Resep Daging Malbi Bengkulu Nan Sedap Dan Bergizi

Diposting pada 8 views
Indonesia mempunyai 34 porvinsi yang tersebar ke dalam 8 pulau besar, yaitu pulau Papua Barat, Maluku, Nusa Tenggara, Sulawesi, Kalimantan, Bali, Jawa dan Sumatera. Dan Bengkulu yaitu salah satu nama provinsi yang termasuk ke dalam 34 provinsi tersebut. Berada di Pulau Sumatera yang mengakibatkan Provinsi Bengkulu dianugerahi budaya khas melayu dengan citarasa tersendiri.
Banyak dari sekian penduduk Indonesia yang mengenal Provinsi Bengkulu mulai dari pelajaran ilmu sosial yang diajarkan di sekolah-sekolah bahkan pernah menginjakkan kaki di tanah Bengkulu untuk melancong dan berpariwisata. Namun jarang sekali orang yang tau apa kuliner khas dari Provinsi ini. Selain kuliner Bagar Kambingnya yang sangat lezat, Provinsi Bengkulu juga mempunyai kuliner khas lainnya yaitu Daging Malbi. Baru dengar kan? heheheh
Bukan namanya saja yang unik tetapi rasa dan aromanya sangat menarik kita untuk menyantapnya. Jangan berpikiran aneh ya bunda, kuliner Daging Malbi khas Bengkulu ini mempergunakan daging sapi kok sebagai materi utama masakan, jadi hanya namanya saja yang unik dan nyentrik. Heheeheh.
Masakan Daging Malbi mempunyai warna yang hitam pekat dengan rasa anggun dan aroma kuliner yang harum. Warna hitam pada kuliner ini diperoleh dari kecap anggun yang dipergunakan untuk membumbui si daging sapi. Sedangkan aroma yang harum diperoleh dari cengkeh dan kayu manis.
Lezat sudah pasti, nikmat jelas, kemudian bagaimana dengan gizinya? Bunda tak perlu risau, lantaran kuliner yang satu ini terang teruji kandungan gizinya. Mau tau? Masakan Daging Malbi khas Bengkulu ini mengandung gizi-gizi penting yang dibutuhkan oleh badan kita. Hal ini disebabkan lantaran kuliner ini mempergunakan daging sapi yang populer akan kekayaan gizinya bunda.
Daging sapi sebagaimana dari dulu sampai kini banyak disarankan untuk dikonsumsi oleh insan lantaran kandungan gizinya yang bermacam-macam antara lain zat besi, protein, selenium, zinc, omega 3 dan vitamin B kompleks.
Zat besi sangat mempengaruhi pertumbuhan dan kepadatan tulang terutama bagi anak-anak. Namun tak hanya bawah umur saja yang membutuhkan zat besi, melainkan juga orang remaja bahkan lansia yang berpotensi terkena osteoporosis. Zat besi juga berperan penting terhadap jumlah produksi darah dalam tubuh, jadi dikala seseorang terkena penyakit anemia itu tandanya ia kekurangan zat besi dalam tubuhnya.
Regenerasi sel, perkembangan sel, pemulihan jaringan luka, serta pembentukan kekebalan badan terhadap penyakit dipengaruhi oleh protein. Kadar protein yang mencukupi dalam badan sanggup memaksimalkan kerja enzim serta hormon.
Tak banyak yang mengetahui wacana selenium, padahal selenium sangat dibutuhkan oleh badan kita lantaran bermanfaat sebagai antioksidan, anti inflamasi, mencegah katarak, mencegah kanker dan mencegah munculnya ketombe pada kulit kepala.
Selanjutnya zinc bermanfaat bagi kesehatan reproduksi dan kerja maksimal otak. Kemudian omega 3 mempunyai kegunaan meningkatkan daya ingat, mencegah pembekuan darah dan kuat pada kesehatan janin pada ibu hamil. Terkahir vitamin B kompleks menunjukkan manfaat dalam menjaga kelancaran proses pencernaan dan metabolisme.
Demikian bunda mengenai kandungan gizi yang terdapat pada kuliner Daging Malbi khas Bengkulu kita. Super komplit bukan? Pengen tau gimana cara memasak Daging Malbi Bengkulu? Ini beliau penulis hadirkan ke hdapan para bunda dan pecinta kuliner resep kuliner Daging Malbi khas Bengkulu Si Hitam Manis nan Lezat.
 Dan Bengkulu yaitu salah satu nama provinsi yang termasuk ke dalam  Resep Daging Malbi Bengkulu nan Sedap dan Bergizi

A) Bahan

  • Daging sapi ( 250 gram )
  • Kelapa parut sangrai ( 100 gram )
  • Minyak goreng untuk menumis ( 3 sendok makan )
  • Kecap anggun ( 1 sendok makan )  
  • Air matang ( 400 ml )
  • Bawang goreng secukupnya
B) Bumbu

  • Bawang merah ( 5 siung )
  • Bawang putih ( 3 siung )
  • Cengkeh ( 2 buah )
  • Gula merah sisir ( 1/2 sendok makan )
  • Jahe ( tebal 2 cm )
  • Kayu anggun bubuk ( 1/4 sendok teh )
  • Garam dan penyedap rasa secukupnya
C) Cara Memasak
  • Potong-potong daging sapi menjadi 5 belahan kemudian basuh sampai bersih. Tiriskan.
  • Haluskan bawang merah, bawang putih, gula merah, jahe dan sedikit garam. Haluskan sampai benar-benar halus.
  • Ambil baskom, tuangkan bumbu yang telah dihaluskan tadi, kemudian masukkan potongan daging sapi ke dalamnya. Aduk rata sampai seluruh potongan daging terlumuri bumbu dengan sempurna. Lalu diamkan selama 30 menit.
  • Setelah didiamkan selama 30 menit. Ambil daging dan letakkan dalam wajan. Taruh wajan di atas api kecil. Tambahkan 400 ml air matang. Masak sampai daging lunak dan air mengering.
  • Setelah air mengering, masukkan minyak goreng, kecap manis, kelapa sangrai, garam dan penyedap rasa. Aduk rata. Masak sampai minyak goreng panas dan tercampur dalam masakkan. Masak sebentar kemudian angkat.
  • Sajikan dalam piring saji dan taburi dengan bawang goreng. Hidangkan.