Review Oppo A83, Ponsel Dengan Fitur Canggih A.I. Beauty Recognition

Diposting pada 15 views

Sejak kehadirannya di pasar ponsel, Oppo memang mempunyai keunggulan dari segi kamera, baik kamera utama maupun kamera depan. Setelah sukses menelurkan banyak produk yang laris-manis di pasaran, baru-baru ini Oppo kembali meluncurkan satu model ponsel yang cukup menarik perhatian, yaitu Oppo A83.

Harga jual Oppo A83 tidaklah terlalu mahal, masih kurang dari Rp 3 juta. Nah, jikalau kau ketika ini sedang mencari sebuah smartphone dengan budget di bawah 3 juta tapi mempunyai spesifikasi yang bagus, Oppo A83 ini bisa dijadikan pilihan yang tepat.

Fitur-fitur yang dibenamkan pada ponsel anyar Oppo A83 ini cukup menarik untuk diketahui lebih lanjut, contohnya salah satu fitur terbaru yang disebut dengan A.I. Beauty Recognition. Seperti apa cara kerja A.I. Beauty Recognition dan bagaimana dengan fitur-fitur lainnya? Silahkan cari tahu melalui ulasan berikut ini.

Desain dan Layar

Ponsel Oppo A83 mempunyai desain khas handphone brand Oppo yang sudah banyak di pasaran. Bobot yang dimiliki cukup ringan, hanya di angka 13 gram saja. Sementara itu panjang bodi yaitu sekitar 150,5 mm, lebar 73,1 mm dan ketebalan lebih kurang 7,7 milimeter. Kalau dilihat dari dimensinya, memang tidaklah tebal, bahkan cenderung tipis. Peletakan tombol volume dan power serta slot kartu SIM masih sama dengan handphone Oppo lainnya, tidak banyak perubahan yang cukup berarti.

Pada permukaan di bab layar, Oppo memakai lapisan beling yang menambah kesan elegan ketika dipandang. Sementara pada bab bodi lainnya terbuat dari materi aluminium yang ringan, sehingga bobot secara keseluruhan menjadi tidak berat.

Sementara itu bentang layar yang dimiliki yaitu seluas 5,7 inci dengan resolusi 720 x 1440 piksel. Kerapatan piksel layarnya tersebut yaitu 282 ppi. Panel layar yang digunakan sama dengan ponsel kelas menengah pada umunya yaitu IPS LCD capacitive touchscreen yang dikenal bisa menampilkan komposisi warna yang natural dan sudut pandang yang lebar.

Oleh lantaran Oppo 83 mengadopsi desain layar full screen, maka secara tidak eksklusif mepengaruhi ratio layarnya, di mana ratio layar pada Oppo A83 yaitu 18:9, yang sepertinya mengikuti tren layar ketika ini yang memang banyak mengadopsi layar menyerupai itu.

Performa

Oppo A83 memakai jenis prosesor yang sama dengan Oppo F5 yakni Mediatek MT6763T Helio P23. Prosesor tersebut termasuk ke dalam jajaran prosesor berinti 8 alias octa core. Kinerjanya tentu sudah tak diragukan lagi, apalagi kalau hanya digunakan untuk kegiatan ‘biasa’ menyerupai menonton video, facebook-an dan sejenisnya. Di sektor GPU, Oppo mengadopsi Mali-G71 MP2 sebagai pemroses grafisnya.

Lalu bagaimana kalau untuk bermain game, apakah cukup kuat? Jawaban untuk pertanyaan tersebut yaitu relatif, tergantung game apa yang dimainkan. Jika sekedar memainkan game menengah ke bawah, sudah terang bisa namun kalau untuk memainkan game Android yang memutuhkan spesifikasi hardware tinggi, kemungkinan akan mengalami lag.

Kapasitas RAM yang dimiliki oleh Oppo A83 yaitu sebesar 3 GB dan memori internal 32 GB. Oleh lantaran 32 GB sudah termasuk ruang yang digunakan oleh sistem operasi Android 7.1 Nougat di dalamnya, maka space yang tersedia untuk pengguna hanya tersisa lebih kurang 21 GB saja. Namun tak perlu kwatir, alasannya yaitu jikalau ingi menambah memori, telah disediakan slot kartu MicroSD yang mendukung hingga 128 GB.

Kamera Dengan Fitur A.I. Beauty Recognition

Seperti yang telah disinggung seidikit di awal paragraf, salah satu fitur terbaru yang menarik pada HP Oppo A83 ini yaitu apa yang disebut dengan A.I. Beauty Recognition. Fitur ini akan sangat bermanfaat ketika selfie, lantaran kamera akan bisa mengenali jenis kelamin, usia, warna kulit pengguna yang berada di depan kamera, sehingga bisa menghasilkan foto yang bagus.

Di samping itu, kamera pada Oppo A83 bisa mengenali lebih dari 2000 titik fitur wajah dan fungsi ini membuatnya mempunyai fungsi ganda yaitu selain untuk mengenal wajah user, juga berfungsi sebagai face unlock untuk membuka kunci smartphone. Kecepatan membuka kunci ponsel terbilang cukup cepat, yang penting area pada wajah pengguna banyak cahayanya.

Resolusi kamera belakang yaitu 13 MP dan dilengkapi dengan banyak fitur bermanfaat menyerupai HDR, panorama, pengenal wajah, touch focus, Geo-tagging, pengaturan manual serta masih banyak lagi yang lain. Untuk fitur setting secara manual, sudah ada pengaturan untuk mengatur shutter speed juga.

Untuk kamera depan, resolusinya cukup besar yaitu 8 MP. Kamera depan ini mempunyai berbagai pengaturan khususnya untuk mode pemotretan beauty yang bisa diatur hingga level 6. Level 6 paling tinggi akan menciptakan wajah terlihat lebih halus dan higienis tanpa mengenyampingkan imbas natural tentunya. Saat digunakan untuk merekam video, baik kamera belakang maupun depan bisa menghasilkan rekaman dalam kualitas hingga full HD 1080p.

Ringkasan Spesifikasi Oppo A83

Harga: Mulai Dari Rp 2,7 Jutaan
Jaringan: 4G/3G/2G
CPU: Mediatek MT6763T Helio P23 Octa-core 2.5 GHz Cortex-A53
GPU: Mali-G71 MP2
OS: Android 7.1 (Nougat)
RAM: 3 GB
Memori Internal: 32 GB
Memori Eksternal: Ya, MicroSD mendukung hingga dengan 128 GB
Luas Layar: 5,7 inci
Resolusi: 720 x 1440 Piksel, Ratio Layar 18:9, Kerapatan Piksel 282 ppi
Panel Layar: IPS LCD capacitive touchscreen, 16 Juta Warna
Kamera Belakang: 13 MP, f/2.2
Kamera Depan: 8 MP
Sensor Sidik Jari: Tidak Ada
Baterai: Li-Ion 3180 mAh Non-Removable
Pilihan Warna: Hitam dan Champagne

Kelebihan dan Kekurangan Oppo A83

Kelebihan:

1. Kamera sudah dilengkap dengan fitur canggih A.I. Beauty Recognition
2. Desain full screen dengan ratio layar 18:9 yang sedang tren ketika ini
3. Material bodi aluminium
4. Pengaturan kamera banyak, sehingga lebih gampang dikostumisasi

Kekurangan:

1. Belum dilengkapi dengan pemindai sidik jari
2. Belum memakai kamera utama ganda
3. Resolusi layar belum full HD

Sampai di sini sudah bisa diambil kesimpulan bahwa ponsel Oppo A83 pas sekali buat kau yang mencari smartphone dengan fitur kamera yang melimpah. Meskipun HP brand Oppo cenderung mempunyai fitur yang banyak ditujukan buat cewek, namun kaum laki-laki juga tidak ada salahnya membeli, alasannya yaitu fitur terbaru menyerupai A.I. Beauty Recognition akan bisa mengenali perbedaan antara wajah cewek dengan cowok, sehingga hasil jepretan kameranya akan lebih bagus.

Namun sayangnya Oppo A83 belum dilengkapi dengan fitur pemindai sidik jari. Kalau dibandingkan dengan ponsel brand lain dalam rentang harga yang sama menyerupai HP Asus Zenfon Max Plus M1 yang sebelumnya telah Admin bahas dalam postingan yang ini (silahkan masukkan link post Asus Zenfone Max Plus M1), sudah ada fingerprintnya. Akan tetapi kekurangan tersebut bisa ditutupi dengan kehadiran fitur face unlock yang mempunyai fungsi yang hampir sama.

Akhir kata, dengan harga yang berkisar Rp 2,7 jutaan, kau akan merasa puas dengan fitur kamera yang diusung oleh Oppo A83 ini, terutama sekali kalau kau merupakan tipe orang yang suka berfoto-ria bersama teman dan sahabat-sahabatmu 🙂 .