Resep Ikan Krutup Panggang Khas Kota Palembang

Diposting pada 10 views
Well helloooo ibu-ibu, nona-nona dan bapak-bapak yang hoby banget sama dunia perkulineran tanah air, hehe. Ada yang sudah siap mengikuti perjalanan masakan saya? Sudah siap memulai pertarungan hari ini?? haha.

Sebenarnya beberapa hari yang kemudian aku sempat kesal, alasannya yaitu harus mendapati beberapa orang yang dengan sengaja mengkopi artikel kuliner-kulinerbunda sepenuhnya kemudian merepost kembali atas nama mereka.Hmm maaf yah bukannya aku pelit, kopi resep sih ndak masalah, tapi kalau sudah menyangkut artikelnya ya itu sungguh terlalu dong yah. Jadinya kan kesel campur gudeg gitu rasanya…eh maksudnya gedeg.

Back to tema, untuk kali ini aku mau mengajak anda semua untuk menyidik salah satu resep ajib yang asalnya dari pulau Sumatera, tepatnya kota empek-empek alias Palembang. Nama masakan ini sangat unik, yaitu masakan Ikan Krutup. Sejarahnya sih aku tidak tahu terang mengapa diberi nama deimikian, tapi kalau problem rasa aku tahu niscaya bagaimana lezatnya.

Masakan Ikan Krutup ini ialah masakan yang cocok untuk lauk makan siang dan sajian pesta. Bahan utama yang digunakan untuk menciptakan masakan ini yaitu ikan gabus. Ikan gabus ini juga sanggup dikenal dengan beberapa nama antara lain;haruan, aruan, dan kutuk kalau orang jawa menyebutnya. Ikan ini hidup di air tawar dan sanggup kita beli dibeberapa pasar tradisional, tetapi jarang kita temui di swalayan atau supermarket. Bentuknya sih menyerupai ikan lele, tetapi tidak punya alat penyengat alias kumis menyerupai ikan lele. Rasa orisinil dari dagingnya pun terbilang tawar, namun akan terasa nikmat jikalau diberi bumbu dan suplemen materi lainnya.

Jenis ikan ini memang terbilang berharga murah, tetapi kandungan gizinya tidak murahan. Tak tanggung-tanggung ikan ini sangat kaya akan protein dan albumin.Protein kita tahu bahwa keuntungannya sangatlah banyak bagi tubuh dan fungsi utamanya yaitu untuk menjaga daya kebal tubuh terhadap penyakit. Sedangkan albumin bermanfaat dalam proses penghentian pendarahan pada luka.

Masakan tempat yang satu ini mempunyai kelezatan yang pantas diacungi jempol, disisi lain cara menciptakan masakan Ikan Krutup ini sangatlah mudah. Sudah tak sabar ingin memulai pribadi di rumah?

Saya temani deh anda semua untuk mencoba resep Ikan Krutup ini di dapur. Jangan lupa bagi yah kalau sudah…hihi niscaya tahu.

A) Bahan

  •    Ikan gabus segar ( 1 ekor atau 600 gram )
  •    Minyak goreng secukupnya

B) Bumbu

  •    Cabai merah segar ( 6 buah )
  •    Bawang merah ( 4 siung )
  •    Bawang putih ( 2 siung )
  •    Terasi ( 1 sendok makan )
  •    Jahe ( 1 ruas jari )
  •    Kunyit ( 3 ruas jari )
  •    Air asam jawa ( 2 sendok makan )

C) Cara Mengolah

  • Belah ikan, bersihkan dari kotorannya, kemudian basuh sampai bersih.
  • Haluskan cabe merah, bawang merah, bawang putih, terasi, jahe dan kunyit sampai benar-benar halus.
  • Tambahkan air asam jawa dan minyak goreng 2 sendok makan ke dalam bumbu halus, kemudian aduk merata.
  • Setelah tercampur merata, balurkan bumbu halus ke tubuh ikan, oleskan sampai merata.
  • Siapkan alat pemanggang, panggang ikan gabus sampai matang kekuningan, dan semoga tidak gosong dikala memanggang, sesekali di olesi dengan minyak goreng.