Sebuah Fakta Ihwal Otak Manusia

Diposting pada 33 views
 Bandingkan dengan jumlah penduduk bumi masa  Sebuah Fakta Tentang Otak Manusia

Sebuah Fakta Tentang Otak Manusia – Pada ketika lahir seorang bayi mempunyai 1.000.000.000.000 sel otak (neuron). Bandingkan dengan jumlah penduduk bumi masa 21 sebanyak 6.000.000.000. Ini berarti dalam kepala bayi terdapat sel otak sebanyak 166 kali lipat jumlah insan yang tinggal di planet ini.
Masing-masing tentakel ini berisi jamur atau spina dendrit yang mengandung ribuan zat kimia. Inilah yang membawa pesan diantara sel otak, semua isu dalam setiap pikiran, setiap pengalaman belajar, dan setiap daya ingat yang dimiliki.
Contoh:
Ketika kita berpikir, sebuah gelombang elektromagnetis bergerak turun ke cabang sel otak, memicu zat kimia di dalam salah satu jamur, yang lalu dengan cepat menyebrangi jarak pendek untuk memicu zat kimia di dalam spina dendrit lainnya. Hal ini lalu memicu respons elektromagnetis dari sel otak sebelahnya.
Proses ini berjalan terus sehingga membentuk jejak setapak yang mirip jejak setapak berliku-liku di dalam hutan besar. Dan kecepatan gerak zat kimia ini kalau dilihat akan mirip riam Niagara.
Dan diselidiki jumlah jejak pikiran ini kalau dibentuk bentuk teks normal akan membentuk deretan angka sepanjang 10,5 juta km!
Dengan begitu banyaknya kemungkinan tersebut otak manusia, kalau seumpama keyboard sanggup memainkan ratusan juta juta melodi. Tidak seorangpun yang masih hidup yang pernah mendekati penggunaan otak secara maksimal. Kekuatan otak insan ini tidak ada batasannya. (Petr Akhonin, Ilmuwan Otak).
Beda insan normal dengan jenius…
“Rata-rata insan memakai 3% kapasitas otaknya dan jenius memakai 4%”
Semua serangga, ikan, burung atau binatang mempunyai sel otak yang sama dengan yang kita miliki. Hanya jumlahnya lebih sedikit. Jumlah sel otak yang dimiliki inilah yang memilih kecerdasan satu makhluk hidup.
Bandingkan dengna seekor lebah…
Seekor lebah mempunyai kurang dari 1.000.000 sel otak. (1/1000.000 jumalh yg dimiliki manusia).
Hal-hal yang sanggup dilakukan oleh seekor lebah adalah:
Terbang, berkelahi, melihat, mendengar, mencium, mengecap, meraba, menyentuh, membangun rumah, mengendalikan suhu, menghitung, melindungi, kemampuan bernavigasi, berjalan, berlari, mengingat, bermain, mengasuh, berkembang biak, bekerja secara konstruktif dan kooperatif dalam sebuah komunitas.
Jika seekor lebah dengan jumlah sel otak kurang dari satu juta sanggup melaksanakan semua itu, pikirkan apa yang sanggup dilakukan oleh manusia!!
Pada waktu kecil dalam otak kita terjadi suatu ledakan. Saat itu setiap sel otak (neuron) yang jumlahnya berjuta-juta mengeluarkan sejumlah serat yang sangat halus dan kecil ke segala arah, mencari dan menciptakan sambungan dengan ribuan hingga puluhan ribu sel otak lainnya. Ini yang dinamakan interkoneksi. Proses ini lalu berlanjut seterusnya seumur hidup. Pada ketika lahir jumlah sel otak kita tidak akan bertambah lagi. Yang akan bertambah ialah jumlah interkoneksi inilah.

Yang memilih kecerdasan seseorang bukan jumlah sel otaknya. Sel otak kita sudah mempunyai kapasitas yang jauh lebih dari sekedar jenius. Namum, kecerdasan seseorang ialah jumlah interkonkesi sel otak ini. Jumlah interkoneksi ini sebagian besar ditentukan oleh mutu yang sangat baik dari Makanan OtakMakanan Otak adalah Oksygen, Nutrisi, Kasih Sayang dan Informasi.

Sekian artikel yang bisa disampaikan tentang fakta otak manusia ini. Semoga memperlihatkan manfaat.