September 1766. Pada usia 14 tahun, ia menjadi sukarelawan pejuang bagi negaranya. Setelah dewasa, ia membuka perjuangan kemasan daging di New York. Ia menyuplai bertong-tong daging bagi tentara AS dalam Perang 1812.
 
Pada tahun 1812 jumlah barang untuk tentara dibeli di Troy, NY, oleh Elbert Anderson, seorang kontraktor pemerintah. Barang diperiksa oleh dua bersaudara, Ebenezer dan Samuel Wilson. Samuel Wilson sering dipanggil “Uncle Sam” oleh temannya. Setiap paket ditandai inisial E.A.-U.S. Pada ketika dimintai arti inisial ini, pekerja yang bercanda menjawab bahwa EA yaitu Elbert Anderson dan US yaitu Paman Sam yang seharusnya yaitu United States. Makara judul menjadi terkenal di kalangan para pekerja, tentara, dan orang-orang, dan Pemerintah Amerika Serikat kini dikenal sebagai “Paman Sam” 

Kisah diatas balasannya di tulis dalam sebuah koran. Pada 1860-an dan 1870-an, kartunis politis Thomas Nast mulai mempopulerkan gambar Paman Sam. Nast berbagi gambar tersebut dengan memperlihatkan Paman Sam janggut putih dan pakaian yang bermotifkan bintang dan garis. Nast juga-lah yang membuat gambaran Sinterklas dan gajah sebagai simbol Partai Republik. Pada September 1961 Kongres AS mengakui Samuel Wilson sebagai cikal bakal symbol nasional Amerika. 

Paman Sam Wilson dianggap sebagai tokoh contoh wacana seorang wiraswasta yang suka bekerja keras dan cinta kepada tanah airnya. Wilson wafat di usia 88 tahun pada 1854 dan dimakamkan di Pemakaman Oakwood di Troy, New York. Kota itu menerima sebutan ‘Rumah Paman Sam.’ Akhirnya , nama Paman Sam secara resmi digunakan untuk julukan negara Amerika. Orang-orang Amerika kini gembira dengan julukan dan gambaran yang dimiliki Paman Sam.