Resep Sambal Bawang Murah Meriah

Diposting pada 13 views
Sambal bawang, si sambal sederhana yang bisa menggenjot selera makan anda. Sambal ini berasal dari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta. Sambal ini cukup terkenal di kalangan masyarakat Gunungkidul alasannya yakni rasanya yang sangat pedas dan gampang dibuat, bahkan anak SD pun bisa membuatnya. Sambal ini masuk ke dalam jenis sambal mentah, yang biasanya disajikan bersama lauk-pauk. Namun kepopuleran sambal bawang ini sudah merambah ke kota-kota besar lho, bahkan ada beberapa restoran ternama yang memasukan sambal ini ke dalam sajian mereka. Ada pula menu-menu olahan daging ayam terkini yang dikombinasikan dengan sambal ini, menyerupai teladan ayam geprek, ayam keprek, ayam penyet dan ayam gepuk. Dan alhasil voila, banyak banget penggemarnya.
Sambal bawang ini bekerjsama yakni sambal mentah, namun ada beberapa orang yang menentukan untuk menggorengnya sebentar untuk mengurangi efek perut panas setelah menyantap si sambal ini. Sambal ini bisa disandingkan dengan aneka lauk pauk yang digoreng. Bahannya sangat simpel, cukup dengan cabe rawit merah, bawang putih, garam, sedikit minyak panas dan kalau suka bisa tambahkan sedikit MSG (optional). Mau tahu cara lengkap menciptakan sambal bawang ini? Simak klarifikasi di bawah.

 si sambal sederhana yang bisa menggenjot selera makan anda Resep Sambal Bawang Murah Meriah

A) Bahan

– Cabai rawit merah segar ( jumlah sesuai selera )
– Bawang putih ( 1/2 siung )
– Minyak goreng secukupnya ( bagi yang tidak suka mentah )

B) Bumbu

– Garam secukupnya
– Penyedap rasa MSG (optional/bisa skip )

C) Cara Membuat

– Bersihkan bawang putih dari kulit arinya dan cabe rawit dari tangkainya, lalu basuh hingga bersih. Biarkan utuh.

– Panaskan minyak goreng secukupnya, lalu goreng sebentar bawang putih dan cabe rawit sebentar. Cukup hingga bawang putihnya menjadi empuk.

– Angkat cabe rawit dan bawang putih tadi dari wajan, eksklusif taruh di cobek. Tambahkan garam dan penyedap rasa (optional/bisa skip).

– Ulek kasar, dan tambahkan sedikit minyak goreng panas bekas menggoreng tadi.

– Sambal bawang siap dihidangkan bersama lauk-pauk dan lalapan.