Mengenal Marcel Breuer, Desainer Pembuat Furniture Modern

Diposting pada 61 views

Furniture merupakan salah satu komoditi yang selalu dicari orang. Meskipun bukan tergolong kebutuhan primer, furniture tetap diperlukan sebagai bab dari rumah ataupun kantor. Seiring berkembangnya zaman, furniture mengalami perubahan dan semakin bermacam-macam desainnya. Salah satu desain yang semakin berkembang ialah desain modern pada furniture. Lalu siapakah penemu awal dari desain furniture modern? Mari mengenal lebih jauh sosok Marcel Breuer salah satu desainer pencetus furniture modern yang sangat berjasa melalui artikel berikut ini.

Marcel Lajos Breuer

Marcel Lajos Breuer, lahir pada 21 Mei 1902 dan wafat pada 1 Juli 1981, merupakan seorang desainer furniture dan arsitek asal Hungaria. Karya yang telah dibuatnya menjadi populer dan contoh bagi para desainer furniture lainnya di era kurun 20. Karirnya sebagai desainer furniture dimulai ketika bekerja di Baunhaus Furniture Workshop pada medio tahun 1920-1924. Desain arsitektur pertamanya dimulai pada tahun 1923 dan bekerja di sebuah public housing. Kemudian pada tahun 1925-1928, Marcel Breuer menjadi kepala workshop furniture modern dan pada ketika itu memproduksi karya pertamanya yakni tubular steel chair yang kemudian diubah namanya menjadi “Wassily”. Setelah itu, bauhaus, daerah Marcel Breuer bekerja merancang tubular steel furniture termasuk meja, kursi, dan lemari dalam jumlah besar yang kemudian di pasarkan di Berlin, Jerman. Berkat karyanya menciptakan furniture berbahan dasar tubular steel, Bauhaus meraih untuk besar alasannya ialah lebih irit dan higienis. Pada tahun 1928, Marcel Breuer meninggalkan Bauhaus dan mulai melanjutkan kariernya di berlin dengan membuka kantor arsitektur sendiri.

Sepanjang hidupnya, Marcel Breuer telah menghasilkan aneka macam karya furniture modern yang mengubah dunia. Diantaranya ialah prototype furniture modern yang terbuat dari besi (dan dipakai sampai sekarang), dan puluhan gedung (baik gedung perkantoran, akomodasi pendidikan, sampai gedung pemerintahan). Berkat penemuannya yang memakai material besi dalam pembuatan furniture, sampai kini furniture dengan konsep modern memakai besi sebagai salah satu materialnya. Karena selain lebih ekonomis, memakai besi juga menciptakan furniture lebih tahan usang ketika digunakan.