Resep Ayam Paniki Nikmat, Enak Dan Halal

Diposting pada 17 views
Manado sebuah kota besar dengan kesohoran kecantikan para gadis-gadisnya yang menawan. Disamping itu kota ini dikenal dengan wisata baharinya yang luar biasa indah dengan bermacam-macam ikan dan terumbu karang berjulukan Taman Laut Bunaken. Keindahan Taman Laut Bunaken ini menarik minat banyak wisatawan lokal maupun domestik berbondong-bondong untuk melihat secara eksklusif keindahan di taman laut ini.

Manado juga punya dongeng tersendiri wacana keelokan masakan daerahnya. Bubur Tinotuan, Ayam Gardenia, dua masakan tempat yang populer akan kelezatannya menjadi ikon budaya di Kota Manado di dunia kuliner. Namun diluar kedua masakan tersebut masih ada lagi satu masakan yang khas dari Manado yang citarasanya tidak kalah nikmatnya lho. Nama masakan tersebut ialah Ayam Paniki.

Ayam Paniki ialah masakan berbahan dasar daging ayam yang berkuah santan dan mempunyai rasa sedikit pedas. Masakan ini sanggup disuguhkan ke dalam aneka macam program maupun suasana alasannya ialah sifatnya yang sanggup menyatu dengan nasi putih dan lauk-pauk yang lainnya. Rasa kuah santan yang gurih dan pedas sanggup menghadirkan sensasi kesejukan dan kenikmatan bersantap yang istimewa.

Secara sekilas mata masakan ini menyerupai dengan masakan opor ayam pedas atau bisa juga dimiripkan dengan ayam santan pedas, tetapi ada hal yang membedakan antara Ayam Paniki dengan kedua masakan yang penulis sebutkan di atas. Perbedaan tersebut terletak pada penggunaan bumbu akar rimpang yaitu Jahe. Pemakaian jahe pada masakan ini makin menambah sensasi masakan yang pedas namun tetap hangat di dalam perut.

Masakan ini tak hanya bisa menyumbangkan kenikmatan di atas meja makan, tetapi juga menyumbangkan aneka macam manfaat gizi menyerupai protein, vitamin, kalsium, dan fosfor. Dan semua manfaat gizi tersebut sanggup menyokong pertumbuhan tubuh, imunitas, stamina dan perkembangan otak kita. Kaprikornus tak hanya mengobati rasa lapar tetapi juga menyehatkan. Benar begitu kan bunda?

Dibalik kenikmatan masakan yang sudah kita bahas secara panjang lebar yang mungkin saja menciptakan perut kita menjadi keroncongan dan air liur bercucuran, niscaya ada sedikit yang menjadi kekhawatiran kita apalagi jikalau bukan wacana bayangan ribetnya memasak masakan ini. Eitsss siapa bilang ribet? Siapa bilang susah? Masakan ini proses pembuatannya gak ribet kok, meskipun demikian kita harus tetap menjaga kehigienisan bahan-bahan dan proses ya bunda semoga masakan yang dibentuk sanggup sesuai dengan impian kita. Kaprikornus tunggu apa lagi? Para bunda dan pecinta masakan tentu sudah tak sabar lagi bukan untuk berguru bagaimana cara menciptakan masakan Ayam Paniki ini?

Ingat selalu ya bunda, masakan yang nikmat dan sedap di tentukan dari bagaimana kita mengolahnya, apakah kita sudah cermat, apakah kita sudah menjaga kebersihan bahan-bahan dan bumbu, apakah kita sudah mencoba menahan sabar dikala menunggu hasilnya. Baiklah segera saja kita mulai berguru memasak bersama mengenai Resep Ayam Paniki berikut ini.

 Manado sebuah kota besar dengan kesohoran kecantikan para gadis Resep Ayam Paniki Nikmat, Lezat dan Halal

A) Bahan

  • Daging ayam segar ( 1 kilogram )
  • Santan kelapa kental ( 400ml )
  • Santan kelapa encer ( 400 ml )
  • Minyak goreng ( 4 sendok makan )

    B) Bumbu

    • Bawang merah ( 8 siung )
    • Bawang putih ( 5 siung )
    • Cabai merah besar ( 8 buah )
    • Jahe ( 2 ruas jari )
    • Garam dan penyedap rasa secukupnya

      C) Cara Memasak

      • Potong daging ayam menjadi 9 bagian, bersihkan dan basuh sampai kotorannya benar-benar hilang.
      • Haluskan bawang merah, bawang putih, cabe merah, jahe dan sedikit garam, sampai benar-benar halus. Sisihkan.
      • Panaskan minyak goreng, tumis bumbu-bumbu yang telah halus tadi sampai harum dan matang.
      • Masukan potongan ayam, aduk merata sampai daging benar-benar terlumuri tumisan bumbu.
      • Tuangkan santan kelapa encer ke dalam tumisan, aduk rata. Masak sampai mendidih dan daging ayam hampir matang.
      • Selanjutnya tuangkan santan kelapa kental,lalu aduk rata. Masak sampai mendidih kembali dan daging ayam benar-benar matang. Jangan lupa untuk selalu diaduk semoga santan tidak pecah.
      • Setelah mendidih dan daging ayam matang sempurna, segera matikan api, kemudian angkat.
      • Tuangkan ayam paniki bersama kuahnya di dalam mangkuk saji, hidangkan selagi hangat.