Mungkinkah Seorang Blogger Menulis Buku

Diposting pada 10 views
Ketika anda tetapkan untuk masuk dalam dunia blogging apa anda berpikir suatu ketika harus menulis sebuah buku? Apa yang anda pikirkan? Apakah menulis diblog hanya hobi, ikut orang lain atau anda punya cara pandang sendiri? Apapun alasan anda pada kenyataannya blogging sudah semakin ramai peminatnya.

Berkaitan dengan hal tersebut terkadang aku terkejut mengapa sebagian blogger profesional luar negeri hampir mempunyai karya buku untuk dijual ke publik. Berdasarkan blog yang aku temui selain mereka rajin menulis artikel diblog mereka juga menyisipkan buku premium atau ebook atau tools untuk dijual.

Padahalkan pengunjung blog mereka ribuan orang dari aneka macam negara. Ditambah lagi blog tersebut sanggup menghasilkan puluhan sampai ratusan ribu dolar perbulan. Bukankah ini sangat mengherankan mereka masih mau bersusah payah menyusun buku untuk dijual. Dampak?

Dari sini aku berpikir apakah hasil mereka blogging belum cukup memuaskan? Kenyataannya blog yang aku temui tersebut mempunyai banyak penghasilan yang besar dari blog mereka. Namun mereka masih berjualan karya mereka. Anda niscaya tahu Problogger.net disamping menghasilkan lewat iklan ternyata juga menjual buku baik diblog maupun melalui affiliasi Amazon.com.

Kembali ke duduk kasus mungkinkah seorang blogger menulis buku?

Berkaitan wacana menulis buku rasanya mungkin saja terjadi dikemudian hari.

Bagaimana tidak seorang blogger harus melaksanakan pembaharuan konten secara teratur. Di samping itu bukankah seorang blogger harus banyak membaca dan memakai aneka macam akomodasi yang diperlukan. Tools SEO yakni salah satunya. Dari Tools SEO inilah blogger sanggup berguru menulis artikel yang unik, mengetahui sumber backlink, mengetahui bila anda link yang rusak dan sebagainya.

Belajar dari kegunaan tools tersebut rasanya kemampuan blogging akan semakin meningkat dan berkualitas. Dari sisnilah pentingnya memaksimalkan semua tools SEO untuk blogging. Bagaimana tidak dari ketersedian inilah pengetahuan dan pengalaman terbentuk. Oleh alasannya yakni itu tidak heran bila menulis buku bisa menjadi kenyataan.

Biarpun menulis buku bukanlah pekerjaan yang mudah, tetapi kenyataannya banyak juga penulis buku yang tidak mempunyai latar belakang dunia jurnalistik. Mereka hanya mengandalkan kemampuan mereka dalam berekspresi dan bereksperimen. Walaupun begitu buku yang dihasilkan menerima respon yang baik dari pembeli. Sebut saja ebook Cara Menulis Posting Berkualitas (CMPB) karya Herman Yudiono pemilik situs Blogodolar.com.

Oleh alasannya yakni itu aku yakin suatu ketika nanti sanggup menulis sebuah buku. Biarpun harus melalui tantangan yang panjang dan melelahkan rasanya dengan tekad, nekat dan banyak latihan menulis artikel semua mungkin terjadi.

Yang perlu dicermati yakni bagaimana biar konsisten dalam menghasilkan artikel yang berkualitas. Bagaimanapun juga menulis artikel mempunyai hambatan dan tantangan yang membangun. Berkaca dari blogger profesional rasanya cukup memotivasi dan menghidupkan semangat tempur untuk menulis buku. Bagaimana berdasarkan anda?