Samsung Galaxy J8 (2018) – Update Harga Terbaru 2018 Dan Spesifikasi

Diposting pada 12 views

A6 dan A6+) dan tiga unit lainnya dari keluarga J Series (J4, J6 dan J8).

Kelima smartphone tersebut, merupakan varian terbaru dari keluarga masing-masing dengan banderol harga dan spesifikasi yang berbeda-beda. Khusus Galaxy J8, asumsi banderol harga perdananya berada pada kisaran Rp 3,9 jutaan, sedikit lebih mahal dari beberapa varian J series lainnya. Lantas fitur dan spesifikasi apa saja yang dibawanya? Berikut ulasan singkatnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy J8

UMUM
Brand Samsung
Model galaxy J8
Status Rilis, Tersedia di Indonesia
Tahun Rilis Mei 2018
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
SIM Nano Dual SIM
Koneksi 4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 150/50 Mbps
DESAIN
Dimensi
Berat
Build Bodi plastik
Warna Hitam, Gold, Biru
LAYAR
Jenis Super AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran 6.0 inci
Resolusi 1480 x 720 piksel (HD+)
Rasio 18.5:9 (fullview)
Kerapatan Piksel 274 ppi
Perlindungan N/A
PLATFORM
OS Android Oreo 8.0 (Samsung Experience 9.0)
Chipset Qualcomm Snapdragon 450
CPU Octa-core 1.8 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 506
RAM 4 GB
PENYIMPANAN
Internal 64 GB
Ekspansi Ya, microSD sampai 256GB (slot khusus)
KAMERA UTAMA
Resolusi Dual sensor: 16MP + 5 MP
Lensa f/1.7 + f/1.9
LED Flash Ya
Fitur Software Autofokus, Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
Video 1920 x 1080 Full HD
KAMERA DEPAN
Sensor 16 MP
Lensa f/1.9
LED Flash Ya
Video N/A
KONEKTIVITAS
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
USB microUSB 2.0
Radio Ya, FM
Penanda GPS, A-GPS, GLONASS, BDS
BATERAI
Kapasitas 3500 mAh
Jenis Non-removable Li-Ion
FITUR
Keamanan Face unlock, fingerprint (belakang ponsel)
Sensor Accelerometer, proximity
Loudspeaker Ya
3.5mm jack Ya
Pemutar Musik MP3/WAV/eAAC+/FLAC player
Pemutar Video MP4/H.264 player
Lainnya Browser HTML 5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Samsung Galaxy J8

Layar Samsung Galaxy J8
1. Layar Infinity dengan Aspek rasio 18.5:9 (Fullview)

Layaknya smartphone premium, varian terbaru Galaxy J series ini dibekali layar lengkung di kedua sisi kiri dan kanan atau yang lebih dikenal dengan istilah “Infinity Display“. Meskipun tidak terlalu infinity menyerupai Samsung Galaxy S9+, namun tampilannya terlihat tetap mempesona dan berkelas, layaknya smartphone flagship.

Jenis panel yang dibawanya merupakan teknologi andalan Samsung, yakni Super AMOLED berukuran 6.0 inci beresolusi HD+ 1480 x 720 piksel. Tipe layar ini, diklaim bisa menghemat konsumsi daya baterai dan bisa menawarkan kontras warna yang lebih menarik dan lebih jelas.

Selain itu, penyuguhan layar yang luas dipadukan dengan teknologi trendi masa kini, yaitu layar tampilan penuh aspek rasio 18.5:9 akan menyuguhkan sudut pandang yang lebih luas, sehingga pengguna sanggup mencicipi tampilan visual yang lebih lebar dengan kenyamanan ekstra.

2. Prosessor Bertenaga Snapdragon + RAM Berkapasitas Jumbo

Tidak menyerupai dua varian gres lainnya, Galaxy J4 dan J6 yang hanya ditenagai oleh prosessor Exynos seri ketujuh, Samsung J8 justru hadir dengan mengandalkan chipset bertenaga Qualcomm Snapdragon 450. Meski tidak memakai chipset seri terbaru, akan tetapi jenis CPU ini dinilai bisa menawarkan performa yang gahar dan bertenaga.

Chipset snapdragon 450 Octa-core tersebut mempunyai kecepatan dalam melaksanakan transmisi data sampai 1.8 GHz Cortex-A53. Tidak hanya itu, sebuah RAM berkapasitas 4GB akan menjadi tandemnya dalam membuat kinerja yang responsive. Untuk pengolah grafis, J8 mengandalkan GPU Adreno 506 dan akan saling berkerjasama untuk mengoptimalkan performa sistem operasi Android 8.0 yang berjalan di dalamnya.

Sementara untuk kebutuhan penyimpanan data atau file, Samsung menyiapkan internal storage berkapasitas 64GB. Jika terasa masih kurang, pengguna masih bisa melaksanakan perluasan penyimpanan melalui slot SD Card khusus (dedicated), maksimal 256GB. Dengan ini, pengguna akan lebih leluasa untuk menyimpan banyak sekali jenis file atau aplikasi dalam skala besar.

3. Sensor Fingerprint, Face Unlock dan Baterai 3500 mAh
Face Unlock Samsung Galaxy J8

Walaupun Samsung J8 merupakan smartphone yang hanya berkategori kelas menengah, akan tetapi perangkat ini dibekali sistem keamanan layaknya ponsel premium. Fitur tersebut ialah “Face Unlock” yang berfungsi untuk membuka kunci layar perangkat dengan cara memindai wajah pemiliknya. Selain face unlock, pengguna juga bisa mengaktifkan sistem keamanan lainnnya, termasuk pindai sidik jari, teladan dan pin.

Sementara untuk suplay daya, Samsung membekali J8 dengan baterai berkapasitas jumbo 3500 mAh. Namun sayangnya, tampaknya perusahaan asal Negeri Gingseng tersebut tidak menyertakan fitur pengisian cepat (fastcharging) untuk baterainya. Tanpa fitur ini, proses pengisian ulang baterai akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama.

4. Dual Kamera Utama + Kamera Selfie Beresolusi Tinggi

Demi menjawab kebutuhan konsumen yang mempunyai hobbi fotografi, Samsung membekali J8 dengan dual kamera utama. Untuk kamera primer mempunyai resolusi 16 megapiksel aperture f/1.7 dan kamera sekunder beresolusi 5 megapiksel aperture f/1.9. Duet dual sensor ini, selain sanggup menciptkan efek bokeh yang mengagumkan, juga bisa menghasilkan rekaman video sampai resolusi full HD 1920 x 1080.

Selain itu, semoga sanggup menghasilkan gambar dan video berkualitas, kamera ganda Galaxy J8 juga dibekali fitur pelengkap lainnya, menyerupai autofocus, lampu kilatan LED, Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR dan panorama.

Sementara untuk kamera depan/selfie, mengandalkan sensor tunggal beresolusi 16 megapiksel dengan lensa bukaan f/1.9. Ia juga dibekali fitur LED flash yang akan sangat membantu penggunanya ketika melaksanakan foto selfie, video call atau video vlogging di kawasan minim cahaya atau ditempat gelap sekalipun.

Kelebihan Samsung Galaxy J8

  • Mengusung layar infinity Super AMOLED 6.0 inci beresolusi HD+ 1480 x 720 piksel dengan tampilan penuh (aspek rasio 18.5:9).
  • Berjalan pada sistem operasi Android Oreo 8.0 (Samsung Experience 9.0), yang mana OS ini merupakan versi terbaru untuk kini ini.
  • Mengandalkan CPU bertenaga Qualcomm Snapdragon 450 Octa-core berkecepatan 1.8 GHz Cortex-A53.
  • Dibekali RAM berkapasitas besar, yakni 4GB dan disediakan internal storage berkapasitas 64GB + slot perluasan khusus (dedicated).
  • Hadir dengan Dual kamera utama beresolusi 16 MP (f/1.7) + 5 MP (f/1.9), dibekali fitur autofocus dan LED flash.
  • Resousi tinggi 16 MP (f/1.9) pada kamera depan/selfie dan didukung oleh fitur LED flash.
  • Memiliki penyuplai daya (baterai) berkapasitas lebih besar dari sebagain smartphone flagship lainnya, yakni 3500 mAh.
  • Terdapat banyak pilihan sistem keamanan, termasuk Face Unlock, Fingerprint, sistem pola, pin atau password yang bisa diaktifkan secara bersamaan.

Kekurangan Samsung Galaxy J8

  • Baterai tidak didukung oleh fitur pengisian kilat atau fast charging, sehingga proses pengisian ulang akan membutuhkan waktu sedikit lebih lama.
  • Belum diketahui, apakah layarnya dibekali perlindungan anti gores atau tidak (akan dikonfirmasi lebih lanjut).
  • Bodinya hanya terbuat dari materi plastik dan bukan dari materi metal aluminium.

Harga Samsung Galaxy J8

Samsung Galaxy J8 hadir dalam tiga varian warna yang berbeda, diantaranya Hitam, Gold dan Biru serta hadir dalam dua model, yakni RAM 4GB + 64GB dan RAM 3GB + 32GB storage. Nah, untuk harga terbaru kedua model tersebut, bisa kalian lihat pada daftar di bawah ini.

Bulan Harga RAM + Storage
Oktober 2018 Rp 3,5 juta
Rp 3,9 juta
3GB + 32GB
4GB + 64GB
September 2018 Rp 3,5 juta
Rp 3,9 juta
3GB + 32GB
4GB + 64GB

Itulah beberapa informasi ihwal Samsung J8 yang mungkin anda perlukan. Dan kini pertanyaannya adalah, Apakah harga senilai itu sebanding dengan fitur dan spesifikasi yang ditawarkannya? Silahkan berikan pendapat kalian melalui kolom komentar.