Resep Perkedel Tahu Lezat

Diposting pada 34 views
 Beraneka jenis lauk-pauk yang dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia, mulai dari daging ayam, ikan, tempe, tahu, telur, daging kambing dan daging sapi. Dari mulai digoreng, direbus, dibakar, dipresto, dikukus dan direbus. Kesemua hidangan lauk-pauk tersebut sering dijadikan hidangan makan siang oleh masyarakat Indonesia, dan yang menduduki ranking teratas ialah tahu dan tempe. Kedua lauk-pauk tersebut dipilih alasannya ialah rasanya yang gurih dan harganya yang relatif murah dibandingkan dengan jenis lauk-pauk lainnya.

Berbicara mengenai tahu, banyak terdapat ragam jenis tahu beserta olahannya, mulai dari tahu sumedang yang biasa digoreng atau dijadikan tahu gejrot, tahu kuning kudus biasa digoreng, tahu coklat biasa dibacem atau disayur kuah santan atau digoreng saja.Ada pula tahu putih yang biasa dijadikan adonan tumis, sayur berkuah, atau juga cukup digoreng. Tahu juga kaya akan gizi menyerupai protein nabati, vitamin B kompleks, kalsium, karbohidrat dan kalium. Semua unsur gizi tersebut sangat penting keuntungannya bagi badan insan yaitu sebagai sumber energi, pertumbuhan dan kekuatan tulang, metabolisme, kekebalan badan terhadap penyakit, menstabilkan kadar gula dalam darah, menjaga kesehatan rambut dan kuku, melancarkan pencernaan, meningkatkan daya ingat, regenerasi sel, kesehatan kulit dan mencegah stroke. Keunggulan lainnya dari tahu berupa rendahnya kandungan lemak sehingga lebih sehat untuk dikonsumsi.

Pada kali ini penulis akan menyuguhkan satu resep tahu yang diolah menjadi Perkedel Tahu.Biasanya perkedel dibentuk dari daging dan kentang atau dari jagung manis, tetapi kali ini perkedelnya memakai materi dasar tahu. Perekdel Tahu memiliki rasa yang gurih dengan sensasi renyah pada bab luar. Selain rasanya yang enak dan gurih, cara pembuatannya juga sangat mudah. Bahan-bahan yang dibutuhkan dalam pembuatan Perkedel Tahu ini juga sangat sedikit dan murah. Hanya saja diharapkan kesabaran saat menghaluskan si tahu supaya tahu benar-benar halus.

Sudah tak sabar ya bunda? Segera saja ini beliau resep Perkedel Tahu nan Lezat, Mudah, Murah dan Bergizi. Selamat mencoba. 🙂

pauk yang dikenal dan dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia Resep Perkedel Tahu Lezat

A) Bahan

  • Tahu putih ( 10 buah )
  • Telur ayam ( 1 buah )
  • Minyak goreng secukupnya
B) Bumbu
  • Bawang putih ( 5 siung )
  • Kemiri ( 1 butir )
  • Lada putih ( 1 sendok teh )
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
C) Cara Memasak
  • Cuci higienis tahu dan tiriskan. Kemudian haluskan tahu sampai benar-benar halus.
  • Haluskan semua bumbu sampai benar-benar halus.
  • Ambil baskom, masukkan tahu yang telah dihaluskan, disusul dengan telur dan bumbu-bumbu halus. Aduk rata, uleni sampai semua tercampur rata. Buat adonan menjadi bulatan-bulatan sedang seukuran baso.
  • Panaskan minyak goreng, masukkan bulatan-bulatan tahu, goreng sampai matang kuning kecoklatan. Angkat.
  • Hidangkan dengan piring saji. Hidangkan sebagai lauk makan siang.