Resep Puding Tapai Ketan Hitam Bagus Dan Ringan

Diposting pada 12 views
Ahai masih dalam suasana bulan puasa, kali ini penulis akan mencoba mengangkat salah satu resep masakan yang cukup pas sebagai sajian hidangan epilog atau dessert diwaktu berbuka puasa.
Bukan hanya di hari-hari biasa saja yang membutuhkan sajian dessert, tapi di saat-saat berbuka puasa juga perlu lho. Mengapa? Menurut saya, sehabis kita menyantap appetizer atau makanan pembuka, kemudian kita beribadah maghrib dahulu, kemudian disambung dengan menyantap hidangan utama atau maine course, ada baiknya kita juga menyantap dessert. Makanan epilog tak hanya sekedar bertujuan untuk menyegarkan ekspresi sehabis mengkonsumsi makanan berat, tetapi juga berfungsi untuk menyegarkan suasana dalam keluarga. Dengan sajian yang ringan ini, anda dan keluarga sanggup terakomodasi untuk saling bercerita satu sama lain, dan lebih dekat dari biasanya.
Bagi sebagian orang, dessert tidak lah penting alasannya makin ribet saja masaknya di dapur, ibu merasa kecapaian dikarenakan telah memasak banyak sekali jenis hidangan untuk buka puasa. Sebenarnya juga tidak ada hukum yang mewajibkan untuk dihidangkannya si makanan pencuci ekspresi ini. Tetapi ada keuntungannya juga ketika disajikan.
Menu makanan epilog di kala berbuka puasa sebaiknya dalam bentuk ringan, manis, dan nyaman di lambung. Saya sarankan makanan tersebut yakni puding. Puding yang terbuat dari agar-agar populer sangat nyaman di ekspresi dan dilambung, serta membantu memperlancar proses pencernaan. Pada masa ini, puding sering disajikan dalam bentuk kombinasi bersama bahan-bahan lainnya. Dan menyerupai yang akan saya sampaikan kepada para pecinta masakan kali ini, saya akan membahas perihal resep Puding Tapai Ketan Hitam nan manis dan cantik.
Seperti namanya tentunya puding ini terbuat dari agar-agar yang kemudian dimix dengan tapai ketan hitam, sehingga menghasilkan rasa yang manis, gurih, sedikit asam, namun gurih dan manis sangat secara umum dikuasai disini. Anda niscaya sangat suka rasanya. Anda ingin mencoba? saya bocorkan cara bagaimana menciptakan si Puding Tapai Ketan Hitam ini.
 kali ini penulis akan mencoba mengangkat salah satu resep masakan yang cukup pas sebagai  Resep Puding Tapai Ketan Hitam Manis dan Ringan

A) Bahan

  • Agar-agar putih ( 7 gram atau 1 bungkus )
  • Tapai ketan hitam siap pakai ( 200 gram )
  • Santan kelapa ( 800 ml )
B) Bumbu
  • Garam ( 1/4 sendok teh )
  • Gula pasir ( 100 gram )
    C) Cara Memasak
    • Tuang agar-agar putih ke dalam panci rebus, tambahkan santan, gula dan garam. Aduk-aduk rata, rebus hingga mendidih.
    • Setelah agar-agar mendidih, segera angkat panci rebus. Aduk perlahan hingga uap airnya berkurang dan hilang.
    • Jika uap air telah hilang, segera masukan tapai ketan hitam ke dalamnya kemudian aduk perlahan.
    • Siapkan cetakan puding, tuangkan gabungan agar-agar ke dalam cetakan. Lalu dinginkan hingga mengeras.
    • Setelah puding mengeras dan kaku, maka potong-potong menjadi beberapa potongan dan taruh di piring saji. Hidangkan.