Samsung Galaxy A5 (2017) – Update Harga Terbaru 2018 & Spesifikasi

Diposting pada 20 views

Banyakininfo.com – Awal tahun 2017 Samsung mulai tancap gas dengan menghadirkan trio smartphone Seri A terbaru kelas menengah keatas sekaligus, yaitu Samsung Galaxy A3 (2017), Galaxy A5 (2017) dan Galaxy A7 (2017). Tidak hanya menghadirkan desain yang fresh, tetapi juga fitur canggih dan sudah memakai teknlogi tahan air dan debu. Namun yang akan diulas pada kesempatan kali ini yaitu Samsung Galaxy A5 (2017) dan ponsel ini hadir untuk pangsa pasar kelas menengah.

Samsung Galaxy A5 (2017) merupakan smartphone berkategori kelas menengah (mid-range) yang memiiki desain bodi elegan dan berkelas yang hampir mirip Samsung Galaxy S7. Selain itu, untuk mejalankan perangkat ini, samsung menyematkan beberapa hardware unggulan mirip CPU Exynos 7880, RAM dan penyimpanan internal berkapasitas besar, kamera beresolusi tinggi, layar Super AMOLED dan sumbangan teknologi berbasi 4G berkecepatan hingga 300 mbps serta beberapa spesifikasi unggulan lainnya.

Spesifikasi Samsung Galaxy A5 (2017)

UMUM
Brand Samsung
Model Galaxy A5 (2017)
Status Rilis, tersedia di Indonesia
Tahun Rilis Januari 2017
JARINGAN
SIM Single / Dual Nano SIM
Teknologi GSM / HSPA / LTE
Koneksi 4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE-A 300/50 Mbps
DESAIN
Dimensi 146.1 x 71.4 x 7.9 mm
Berat 157 gram
Material Depan/belakang kaca, rangka aluminium
Fitur Sertifikasi IP68, Tahan debu/air kedalaman 1.5 meter selama 30 menit
Warna Black Sky, Gold Sand, Blue Mist, Peach Cloud
LAYAR
Jenis Super AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran 5.2 Inci
Resolusi 1920 x 1080 piksel
Rasio 16:9
Densitas 424 ppi
Perlindungan Corning Gorilla Glass 4
PLATFORM
OS Android Marshmallow 6.0.1, update Android Oreo 8.0
Chipset Exynos 7880 Octa
CPU Octa-core 1.9 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T830MP3
RAM 3 GB
PENYIMPANAN
Internal 32 GB
Ekspansi Ya, microSD hingga 256GB
KAMERA UTAMA
Resolusi 16 Megapiksel
Lensa f/1.9
LED Flash Ya
Video [email protected]
Fitur Auto Fokus, Geo-Tagging, Sentuh Fokus, Deteksi Wajah, HDR, Panorama
KAMERA DEPAN
Resolusi 16 Megapiksel
Lensa f/1.9
LED Flash Ya
Video 1080p
KONEKTIVITAS
Wi-Fi 802.11 a/b/g/n/ac, dual-band, Direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, EDR, LE
USB 2.0, Type-C 1.0 reversible connector
Radio FM radio
Penanda GPS, A-GPS, GLONASS, BDS
Infra Merah Ya
NFC Ya
BATERAI
Jenis Non-removable Li-Ion
Kapasitas 3000 mAh
Pengisian Cepat Ya
Talk Time Hingga 16 Jam (3G)
Music Player Hingga 53 Jam
FITUR
Keamanan Fingerprint (menyatu tombol home)
Sensor Accelerometer, gyroscope, proximity, compass, barometer
3.5mm jack Ya
Loudspeaker Ya, dengan Pembatalan bising aktif dengan mikrofon khusus
Pemutar Musik MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC
Pemutar Video MP4/WMV/H.265
Lainnya Browser HTML 5
Photo/video editor
Document viewer
ANT+ support
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa isu pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Samsung Galaxy A5 (2017)


Jaringan – Sejak jaringan internet berteknologi 4G LTE hadir dikalangan masyarakat luas, hampir semua vendor smartphone berlomba-lomba melengkapi perangkat mereka dengan teknologi 4G tersebut, begitupun juga dengan keluaran Samsung yang ini. Dimana sudah mengadopsi teknologi yang sudah mendukung secara penuh koneksi 4G LTE dan bisa menghasilkan kecepatan download hingga 350 Mbps pada kategori 6.

Selain itu, koneksi jenis lain yang juga didukung oleh smartphone ini yaitu jaringan 2G, 3G, Edge, GPRS, WCDMA, H+ dan beberapa jenis koneksi lainnya, sehingga ketika sebuah daerah tidak mendukung koneksi 4G, maka penggunanya bisa mengalihkannya ke jenis sambungan lain yang tersedia. Untuk lebih melengkapi jaringannya, samsung menyiapkan dua slot kartu SIM berjenis Micro dimana keduanya bisa diaktifkan secara bersamaan.

Desain Body – Samsung Galaxy A5 (2017) mempunyai dimensi bodi berukuran 146.1 x 71.4 x 7.9 mm dengan berat 157 gram, dimana semuanya terbuat dari material logam yang dilapisi beling 3D. Di bab depan atas terlihat logo Samsung di samping lensa kamera depan, sensor jarak dan speaker untuk menelepon. Di bawah layar, kita bisa menemukan tombol home yang diatasnya terdapat sensor sidik jari (fingerprint), tombol capacitive Back dan Recent Apps. Sementara di bab sisi kanan terdapat sebuah tombol power yang berdekatan dengan lubang speaker dan disisi kanan bisa kita temukan tombol volume atas bawah dan sebuah slot dengan lubang kecil untuk memasukkan kartu SIM dan untuk slot SD Card bisa ditemukan di bab atas.

Lanjut ke bab belakang, sebuah logo Samsung juga bisa ditemukan dan di atasnya terdapat sebuah lensa kamera yang hampir tidak ada tonjolan serta LED flash yang berada sempurna di sebelah kanan lensa kamera tersebut. Lalu untuk daerah menghubungkan konektor charger dan USB bisa ditemukan di bab bawah perangkat ini. Sementera itu, samsung juga memperlihatkan proteksi dust/water proof sehingga pengguna bisa menggunakannya di dalam air hingga kedalaman 1.5 meter dan bisa bertahan selama 30 menit. Secara keseluruhan, desain bodi yang diadopsi Samsung Galaxy A5 mempunyai sudut yang melengkung dengan bodi yang sangat tipis, sehingga terasa sangat nyaman dikala digenggam.

Desain Layar – Galaxy A5 (2017) memakai layar bentang berukuran 5.2 inci berteknologi Super AMOLED dengan resolusi Full HD (1920 x 1080 piksel) dengan kerapatan piksel 424 ppi. Dengan kerapatan dan teknologi layar yang dipakai tampilanya akan terlihat sangat jernih dan jelas dari semua sudut pandang serta bisa menghemat penggunaan daya sebesar 50% dari jenis layar lainnya. Perpaduan teknologi ini tentunya akan lebih memanjakan penggunanya, alasannya selain bisa menghemat daya baterai juga akan memperlihatkan kepuasan tersendiri bagi para pemakainya.

Selain itu, layar ponsel cerdas Samsung Galaxy A5 (2017) mendapatkan proteksi Corning Gorilla Glass 4. Pasalnya dengan mengadopsi proteksi jenis ini, maka layar perangkat akan terlindungi dari banyak sekali jenis gesekan benda-benda tajam serta bisa mengurangi kerusakan pada layar yang mungkin terjadi dikala mengalami benturan. Adapun fitur lain yang juga ikut ditambahkan yaitu fitur Always-On. Dimana fitur ini tidak umum dimiliki oleh smartphone kelas menengah lainnya dan memungkinkan pengguna untuk melihat waktu, tanggal dan status baterai bahkan ketika posisi layar mati.

Kamera – Salah satu yang juga menjadi perhatian publik yaitu pada bab kameranya, yang mana antara kamera utama (belakang) dan kamera depan mempunyai aperture yang sama yaitu f/1.9 dan masing-masing berkekuatan 16 megapiksel, tetapi hanya kamera belakang yang mengadopsi fitur optical image stabilization. Kamera Utama bisa menghasilkan gambar berkualitas tinggi dan bisa merekam video full hd resolusi 1920 x 1080 piksel dengan frame rate 30fps dan dilengkapi dengan banyak filter dan mode. Beberapa modus kamera yang tersedia antara lain : beauty, basic, beauty, Pro, HDR, Panorama and Night.

Sementara untuk kamera depan, ketika pengguna ingin mengambil foto narsis secara berkelompok, modus panorama, pengubah nada kulit, ukuran mata dan tampilan wajah juga siap digunakan. Untuk urusan video, kamera kedua sanggup mengambil video full HD dengan output 1080p. Agar proses pengambilan gambar dan video di daerah yang minum cahaya, keduanya dilengkapi LED flash yang membantu untuk memperlihatkan penerangan.

Platform – Saat pertama kali diluncurkan, Samsung Galaxy A5 (2017) masih menggunnakan Sistem operasi Android Marshmallow versi 6.0.1, tetapi kini ini pilihan untuk memperbarui versi Android ke Nougat 7.0 sudah bisa dilakukan. Untuk mengoperasikan sistemnya, samsung menyematkan beberapa hardware yang berkelas dan berkualitas. Diantaranya memakai chipset Exynos 7880 Octa, CPU Cortex-A53 berkecepatan Octa-core 1.9 GHz dan RAM 3 GB.

Sedangkan untuk menangani grafis, dukungannya yaitu GPU Mali T830MP3 sehingga kualitas tampilan yang dihasilkan terlihat sangat detail, halus, jernih dan terasa sangat nyata. Perpaduan hardware-hardware ini mengasilkan performa yang gahar dengan tampilan yang memuaskan tanpa adanya lag sedikitpun ketika pengguna melaksanakan aktivitas Multitasking atau membuka banyak aplikasi secara bersamaan. Seperti pada dikala bermain game, memutar video dan sebagainya.

Penyimpanan – Tidak hingga disitu saja, sebuah penyimpanan internal juga disediakan untuk keperluan menyimpan banyak sekali jenis file yakni berkapasitas 32 GB. Dengan kapasitas sebesar ini, menyimpan file mirip video, foto, aplikasi, dokumen dan sebagainya dalam skala besar tidak akan menjadi problem lagi. Tetapi perlu dipahami, kapasitas tersebut terbagi kedalam dua bagian, bab pertama untuk sistem operasi dan apps sistem atau yang biasa disebut dengan istilah ROM dan bab kedua untuk penyimpanan file (Memori Telepon). Apabila hal tersebut masih dirasa kurang, maka disiapkan pula sebuah slot MMC (SD Card) berjenis micro yang bisa diekspansi hingga kapasitas 256 GB.

Baterai – Walaupun kini banyak tersedia perangkat powerbank berkapasitas daya besar, akan tetapi beberapa produsen ponsel masih melengkapi smartphone produksi mereka dengan baterai berdaya besar. Sama halnya dengan Galaxy A5 (2017), dimana baterainya mempunyai kapasitas hingga 3,000 mAh dilengkapi fitur pengisian cepat (fast charging) sehingga prosesnya bisa berlangsung lebih cepat dari pengisian standar.

Konektivitas – Untuk urusan konektivitas, perangkat ini dilengkapi banyak sekali jenis kemudahan untuk mengirim dan mendapatkan file mirip Bluetooth, port Micro USB yang sudah support dengan kabel OTG dan Infra Merah. Lalu untuk kemudahan internet dan multimedia lainnya terdapat sambungan Wi-Fi yang siap dipakai ditambah tersedianya fitur hotspot yang berfungsi untuk membagi jaringan internet kepada perangkat lain. Konektivitas lain mirip Radio FM NFC dan GPS juga terdapat di dalamnya dan siap untuk dipakai kapan dan dimana saja.

Fitur – Adapun fitur tambahan yang ditambahkan oleh Samsung kedalamnya yang dalam hal ini sebagai aksesori untuk memanjakan penggunanya yaitu dengan disematkannya beberapa aplikasi penting mirip editor foto/video, pembaca dokumen, browser yang sudah mendukung HTML5, ANT+ support, MP4/WMV/H.264 player, MP3/WAV/WMA/eAAC+/FLAC player serta ditambahkan pula beberapa sensor penting mirip Accelerometer, Gyro, Proximity, Compass dan sebagainya.

Kelebihan Samsung Galaxy A5 (2017)

  • Bahannya terbuat dari metal dilapisi glass 3D.
  • Support Fast Charging (Pengisian Cepat).
  • RAM Berkapasitas 3GB dan Penyimpanan Internal 32GB.
  • Tahan bubuk dan Air sehingga bisa dipakai di dalam air hingga kedalaman 1.5 meter selama 30 menit.
  • Sudah mengadopsi layar berteknologi Super AMOLED.
  • Baterai bisa menampung daya sebesar 3000 mAh.
  • Kamera utama dan depan masing-masing berkekuatan 16 megapiksel, sehingga bisa mengambil gambar dan video beresolusi tinggi.
  • Sistem keamanan membuka kunci layar dengan sensor FingerPrint.
  • Perlindungan Corning Gorilla Glass 4 sehingga layar tahan terhadap benturan dan gesekan benda tajam.
  • Sudah mendukung koneksi internet berbasi 4G LTE.

Kekurangan Samsung Galaxy A5 (2017)

  • Masih memakai Android versi 6.0.1, meski bisa diupdate ke Android Nougat 7.0 tentu akan membutuhkan penggunaan data internet yang cukup tidak mengecewakan besar.
  • Baterai yang tidak bisa dilepas.

Harga Samsung Galaxy A5 (2017)

Saat pertama kali diluncurkan, bandrol harga yang ditawarkan untuk mendapatkan ponsel cerdas Samsung Galaxy A5 (2017) berada pada kisaran 430 EURO atau setara dengan Rp. 6.787.000. Namun seiiring berjalannya waktu, smartphone ini terus mengalami penurunan harga. Makara bagi anda yang sedang mencari infromasi ihwal Harga Terbaru Samsung Galaxy A5 (2017), bisa kalian lihat pada tabel berikut.

Bulan Harga RAM + Storage
Oktober 2018 Rp 4,8 juta 3GB + 32GB
September 2018 Rp 4,9 juta 3GB + 32GB
Agustus 2018 Rp 5,1 juta 3GB + 32GB

Demikianlah Spesifikasi dan Harga Terbaru Samsung Galaxy A5 (2017) yang bisa disampaikan kepada anda, supaya dengan adanya isu di atas, bisa memperlihatkan acuan bagi anda yang sedang mencari isu sebelum memutuskan untuk membeli sebuah smarphone baru. Terima kasih dan salam.