Resep Sambal Bajak Pedas Membajak!

Diposting pada 25 views
Gurih, manis, asin, asam dan pedas, merupakan lima jenis rasa yang sering dikombinasikan dalam kuliner di negara-negara Asia Tenggara termasuk Indonesia. Kombinasi kelima rasa tersebut diakui bisa membangkitkan selera makan dimulai dari aromanya, dan gres lalu cita rasanya. Terlebih lagi bila rasa pedas dan gurih menjadi rasa yang mendominasi masakan, dijamin eksklusif deh kita akan bersegera mengambil piring dan sendok.

Terfokus pada selera makan kebanyakan masyarakat Indonesia yang kita ketahui bersama sangat dan amat menyukai rasa pedas dan gurih, niscaya tidak akan terlepas dari yang namanya cabai. Cabai Indonesia diakui memang mempunyai tingkat kepedasan yang tinggi, apalagi cabe rawit yang ditanam di tempat pegunungan. Hampir semua kuliner tempat di Indonesia mempergunakan cabai. Cabai sendiri terbagi menjadi beberapa jenis yaitu cabe hijau besar, cabe merah besar, cabe keriting, cabe rawit jarum, dan cabe rawit burung. Nama cabe rawit burung dan jarum, yakni sebutan yang biasa dipergunakan oleh para pedagang cabe di pasar tradisional. Cabai rawit burung mempunyai tingkat kepedasan yang lebih tinggi dibanding cabe rawit jarum.

Cabai biasa dipergunakan sebagai bumbu penambah rasa dalam masakan. Namun selain itu, cabe biasa diolah menjadi sambal. Sambal sendiri dibentuk sebagai teman aksesori lauk dan lalapan, sehingga menambah citarasa sajian makan yang semakin sedap dan nikmat. Sambal ini pun banyak jenisnya lho bunda, ada yang sambal yang prosesnya harus digoreng dahulu, ada yang harus direbus dulu, ada yang dikukus dahulu, dan masih banyak lagi. Sambal ini juga sering dikombinasikan dengan bahan-bahan lainnya ibarat kacang tanah goreng, terasi, tomat,ikan teri, udang dan lain-lain.

Penyajian sambal pun mengikuti daripada sajian utamanya, misalkan saja sajian utamanya yakni ayam bakar, maka biasanya jenis sambal yang dipilih sebagai aksesori yakni sambal yang mempergunakan tomat dan terasi. Satu teladan lagi bila sajian utamanya yakni masakn-masakan Padang, maka sambal yang dipilih yakni sambal cabe hijau. Makara tidak semua sambal bisa dipadukan secara acak dengan sajian utama, harus pula memperhatikan tekstur dan citarasa yang tercipta kalau si sajian utama berpadu dengan si sambal. Terbukti bukan kalau selera masyarakat Indonesia berkelas tinggi dan tak pantas untuk diremehkan.Hehehehe.

Sebagai permulaan, penulis akan membahas perihal resep dan cara menciptakan Sambal Bajak.Unik bukan namanya? Dan namanya ini setara dengan kenikmatan dan kepedasan si sambal lho, mau coba? Yuk simak bersama.

 merupakan lima jenis rasa yang sering dikombinasikan dalam kuliner di negara Resep Sambal Bajak Pedas Membajak!

A) Bahan dan Bumbu

  • Cabai merah besar segar ( 10 buah )
  • Bawang Merah ( 6 siung )
  • Terasi ( 1 sendok teh )
  • Kemiri ( 3 butir )
  • Gula merah sisir ( 1/2 sendok teh )
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • Minyak goreng ( lima sendok )
  • Air matang ( 100 ml )
B) Cara Memasak
  • Cucilah cabe dan bawang merah sampai benar-benar bersih.
  • Potong-potong cabe merah dan bawang merah menjadi kecil-kecil.
  • Haluskan cabe merah, bawang merah, kemiri, terasi, gula merah, garam dan penyedap rasa sampai benar-benar halus.
  • Panaskan minyak goreng, tumislah bahan-bahan sambal yang telah dihaluskan tadi sampai setengah matang.
  • Tambahkan air matang ke dalam tumisan, aduk merata. Masak sampai matang air terserap ke dalamnya.
  • Angkat dan tuang sambal dalam mangkuk sambal. Hidangkan sebagai aksesori ayam goreng atau ayam bakar.