Oppo A3 – Update Harga Terbaru 2018 Dan Spesifikasi Lengkap

Diposting pada 35 views

Oppo F7, sekarang Oppo kembali merilis sebuah ponsel cerdas terbaru, yakni seri Oppo A3. Banyak yang beranggapan bahwa perangkat ini merupakan versi murah dari Oppo F7, sebab mempunyai desain bodi yang sangat menyerupai dan sama-sama mengusung layar fullview berponi atau terdapat notch dibagian atas layar.

Perbedaan antara kedua HP ini terdapat pada pecahan kamera selfi dan sensor fingerprint. Dimana F7 mempunyai kamera depan beresolusi 25MP dan dilengkapi sensor fingerprint. Sedangkan A3 hanya dibekali dengan sensor 8MP saja dan tanpa dilengkapi sensor fingerprint. Namun sistem keamanan ini telah digantikan oleh face unlock.

Spesifikasi Oppo A3

Oppo A3
UMUM
Brand Oppo
Model A3
Status Rilis
Tahun Rilis April 2018
JARINGAN
Teknologi GSM / CDMA / HSPA / LTE
SIM Hybrid Nano Dual SIM (Dual standby)
Koneksi 4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE
DESAIN
Dimensi 156 x 75.3 x 7.8 mm
Berat 159 gram
Warna Knight Black, Soybean Meal, Stardust Silver, Garnet Red
LAYAR
Jenis LTPS IPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran 6.2 inci
Resolusi FHD+ 1080 x 2280 piksel
Rasio 19:9 (fullview)
Kepadatan 405 ppi
PLATFORM
Sistem Operasi Android Oreo 8.0; Color OS 5.0
Chipset Mediatek Helio P60
CPU Octa-core (4×2.0 GHz Cortex-A73 + 4×2.0 GHz Cortex-A53)
GPU Mali-G72 MP3
RAM 4GB
PENYIMPANAN
Internal 128GB
Ekspansi Ya, MicroSD hingga 256GB (slot khusus)
KAMERA UTAMA
Sensor 16 MP
Lensa f/1.8
LED Flash Ya
Video [email protected]
Fitur Phase detection autofocus, Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, panorama, HDR
KAMERA DEPAN
Sensor 8 MP
Lensa f/2.2
LED Flash Tidak
Video 1080p
KONEKTIVITAS
Wi-Fi 802.11, dual-band, direct, hotspot
Bluetooth 4.2
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
Radio FM radio
Penanda GPS, A-GPS
NFC Ya
BATERAI
Jenis Non-removable Li-Ion
Kapasitas 3400 mAh
Pengisian Cepat Ya, 5V/2A (Quick Charge 3.0)
FITUR
Keamanan FaceID Unlock
Sensor Accelerometer, gyroscope, compass, proximity
3.5mm jack Ya, dengan peniadaan bising aktif dengan mikrofon khusus
Loudspeaker Ya
Pemutar Musik MP3/eAAC+/WAV
Pemutar Video MP4/H.264/FLAC
Lainnya Browser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Oppo A3

Image source (screenshot)

Oppo A3 mempunyai desain bodi berdimensi tidak mengecewakan cukup bongsor, yaitu sekitar 156 x 75.3 x 7.8 mm dengan bobot 159 gram. Desain bodinya ini terlihat sangat elegan dan berkelas, sebab sentuhan finishing pecahan menyerupai berlian dan mengkilat. Untuk pecahan belakangnya tampak sangat polos dan hanya terdapat sebuah kamera utama, sebuah LED flash dan logo Oppo.

Sementara di sisi kiri perangkat terdapat tombol pengatur volume dan di sisi kanan terdapat tombol power dan slot sim / sdcard. Kemudian pada pecahan bawanya terdapat lubang USB, Audio Jack 3.5mm dan loudspeaker.

Lanjut ke pecahan depan, yang dalam hal ini layar. Oppo menyematkan sebuah layar berukuran lapang 6.2 inci yang hampir menutupi seluruh permukaan depan A3 dan hanya meyisahkan sedikit bezel di keempat sisinya.

Adapun jenis layar yang digunakannya, diadopsi dari teknologi LTPS IPS LCD kedalaman 16 juta warna beresolusi Full HD plus 1080 x 2280 dan mempunyai kepadatan piksel per inci sebesar 405 ppi.

Teknologi yang disematkan kedalam layarnya ini berupa layar tampilan penuh dengan aspek rasio 19:9. Dengan hadirnya teknologi ini, pengguna akan disuguhkan dengan pemandangan yang mengagumkan dari banyak sekali sudut pandang dan sanggup menikmati banyak sekali jenis konten multimedia, tanpa harus khawatir jikalau konten tersebut akan terpotong walau hanya sedikitpun.

Untuk mengoperasikan A3 ini, Oppo membenamkan sebuah prosessor bertenaga, yakni Mediatek Helio P60. Mengapa Oppo lebih menentukan prossesor Mediatek Helio P60 dibandingkan CPU bertenaga lainnya menyerupai Snapdragon 660? Karena dari segi performa, Helio P60 lebih responsive dibandingkan Snapdragon 660. Helio P60 juga dinilai bisa mengirit konsumsi daya baterai meski tidak terlalu jauh berbeda dengan Snapdragon 660.

CPU Mediatek Helio P60 yang digunakannya tersebut mempunyai kecepatan clocking atau transimisi data hingga kecepatan 4×2.0 GHz Cortex-A73 + 4×2.0 GHz Cortex-A53 dan mempunyai 8 inti / octa-core. Dan untuk lebih memaksimalkan kinerjanya, Oppo juga menanamkan RAM berkapasitas jumbo 4GB dan penyimpanan internal berkapasitas super jumbo 128GB.

Satu hal yang menarik dari penyimpanannya, yaitu sebab diberikan sebuah slot “khusus” untuk perluasan hingga kapasitas 256GB. Makara pengguna bisa mengaktifkan 2 kartu SIM serta sebuah SD card sekaligus.

Komponen-komponen diatas akan saling terintegrasi untuk menjalankan perangkat lunak Color OS 5.0 yang intinya merupakan kostumasi dari sistem operasi Android terbaru dikala ini, yakni Android Oreo versi 8.0.

Agar lebih mempertajam tampilan UI perangkat lunaknya, Oppo A3 diberikan pengolah grafis Mali-G72 MP3 yang bisa menawarkan tampilan visual dengan sangat baik, bersih, jernih, detail dan halus.

Seperti yang telah dikemukakan di atas, bahwa banyak yang menilai perangkat ini merupakan versi murah dari Oppo F7, jadi beberapa spesifikasi komponen niscaya ada yang mengalami penurunan. Salah satu diantaranya yaitu kamera selfie, dimana terdapat perbedaan yang tergolong cukup signifikan.

Untuk Oppo A3 hanya mengandalkan kamera selfie beresolusi 8MP saja dan tanpa adanya fitur LED flash. Sedangkan F7 beresolusi 25MP. Wow, cukup jauh berbeda ya? Ya namanya juga versi murah. Akan tetapi didalam kamera selfie A3 ini telah disematkan sebuah sensor wajah untuk memindai wajah penggunanya yang berfungsi untuk membuka kunci layar, sebagai pengganti sensor fingerprint.

Sedangkan untuk kamera utamanya, mempunyai resolusi yang sama dengan F7, yakni sama-sama mengusung resolusi kamera 16MP dengan lensa bukaan f/1.8. Tidak berhenti hingga disitu saja, disematkan pula beberapa fitur yang akan sangat membantu untuk menawarkan hasil maksimal dikala pengambilan gambar atau perekaman video. Fitur tersebut yaitu phase detection autofocus, LED flash, Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, panorama dan HDR.

Untuk menopang pemakaian selama mungkin, Oppo meanamkan baterai berkapasitas jumbo 3500 mAh kedalam A3. Namun sayangnya, belum diketahui secara pasti, apakah baterainya ini sudah mendukung pengisian super cepat (fast charging) atau tidak. Karena dari beberapa website (termasuk gsmarena) yang telah memuat artikel ini, tidak ada yang menyebutkan perihal hal ini. Padahal jikalau fitur ini, maka akan menawarkan nilai lebih dimata calon penggunanya.

Terlepas dari hal di atas, Oppo A3 tentunya sudah mendukung koneksi internet berbasis 4G LTE dan konektivitas lainnya. Diantaranya WLAN (Wi-Fi 802.11 b/g/n/ac, dual-band, WiFi Direct, hotspot), Bluetooth (4.2, A2DP, LE), microUSB 2.0, USB On-The-Go dan GPS.

Harga Terbaru Oppo A3

Image source : Oppo

Tidak menyerupai smartphone Android pada umumnya yang menghadirkan banyak model, Oppo A3 (2018) justru hadir dalam satu model saja, yaitu RAM 4GB dipadukan dengan penyimpanan internal berkapasitas super jumbo 128GB yang dibanderol harga perdana sekitar Rp 4,2 juta.

Bulan Harga Baru Harga Bekas
Oktober 2018 Rp 4,2 juta
September 2018 Rp 4,2 juta
Agustus 2018 Rp 4,2 juta

Harga Oppo A3 tersebut di atas, kemungkinan akan ada sedikit perbedaan dengan harga yang ada di kota kalian, namun tidak akan jauh berbeda.