Resep Kuliner Asinan Betawi Nan Segar

Diposting pada 19 views
Kalau orang barat punya salad,kalau orang Indonesia punya pecel, gado-gado, serombotan bali dan asinan. Sama-sama berbahan dasar aneka jenis sayuran namun dengan citarasa nan berbeda dan cirikhas yang berbeda pula. Kalau salad ala western suka pakai mayonaise atau madu, nah jika pecel, gado-gado, serombotan dan asinan kita menggunakan saus kacang atau biasa disebut sambal kacang.

Mengingat kita masih melancong di dunia masakan Betawi, maka kali ini penulis akan membahas wacana Asinan Betawi yang terbilang cukup dikenal bagi kalangan masyarakat di Jabodetabek. Asinan betawi dibentuk dari 4 jenis sayuran yang terdiri dari kol, wortel, tauge dan daun selada. Dari namanya yaitu Asinan Betawi, maka kita dengan gampang menebak bahwa makanan yang satu ini harus melalui proses pengasinan terlebih dahulu tetapi tidak menyerupai pengasinan ikan asin ya heheheh. Proses pengasinannya hanya cukup dengan perendaman dengan larutan garam dan cuka saja yang tak memakan waktu sampai berjam-jam.

Asinan Betawi ini mempunyai ciri khas yang berbeda dengan olahan sayuran bersaus kacang pada umumnya. Rasa Asinan Betawi yang asin, pedas dan asam berpadu dengan saus kacang nan gurih menciptkan suatu keanekaan cita rasa makanan yang memanjakan lidah. Tak hanya sensasi nikmat namun kesejukan sayuran juga dihadirkan dalam makanan ini mengingat bahan-bahan yang dipergunakan ialah sayuran-sayuran yang sangat segar.

Nikmat dan segar sudah niscaya terjamin, kemudian bagaimana dengan gizinya? Para bunda dan pecinta masakan tak perlu bimbang, alasannya ialah semua sayuran yang dipakai dalam Asinan Betawi ini sudah tentu mempunyai kandungan gizi yang tak main-main. Lihat saja kandungan gizi yang terdapat pada kol, wortel, tauge dan selada ini terdiri dari  folat, omega-3, zinc, natrium, protein, karbohidrat, kalsium, vitamin A,C, B1, E, K, asam folat dan kalium.

Folat merupakan unsur gizi yang mungkin tak banyak orang mengetahuinya, namun ternyata folat bermanfaat sekali bagi perkembangan janin, tahap produksi sel darah merah dan meningkatkan kerja otak menjadi maksimal. Kemudian omega-3 yang kita ketahui banyak terdapat pada ikan laut, ternyata juga ditemukan pada sayuran kol yang mempunyai kegunaan mengurangi depresi dan anti koagulan. Sedangkan zinc berperan dalam memproteksi selaput sel dari terjadinya kerusakan-kerusakan. Natrium berperan dalam menjaga kestabilan kadar garam dalam tubuh. Lalu protein mendatangkan manfaat menyerupai pada proses kesembuhan jaringan yang luka, pembangunan sistim imunitas badan dan membantu kerja hormon dalam tubuh. Karbohidrat dalam wortel sanggup menunjukkan rasa kenyang pada perut sesudah makan. Kalsium pada wortel sanggup menghipnotis keseimbangan cairan tubuh, tingkat asam pada darah dan mencegah timbulnya pengeroposan tulang. sebagaimana kita ketahui semenjak dulu bahwa sanya vitamin A sangat baik bagi kesehatan mata terutama dalam menghipnotis produksi pigmen mata. Pencernaan yang lancar dipengaruhi adanya vitamin B1 yang dikonsumsi oleh badan kita. Kesegaran kulit dan mencegah penuaan merupakan kiprah utama dari vitamin E. Kekuarangan vitamin K dalam badan sanggup menjadikan risiko terjadinya pendarahan pada otak terutama pada bayi. Bagaimana dengan asam folat? asam folat terbukti ampuh meningkatkan kesehatan pada ibu yang tengah mengandung dan baik bagi perbaikan DNA. Sedangkan kalium mempunyai kegunaan penting bagi keseimbangan gula darah dan menghindarkan dari risiko stres.

Kesimpulannya ialah bahwa makanan yang sederhana sekalipun sanggup mendatangkan begitu banyak manfaat plus dengan modal yang tidak mahal. Kaprikornus mulailah untuk memberi ruang pada masakan nusantara di meja makan, alasannya ialah kita punya budaya masakan sendiri yang tak jauh hebatnya dengan makanan luar negeri. Lalu bagaimana dengan anda? anda ingin coba resep Asinan Betawi ini? ingin tahu cara mebuat Asinan Betawi? Pelajari selengkapnya di bawah ini.

sama berbahan dasar aneka jenis sayuran namun dengan citarasa nan berbeda dan cirikhas yan Resep Masakan Asinan Betawi Nan Segar

A) Bahan

  • Tauge ( 200 gram )
  • Daun selada ( 400 gram )
  • Kol ( 400 gram )
  • Wortel ( 400 gram )
  • Kacang tanah goreng ( 50 gram )
  • Ebi goreng ( 25 gram )
  • Kerupuk mi secukupnya
  • Air matang ( 400 ml )
B) Bumbu
  • Cabai merah besar ( 11 buah )
  • Cuka ( 2 sendok teh )
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
  • Gula pasir ( 150 gram )
 
C) Cara Memasak
  • Cuci dampai higienis semua sayuran kemudian tiriskan.
  • Untuk kol harus diiris halus dan untuk wortel harus diserut kasar.
  • Haluskan 6 buah cabe merah, dengan garam dan gula pasir sampai benar-benar halus. Lalu letakan dalam bejana dan tambahkan 200 ml air matang dan cuka. Aduk rata.
  • Masukan irisan kol, wortel dan tauge ke dalam bejana tadi, dan rendam sayuran bersama larutan cabe dan cuka selama 15 menit. Untuk daun selada tak perlu ikut direndam.
  • Sambil menunggu sayurannya direndam, buatlah saus dengan menghaluskan kacang tanah, udang kering goreng, 5 cabe merah besar, gula pasir, penyedap rasa, dan garam secukupnya sampai benar-benar halus.
  • Setelah halus, letakkan kacang tanah yang telah dihaluskan tadi di dalam baskom, kemudian tuangi 200 ml air matang. Aduk rata sampai tercampur sempurna.
  • Kemudian sesudah sayurannya direndam selama 15 menit, angkat dan tiriskan.
  • Letakkan daun selada pada dasar piring, kemudian tata wortel, kol dan tauge diatasnya. Siram dengan saus kacang dan tambahkan kerupuk mi di atasnya.
  • Asinan Betawi siap dihidangkan dan disantap.