Samsung Galaxy A8 Star – Update Harga Terbaru 2018 Dan Spesifikasi

Diposting pada 24 views

Banyakininfo.com – Setelah sukses merilis duo Samsung Galax A8 dan A8 Plus (2018) pada awal Januari 2018, sekarang Samsung kembali merilis sebuah smartphone gres yang juga dari varian A8 (2018), yaitu Samsung Galaxy A8 Star. Meski berasal dari varian yang sama, akan tetapi desain A8 Star sangat berbeda dari dua varian lainnya. Salah satu yang paling mencolok yaitu posisi kamera utama dan LED flash yang telah dipindahkan ke sudut kiri atas.

Dari segi spesifikasi, A8 Star juga banyak mengalami peningkatan, termasuk kamera, prosessor, baterai dan sistem operasi. Lalu apakah smartphone terbaru Samsung ini hanya ikut meramaikan pasar gadget? Kami rasa tidak, sebab apa yang diusung oleh ponsel ini bisa dikatakan mempunyai fitur dan spesifikasi lebih unggul dari A8 dan A8+ atau bahkan smartphone sekelasnya. Lantas sepserti apa desain, spesifikasi, fitur dan harga Samsung Galaxy A8 Star ini? Berikut informasinya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A8 Star

UMUM
Brand Samsung
Model Galay A8 Star
Status Rilis, tersedia di Indonesia
Tahun Rilis Juni 2018
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
SIM Dual SIM (Nano SIM)
Koneksi 4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
Kecepatan HSPA: 42.2/5.76 Mbps, LTE-A (3CA) Kategori 9: 450/50 Mbps
BODI
Dimensi 162.4 x 77 x 7.6 mm
Berat 191 gram
Material Bodi polycarbonate
Warna Hitam, Putih
Fitur Sertifikasi IP68 (Tahan Debu/Air kedalaman 1.5 meter sampai 30 menit)
LAYAR
Jenis Super AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran 6.3 inci
Resolusi 2220 x 1080 piksel
Rasio 18.5:9 (Fullview), 80.6% screen-to-body
Kerapatan Piksel 392 ppi
Perlindungan Corning Gorilla Glass
Fitur Always On Display
PLATFORM
Sistem Operasi Android Oreo 8.0 (Samsung Experience 9.0 UX)
Chipset Qualcomm Snapdragon 660 (MSM 8976 Plus)
CPU Octa-core 4x 2.2 GHz Kryo 260 + 4x 1.82 GHz Kryo 260
GPU Qualcomm Adreno 512
RAM 4 GB (LPDDR4X, Single Channel, 1866 Mhz)
PENYIMPANAN
Internal 64 GB
Ekspansi Ya, MicroSD maksimal 512GB (hybrid slot SIM 2)
KAMERA UTAMA
Resolusi Dual sensor: 16 MP + 24 MP
Lensa f/1.7 + f/1.7
LED Flash Ya
Video 3840 x 2160 piksel @30fps
Fitur Autofocus, geotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi 24 MP
Lensa f/2.0
LED Flash Tidak
Video 1920 x 1080 piksel @30fps
Fitur
KONEKTIVITAS
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP
USB 2.0, Tipe-C 1.0, On The Go (OTG)
Radio Radio FM
Penanda GPS, A-GPS, GLONASS, BeiDou
Lainnya Computer Sync
OTA Sync
Tethering
NFC
ANT+
BATERAI
Jenis Non-removable Li-Ion
Kapasitas 3700 mAh
Pengisian Cepat Ya
FITUR
Keamanan Fingerprint (belakang ponsel)
Sensor Accelerometer, light, compass, gyroscope, proximity, barometer
3.5mm jack Ya
Loudspeaker Ya
Pemutar Musik MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC
Pemutar Video MP4/WMV/H.265
Lainnya Browser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Samsung Galaxy A8 Star

1. Desain Bodi Kekinian dan Layar Super AMOLED 6.3 inci

Jika diperhatikan dari cuilan depan, Samsung Galaxy A8 Star mempunyai desain yang hampir ibarat dengan A8 lainnya, namun ketika dilihat dari belakang, tampak ada perbedaan yang sangat signifikan. Dimana untuk varian A8 dan A8 plus posisi kameranya ditempatkan di cuilan tengah, sedangkan kamera A8 Star telah berpindah ke sudut kiri atas. Adapun posisi fingerprint yang posisinya sedikit bergeser ke cuilan atas, namun masih tetap di cuilan tengah.

Penempatan posisi kamera utama ponsel ini, bisa dikatakan yaitu satu hal bagi produk Samsung. Kemungkinan besar hal ini sengaja diterapkan demi mengikuti ponsel kekinian dan tentu saja untuk menarik minat para calon pembeli. Namun sangat disayangkan, sebab posisi fingerprint yang seharusnya digeser ke bawah supaya lebih gampang dijangkau, akan tetapi Samsung malah menggesernya kebagian atas. Tentu saja posisi sensor ini akan semakin sulit untuk dijangkau oleh jari penggunanya.

Untuk panel yang diusung oleh A8 Star sendiri, masih tetap mengandalkan teknologi Super AMOLED berdiagonal 6.3 inci yang didesain sedikit melengkung pada cuilan sisi kiri dan kanan. Resolusi layarnya tersebut yaitu FHD+ 2220 x 1080 piksel dengan aspek rasio 18.5:9 (Fullview), mempunyai kerapatan piksel 392ppi dan diproteksi oleh Corning Gorilla Glass supaya tidak gampang mendapat tabrakan ataupun retak ketika terjadi benturan.

Satu hal yang tetap dipertahkan untuk Galaxy A series yaitu tetap mengandalkan fitur berupa Always On Display yang berfungsi untuk menampilkan waktu ketika kondisi layar mati total dan juga dibekali sertifikasi IP68, yaitu sebuah teknologi supaya smartphone tahan terhadap air sampai kedalaman 1.5 meter selama 30 menit lamanya.

2. Dual Sensor Kamera Utama dan Kamera Selfie Beresolusi Tinggi

Samsung A8 Star hadir dengan mengusung kamera beresolusi cukup tinggi, baik kamera belakang maupun kamera depan dan telah mengalami peningkatan dari A8+ dan A8. Bukan hanya itu saja, jikalau seri A8 lainnya mempunyai dual sensor pada kamera selfie dan sensor tunggal pada kamera utama, lain halnya dengan A8 Star ini. Dimana kamera belakang mempunyai dual sensor dan kamera depan bersensor tunggal, atau dengan kata lain kebalikan dari duo pendahulunya.

Dual sensor pada kamera utamanya tersebut, mempunyai resolusi 16 MP untuk lensa primer dan 24 MP lensa sekunder. Keduanya sama-sama mempunyai lensa bukaan f/1.7. Seperti biasa, jikalau sebuah HP Samsung mempunyai dual sensor, niscaya juga mempunyai fitur berupa live focus / dampak bokeh. Selain itu, dual lensanya ini mempunyai tugas masing-masing dalam kondisi tertentu atau bisa menyesuaikan diri dengan keadaan sekitarnya.

Apabila berada pada kondisi cahaya yang cukup atau terang, maka resolusi 16 MP akan dipakai untuk mengambil foto dengan hasil yang cerah / terang. Namun apabila berada pada kondisi minim cahaya atau low-light, maka lensa 24 megapiksel yang akan mengambil alih. Selain itu, pengguna juga sanggup membantu kamera utamanya ini dengan LED flash supaya foto yang dihasilkan bisa lebih cerah.

Buat kamera depan, Galaxy A8 Star punya resolusi 24 megapiksel aperture f/2.0. Dengan resolusi tinggi ibarat ini, foto selfie yang dihasilkan sudah niscaya akan lebih cerah, tampak konkret dan lebih mantap.

3. Performa Lebih Mantap dengan Chipset Snapdragon

Spesifikasi hardware yang dimiliki oleh A8 Star juga telah mengalami peningkatan atau lebih baik dari pendahulunya. Karena ponsel ini telah dibekali Chipset Qualcomm Snapdragon 660 Octa-core yang mempunyai kecepatan dalam melaksanakan transmisi data sebesar 4x 2.2 GHz Kryo 260 + 4x 1.82 GHz Kryo 260. Namun, pada cuilan RAM Samsung A8 Star masih tetap mengandalkan RAM 4GB dan penyimpanan internal berkapasitas 64GB yang masih bisa diperluas melalui microSD.

Untuk sistem operasinya sendiri, telah berjalan pada Android Oreo 8.0 yang mana OS ini merupakan generasi terabaru ketika ini dengan antarmuka Samsung Experience 9.0. Di sektor grafis, A8 Star mengandalkan GPU Qualcomm Adreno 512 yang akan mengatur segala tampilan grafis supaya menghasilkan visual yang tampak lebih nyata, halus, detail dan berkualitas.

Sementara untuk menopang segala hardware ataupun aktifitas yang terjadi di dalam HP ini, Samsung menanamkan penyuplai daya berkapasitas lebih besar dari duo A8, yaitu 3700 mAh dengan tunjangan fitur pengisian cepat. Perpaduan antara komponen dan perangkat lunaknya tersebut, bukan hanya bisa bertahan selama seharian penuh, tetapi performa yang dihasilkan juga terasa sangat cepat, responsive dan super smooth.

4. Fitur Penting Lainnya

Didalam Samsung Galaxy A8 Star juga telah dibenamkan fitur berupa Bixby Vision ibarat para pendahulunya yang berfungsi untuk mengidentifikasi sebuah daerah dengan cara mengarahkan kamera ke daerah tersebut, bisa menterjemahkan bahasa gila dan menawarkan rujukan dari gambar yang diambil melalui kamera. Selain itu, terdapat pula sebuah fitur berjulukan “Folder Secure” yang sanggup dipakai untuk menyimpan banyak sekali jenis aplikasi dan hanya bisa dibukan dengan memakai password suplemen ataupun sensor sidik jari.

Di sektor konektivitas, perangkat pendatang terbaru ini dibekali sambungan berupa NFC, ANT+, Tethering, OTA Sync, Computer Sync, WiFi, Bluetooth 5.0, USB 2.0 tipe-c, USB On The Go (OTG), GPS, A-GPS, GLONASS, BeiDou dan sambungan internet berkecepatan sampai 600 Mbps pada koneksi 4G LTE kategori 12. Tidak ketinggalan sensor berupa accelerometer, light, compass, gyroscope, proximity dan barometer.

Harga Samsung Galaxy A8 Star


Tidak berselang usang sesudah peluncurannya, alhasil Samsung Galaxy A8 Star resmi masuk ke Indonesia dengan banderol harga perdana Rp 7,99 juta untuk model RAM 64GB dan ROM 4GB. Adapun untuk harga terbarunya, khususnya untuk periode bulan ini, bisa kalian liat pada tabel berikut ini.

Bulan Harga Baru Harga Bekas
Oktober 2018 Rp 7,7 juta
September 2018 Rp 7,9 juta
Agustus 2018 Rp 7,9 juta

Daftar harga terbaru Samsung Galaxy A8 Star tersebut di atas, kemungkinan akan ada sedikit perbedaan dengan harga yang ada di kota kalian, namun tidak akan jauh berbeda.