Nokia 3.1 Plus Resmi Meluncur, Ini Harga Dan Spesifikasi Lengkapnya

Diposting pada 20 views

Banyakininfo.com – Hanya berselang beberapa bulan saja ketika peluncuran Nokia 3.1, HMD Global sekalu pemegang lisensi resmi Nokia, baru-baru ini kembali menawarkan kejutan kecil ketika menggelar hajatan di India dengan merilis ponsel terbaru mereka yakni Nokia 3.1 Plus yang diklaim mempunyai baterai dengan kemampuan tahan usang sampai 2 hari.

Kehadirannya memang sedikit mengejutkan, mengingat pemberitaan akan kehadirannya hampir tidak tersentuh oleh media. Selain diluncurkan secara tiba-tiba, smartphone Android ini juga hadir dengan mengusung fitur dan spesifikasi unggulan di kelasnya serta mempunyai banderol harga yang cukup murah, yakni sekitar Rp 2,3 jutaan saja. Lantas ibarat apa penampilan, fitur dan spesifikasi yang dibawanya? Berikut informasinya.

Spesifikasi Nokia 3.1 Plus

UMUM
Brand Nokia
Model 3.1 Plus
Status Rilis
Tahun Rilis Oktober 2018
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
SIM Nano Dual SIM (Dual standby)
Koneksi 4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE kategori 4: 150/50 Mbps
BODI
Dimensi 156.9 x 76.4 x 8.2 mm
Berat 180 gram
Material Polycarbonate
Warna Abu-abu, Putih, Biru
LAYAR
Jenis IPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran 6.0 inci
Resolusi 1440 x 720 piksel
Rasio 18:9 (fullview), 77.5% screen-to-body
Kerapatan Piksel 268 ppi
Perlindungan
PLATFORM
OS Android Oreo 8.1 (Android One)
Chipset Mediatek Helio P22 (MT6762) Pabrikasi 12 nm
CPU Octa-core 2.0 GHz Cortex-A53
GPU PowerVR GE8320
RAM + Storage 3 GB + 32 GB, 2 GB + 16 GB
Ekspansi Ya, microSD sampai 400 GB (slot khusus)
KAMERA UTAMA
Resolusi 13 MP (f/2.0, AF) + 5 MP (f/2.4, depth sensor)
LED Flash Ya
Video 1920 x 1080 piksel @30fps
Fitur HDR, panorama
KAMERA DEPAN
Sensor 8 MP (f/2.2)
LED Flash Ya
Video 1280 x 720 piksel @30fps
Fitur HDR
KONEKTIVITAS
WLAN Wi-Fi 802.11 b/g/n, direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
USB microUSB 2.0, USB On-The-Go
Radio Ya, FM
Positioning GPS, A-GPS, GLONASS, BDS, GALILEO
BATERAI
Kapasitas 3500 mAh
Jenis Non-removable Li-Ion
Pengisian Cepat
FITUR
Keamanan Fingerprint
Sensor Accelerometer, compass, gyroscope, proximity
3.5mm jack Ya, dengan penghapusan bising aktif dengan mikrofon khusus
Loudspeaker Ya
Pemutar Musik MP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar Video MP4/H.264/FLAC
Lainnya Browser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Nokia 3.1 Plus

1. Layar Lebih Luas

Mengusung tagline “Bigger and better than ever” mengambarkan bahwa Nokia 3.1 Plus hadir dengan membawa bodi dan layar berukuran besar. Ya, smartphone android pendatang terbaru ini membawa layar lebih luas berdiagonal 6.0 inci, bahkan mengalahkan Nokia 7.1 yang hanya mengusung layar berdiagonal 5.84 inci saja.

Selain luas, layarnya juga tidak mempunyai Notch (tanpa takik) dan nyaris tanpa bezel serta mempunyai aspek rasio 18:9 atau tampilan penuh. Jenis panelnya tersebut terbuat dari teknologi IPS LCD beresolusi HD+ 1440 x 720 piksel dengan kepadatan piksel per inci mencapai 268 ppi.

Dengan perpaduan lebar, tanpa notch, aspek rasio dan resolusi pada layar ponsel ini, pengguna akan lebih dimanjakan dengan sudut pandang yang lebih luas dan tentu saja tidak ada notch yang akan mengganggu / menghalangi penglihatan.

Tetapi sangat disayangkan, alasannya ialah tampaknya HMD Global tidak menawarkan perlindungan anti gores pada layar Nokia 3.1 Plus, sehingga panggunanya harus memasang screen protector aksesori biar layarnya terlindungi dari banyak sekali jenis tabrakan yang tidak diinginkan.

2. Bodi Lebih Besar

Selain layar luas, bodi Nokia 3.1 Plus juga terlihat lebih bongsor, yakni berdimensi 156.9 x 76.4 x 8.2 mm dengan bobot lebih berat dibandingkan dengan smartphone android pada umumnya, yakni 180 gram. Meski demikian, ponsel ini akan tetap nyaman berada di genggaman, walaupun hanya dengan satu tangan saja.

Untuk desain bodinya sendiri, tidak jauh berbeda dengan para pendahulunya, dimana tombol volume dan power berada di sisi kanan, slot kartu SIM + kartu memori di sisi kiri, port USB dan 3.5mm jack dibagian bawah, posisi kamera dan sensor fingerprint dibagian tengah belakang sampai didesain dengan tanpa tombol navigasi fisik (home, recent, back).

Bodinya tersebut terbuat dari materi material polycarbonate pada bab casing belakang dan di bab depan terbuat dari materi kaca. Nokia 3.1 Plus juga hadir dalam 3 pilihan warna, termasuk abu-abu, putih dan biru.

3. Kamera Ganda Beresolusi Tinggi

Dengan mengikuti ekspresi dominan terkini, Nokia 3.1 Plus juga hadir dengan membawa kamera utama dengan lensa ganda beresolusi tinggi, yaitu 13 MP bukaan f/2.0 dengan fitur AF untuk lensa primer + 5 MP aperture f/2.4 dengan depth sensor untuk lensa sekunder.

Lensa utama berfungsi untuk menawarkan hasil tangkapan dengan kualitas jernih, kaya warna dan lebih terang. Sementara untuk lensa kedua sanggup menawarkan efek bokeh yang mengagumkan.

Untuk menawarkan hasil yang lebih optimal, kamera utamanya tersebut dibekali fitur HDR, panorama dan LED Flash yang akan sangat membantu untuk menciptakan objek tampak lebih terang dan terang ketika kamera dipakai di daerah gelap ataupun minim cahaya.

Sementara untuk kamera depan, meski hanya berlensa tunggal, namun resolusinya tergolong tidak mengecewakan tinggi, yakni 8 megapiksel aperture f/2.2, didukung oleh fitur HDR dan juga lampu kilatan LED, sehingga foto atau video yang dihasilkan akan lebih jernih dan terang.

4. Performa Gesit dengan Android Go

Disektor platform, Nokia 3.1 Plus berjalan pada sistem operasi Android Go yang intinya merupakan OS Android Oreo 8.1 dan diklaim mempunyai kecepatan 15% lebih jikalau dibandingkan dengan OS Android biasa. Secara performa, Android Go bisa berjalan dengan sangat lancar untuk perangkat Android yang mempunyai RAM 512 MB sampai 1GB.

Apabila Android Go sanggup berjalan maksimal pada RAM 512 MB, bagaimana dengan Nokia 3.1 Plus yang mempunyai RAM 2GB / 3GB? Tentu performanya akan lebih gesit lagi, ditambah chipset Mediatek Helio P22 Octa-core pabrikasi 12nm berkecepatan 2.0 GHz Cortex-A53 juga turut disematkan.

Untuk menawarkan tampilan visual lebih jernih dan halus, perangkat ini dibekali pengolah grafis PowerVR GE8320. Sementara untuk kebutuhan penyimpanan, tersedia internal storage berkapasitas 16GB untuk model RAM 2GB atau 32GB untuk RAM 3GB. Kapasitas tersebut masih bisa diperluas melalui kartu memori sampai 400GB jenis microSD.

5. Baterai Tahan Hingga 2 Hari

Salah satu yang menjadi keunggulan Nokia 3.1 plus ada pada sektor baterai, yaitu berkapasitas 3500 mAh yang diklaim bisa bertahan selama 2 hari penuh tanpa terhubung charger untuk pemakaian normal. Dengan kapasitas daya tampung sebesar itu, baterai ponsel ini bahkan bisa mengalahkan baterai smartphone sekelas flagship.

Dilansir dari situs GSMArena.com, tampaknya baterainya tidak dibekali fitur pengisian super cepat, namun dibutuhkan output chargernya sudah 5V/2A biar proses pengisian ulang bisa lebih cepat dari pengisian standar pada umumnya.

6. Fitur Penting Lainnya

Tidak jauh berbeda dengan perangkat android lainnya, Nokai 3.1 Plus juga menyediakan dua slot kartu SIM yang sanggup diaktifkan secara bersamaan dan telah mendukung sambungan internet 4G LTE berkecepatan sampai 150 Mbps. Untuk konektivitas, terdapat sambungan WiFi, GPS, microUSB 2.0 support USB On-The-Go, Radio FM, bluetooth 4.2 dan port 3.5mm jack.

Selain dibekali sensor fingerprint yang diletakkan di bab tengah punggung perangkan, juga terdapat beberapa sensor penting lainnya, diantaranya sensor accelerometer, compass, gyroscope dan proximity.

Harga Nokia 3.1 Plus


Dengan segala keunggulan yang dimiliki Nokia 3.1 Plus, HMD Global selaku pemilik resmi lisensi Nokia diperkirakan akan menjual produk terbaru mereka ini dengan harga sekitar Rp 2,3 juta untuk model RAM 2GB + 16GB dan Rp 2,8 juta untuk model RAM 3GB + 32 GB.

Harga RAM + Storage
Rp 2,3 juta 2GB + 16GB
Rp 2,8 juta 3GB + 32GB
Disclaimer: Harga tersebut di atas, masih asumsi dan untuk harga pastinya, kita tunggu saja ketika perilisannya di Indonesia, pasalnya smartphone pendatang terbaru ini akan tersedia di tanah air pada tanggal 19 Oktober 2018 mendatang.
Jelajahi HP Nokia Lainnya:
Nokia 2.1 Nokia 5.1 Plus
Nokia 3.1 Nokia 6.1 Plus
Nokia 5.1 Nokia 7 Plus

Menurut kalian, apakah fitur dan spesifikasi yang dibawa oleh Nokia 3.1 Plus tersebut di atas sudah sesuai dengan harganya? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami sediakan. Terima kasih telah berkunjung, salam.