Samsung Galaxy J7 Core – Update Harga Terbaru 2018 Dan Spesifikasi

Diposting pada 12 views

Banyakininfo.com – Pada Juli 2017 lalu, Perusahaan asal Korea Selatan memperkenalkan dan bahkan sudah meluncurkan ke pasaran sebuah smartphone Mid-End yaitu Samsung Galaxy J7 Core. Samsung Galaxy J7 Core yang juga dikenal sebagai Samsung Galaxy J7 NXT dilengkapi oleh hardware dan fitur yang mempuni dan diklaim bisa menjadi pesain vendor smartphone lainnya yang juga menunjukkan fitur dan hardware serupa.

Selain itu, untuk memilikinya anda tidak perlu merogoh kocek yang cukup dalam alasannya yaitu harganya dibandrol dengan harga terjangkau. Walau demikian, kualitas yang ditawakan bukanlah murahan, tetapi mempunyai spesifikasi yang cukup tidak mengecewakan berkelas meski belum terlalu tepat jikalau dibandingkan dengan Samsung Galaxy J7 Pro dan J7 Plus.

Spesifikasi Samsung Galaxy J7 Core (Nxt)

UMUM
Brand Samsung
Model Galaxy J7 Core (Nxt)
Status Rilis, Tersedia di Indonesia
Tahun Rilis Juli 2017
JARINGAN
SIM Nano Dual-SIM
Teknologi GSM / HSPA / LTE
Koneksi GPRS / Edge / 2G / 3G / 4G
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 300/50 Mbps
DESAIN
Dimensi 148.9 x 71.9 x 7.9 mm
Berat 163 gram
Bahan Plastik + Metal
Warna Hitam, Gold
LAYAR
Jenis Super AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran 5.5 inci
Resolusi 720 x 1280 piksel
Densitas 267 ppi
Perlindungan Corning Gorilla Glass
PLATFORM
OS Android Nougat 7.0
Chipset Exynos 7870 Octa
CPU Octa Core 1.6 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T830 MP1
GPU Frequensi 600 MHz
RAM 2GB
RAM Channel Double
RAM Speed 933 MHz
PENYIMPANAN
Internal 16 GB
Ekspansi Ya, MicroSD hingga 256GB
KAMERA BELAKANG
Resolusi 13 Megapiksel
Lensa f/1.9
LED Flash Ya
Video [email protected]
Fitur Auto Fokus, Geo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah, Panorama, HDR
KAMERA DEPAN
Resolusi 5 Megapiksel
Lensa f/2.2
LED Flash Ya
Video [email protected]
SUARA
Jenis Alert Vibrasi, MP3, WAV ringtones
3.5mm jack Ya
Speaker Ya
KONEKTIVITAS
Wi-Fi 802.11 b/g/n, Direct, hotspot
Bluetooth Ya
USB OTG (On-The-Go)
Infra Merah Ya
Radio FM Ya
NFC Ya
GPS Ya
BATERAI
Jenis Non-removable Li-Ion
Kapasitas 3000 mAh
FITUR
Keamanan Pin, Pola
Sensor Accelerometer, proximity
Pemutar Musik MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC player
Pemutar Video MP4/WMV/H.264 player
Lainnya Browser HTML 5
Photo/video editor
Document viewer
ANT+ support
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa isu pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Samsung Galaxy J7 Core


Jaringan – Samsung Galaxy J7 Core dilengkapi oleh dua buah slot SIM (Dual SIM) berjenis Micro, dimana salah satu dari slot ini sudah mendukung koneksi berbasis 4G LTE yang bisa menghasilkan kecepatan susukan internet hingga 150Mbps. Sambungan jaringan lain yang didukung yaitu jaringan 2G, 3G, Edge dan GPRS sehingga ketika penggunanya berada pada suatu kawasan yang belum menyediakan teknologi 4G LTE, maka beliau masih masih bisa mengakses jaringan internet menggunakan jenis koneksi lainnya.

Desain Body – Secara keseluruhan, Samsung Galaxy J7 Core menggunakan materi dasar yang terbuat dari Metal dilapisi plastik, dengan sudut yang membundar di setiap sudutnya dan tentu saja ini merupakan ciri khas yang semenjak dulu hingga kini selalu diterapkan oleh samsung. Untuk ukurannya, J7 Core berdimensi 148.9 x 71.9 x 7.9 mm dengan berat 163 gram dan sangat disayangkan alasannya yaitu J7 Core masih belum mendukung proteksi water resistant.

Dibagian depan atas, terdapat beberapa hardware yaitu LED Flash, speaker dan dua buah sensor. Selanjutnya, dibagian sisi kanan terdapat tombol power serta tombol volume atas dan bawah menyatu berada di sisi kiri. Lalu dibagian bawahnya juga terdapat dua buah lubang, dimana lubang yang pertama sebagai kawasan yang bisa digunakan untuk melaksanakan pengisian daya, sebagai konektor kabel OTG (Micro USB) dan sebagai kawasan konektor untuk menghubungkan ponsel ke komputer. Sedangkan lubang yang kedua yaitu 3.5mm jack sebagai konektor headset.

Di bab bawah, terdapat 2 buah tombol yakni tombol back, recent dan home. Nah, tepat di atas tombol home ini terdapat sensor fingerprint yang mempunyai kemampuan untuk membuka layar secara cepat apabila dandingkan dengan kunci layar pola, password atau pin. Sensor fingerprint merupakan sistem keamanan terbaru untuk membuka susukan smartphone yang juga sudah banyak digunakan untuk beberapa model samsung lainnya.

Beralih ke bab belakang, terdapat 3 buah item yaitu LED Flash yang membantu pengambilan gambar atau video di kawasan minim cahaya, kamera yang dan sebuah speaker tepat berada di bab paling sebelah kanan serta ditambah sebuah logo samsung tepat berada di bawah dari ketiga item tersebut.

Desain Layar – Setiap kali merilis sebuah ponsel arif terbaru, samsung lebih banyak menggunakan layar berteknologi Super AMOLED dan TFT. Namun yang digunakan oleh Galaxy J7 Core yaitu teknologi Super AMOLED yang disinyalir bisa menampilkan gambar super bersih, menghemat pemakaian daya serta masih bisa menampilkan gambar jikalau digunakan dibawah sinar matahari secara langsung.

layar yang digunakannya ini berukuran 5.5 inci dengan resolusi sebesar 720 x 1280 atau rasio 16:9 yang bisa dioperasikan dengan sentuhan multi dan mempunyai ketajaman warna hingga 16 juta. Adapun kerapatan densitas (piksel) yang diusung layar ini yaitu sebesar 267 ppi density, tetapi sayangnya hingga artikel ini dibuat, galaxy J7 core apakah sudah menggunakan proteksi layar atau tidak.

Kamera – Tidak terlalu jauh berbeda dengan smartphone pendahulunya, Samsung Galaxy J7 Core juga mengusung kamera utama berkekuatan sebesar 13 megapiksel yang bisa merekam video hingga [email protected] dan bisa mengambil gambar dengan resolusi tinggi pula. Untuk melengkapinya, tidak lupa disematkan sebuah LED Flash yang bisa membatu kamera ini untuk mengatakan penerangan ketika pengambilan gambar atau video ditempat yang gelap serta disematkan beberapa fitur tambahan lainnya menyerupai auto fokus, deteksi wajah, sentuh fokus, geo tagging, HDR dan panorama.

Untuk Kamera kedua atau yang biasa kita kenal dengan kamera depan, tidaklah terlalu memuaskan alasannya yaitu hanya mempunyai kekutan sebesar 5 megapiksel saja. Tentu ini akan menjadi salah satu yang akan menjadi pertimbangan ketika seseorang hendak membeli smartphone ini. Karena kini ini, pengguna lebih banyak menggunakan kamera depan dibanding kamera belakang.

Meski begitu, kemampuan kamera depan tersebut masih bisa untuk merekam video resoulsi yang tidak mengecewakan cukup anggun serta masih bisa menghasilkan foto dengan cukup jelas. Selain itu, untuk membatunya dalam pengambilan gambar dan video, juga disematkan sebuah LED Flash semoga bisa membantu mengatakan penerangan.

Hardware – Salah satu yang akan menjadi perhatian pada smartphone ini yaitu pada bab hardwarenya. Karena selain sudah menggunakan chipset Exynos 7870 Octa, samsung juga menanamkan sebuah CPU Cortex-A53 berkecepatan Octa Core 1.6 GHz. Didukung oleh sebuah RAM berkapasitas 2GB dual channel dengan frequensi kecepatan susukan data hingga 933 MHz.

Dengan perpaduan hardware ini, performa yang dihasilkan akan terasa sangat cepat ditambah lagi mendapat pinjaman pengolah grafis GPU Mali-T830 MP1 yang bisa menghasilkan gambar dengan cukup jernih dan terasa nyata. Sehingga ketika semua hardware ini tergabung kedalam sebuah smartphone, maka akan menghasilkan performa gahar, berkualitas, cepat dan jernih.

Penyimpanan – Untuk menyimpan aneka macam jenis file menyerupai foto, aplikasi, video, dokumen, musik dan lain sebagainya Samsung J7 Core menyiapkan memori internal berkapasitas 16GB. Dimana penyimpanan ini dibagi kedalam dua bagian, yakni 8GB untuk ROM (tempat sistem operasi android dan aplikasi) dan 8GB untuk penyimpanan file lainnya. Walaupun kapasitas memori tersebut terbagi dua, bagi anda yang merasa bahwa itu masih kurang, jangan khawatir dikarenakan telah disediakan sebuah slot MMC / SD Card yang bisa diekspansi hingga kapasitas 256GB.

Sistem Operasi – Untuk mengoperasikan ponsel cerdas ini, samsung menyematkan OS teranyar kini ini yakni Android Nougat versi 7.0 yang kemungkinan besar masih bisa diupdate ke Android Oreo 8.0 nantinya.

Baterai – Bagi anda yang suka traveling atau selalu berada jauh dari sumber daya listrik, mungkin ponsel Galaxy J7 Core ini alasannya yaitu kapasita baterainya sebesar 3000 mAh. Tentu dengan kapasitas sebesar ini akan bisa bertahan hingga beberapa hari walaupun digunakan secara terus menerus. Tetapi sangat disayangkan, baterai yang digunakan masih belum mendukung teknologi fast charging atau pengisian cepat dan juga belum mendukung wireless charging serta menggunakan baterai tanam yang tidak bisa dilepas.

Fitur – Adapun fitur tambahan yang ditambahkan oleh Samsung kedalamnya yang dalam hal ini sebagai tambahan untuk memanjakan penggunanya yaitu dengan disematkannya beberapa aplikasi penting menyerupai editor foto/video, pembaca dokumen, browser yang sudah mendukung HTML5, ANT+ support, MP4/WMV/H.264 player, MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC player, sensor Accelerometer, Gyro, Proximity, Compass dan sebagainya.

Konektivitas – Untuk urusan konektivitas, perangkat ini dilengkapi aneka macam jenis kemudahan menyerupai Bluetooth, Wi-Fi, port micro USB yang sudah support dengan kabel OTG, Infra Merah, Radio FM NFC dan GPS. Nah dengan adanya beberapa konektivitas ini, pengiriman, susukan dan penerimaan data bisa dilakukan dengan menggunakan salah satunya.

Kelebihan Samsung Galaxy J7 Core

  • Mengusung Layar Super AMOLED berukuran 5.5 inci.
  • CPU Octa Core Cortex-A53 berkecepatan 1.6 GHz.
  • Dijalankan oleh sistem operasi Android terbaru ketika ini yaitu Android Nougat 7.0.
  • Kamera utamanya beresolusi 13 MP dengan lensa f/1.9.
  • Baterai jumbo yang bisa menampung daya sebesar 3000 mAh.
  • Dibekali sistem keamanan data pindai sidik jari (fingerprint).
  • Layarnya dilindungi oleh proteksi Corning Gorilla Glass sehingga kondusif dari ukiran dan benturan.
  • Sudah mendukung jaringan teknologi 4G LTE.

Kekurangan Samsung Galaxy J7 Core

  • Kamera selfie (depan) yang mempunyai resolusi masih kecil yakni hanya 5 MP saja.
  • Kapasitas RAM kecil yaitu sebesar 2 GB.
  • Penyimpanan internal masih sangat kecil, hanya 16 GB saja.
  • Menggunakan baterai tanam yang tidak bisa dilepas (Non-Removable).

Harga Samsung Galaxy J7 Core (Nxt)

Sejak awal diluncurkan hingga ketika ini, harga Samsung Galaxy J7 Core (Nxt) terus mengalami penurunan. Tercatat ponsel ini kini dibanderol dengan harga dibawah Rp 2 jutaan.

Bulan Harga RAM + Storage
Oktober 2018 Rp 1,9 juta 2GB + 16GB
September 2018 Rp 1,9 juta 2GB + 16GB
Agustus 2018 Rp 1,9 juta 2GB + 16GB

Demikianlah Spesifikasi Full dan Harga Terbaru Samsung Galaxy J7 Core yang bisa kami sampaikan, semoga dengan adanya isu di atas, bisa mengatakan rujukan bagi anda yang sedang mencari isu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah smarphone baru. Terima kasih dan salam.