Mau Beli Smartphone Android Baru? Perhatikan 5 Komponen Ini

Diposting pada 13 views

Komponen yang Wajib Diperhatikan Sebelum Membeli Smartphone Android – Apa sih yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah smartphone android baru? dan mengapa semua komponen tersebut penting untuk diperhatikan? Pertanyaan semacam ini memang sering muncul di dalam pikiran kita sebelum mengambil keputusan untuk membeli sebuah HP baru. Alasannya sih sangat simple, yaitu tidak ingin terkecoh dengan iklan, baik yang ada di televisi ataupun internet, dimana hampir semuanya selalu memperlihatkan bahwa ponsel tersebut yaitu yang terbaik di kelasnya. Padahal kenyataanya, tidak semua apa yang kita lihat sesuai dengan apa yang ada di dalam pikiran kita.

Memang, kini ini ada banyak vendor smartphone yang memperlihatkan produk-produk terbaru mereka kepada masyarakat. Tentu saja hal ini semakin menambah kebingungan kita untuk menentukan ponsel bakir mana yang akan dipilih. Terlebih lagi perangkat tersebut menyuguhkan banyak sekali jenis spesifikasi dan fitur-fitur gres yang belum diketahui oleh semua orang. Nah, untuk itu pada kesempatan kali ini, aku akan menyampaikan tips kepada anda ihwal komponen apa saja yang perlu diperhatikan sebelum membeli sebuah smartphone gres semoga tidak terkecoh layaknya sebuah pepatah menyampaikan “membeli kucing dalam karung”. Hal ini tidak ingin terjadi kepada anda bukan? Untuk ulasan mengenai hal ini, berikut informasinya.

1. Kapasitas RAM


RAM atau Random Access Memori yaitu salah satu komponen utama di dalam sebuah perangkat yang berfungsi untuk mengolah data sementara. Semakin besar sebuah kapasitas RAM, maka kinerja sebuah perangkat yang dalam hal ini smartphone juga akan semakin meningkat. Begitupun sebaliknya. Selain untuk menjalankan satu aplikasi, RAM juga mempunyai andil besar dalam melaksanakan proses multitasiking (membuka banyak aplikasi sekaligus).

Contohnya menyerupai ini. Ketika Anda menjalankan game di dalam smartphone kemudian anda menekan tombol home, kemudian membuka aplikasi lain, dan sesudah itu anda membuka kembali game yang sebelumnya berjalan, maka game tersebut bisa pribadi berjalan tanpa harus memuatnya ulang kembali. Hal ini terjadi lantaran aplikasi atau game yang berjalan, akan selalu termuat di dalam RAM dan inilah sebabnya mengapa RAM penting untuk multitasking.

Secara teori, semakin besar sebuah kapasitas RAM, maka untuk melaksanakan acara multitasking akan terasa sangat cepat dan sanggup meningkatkan kinerja smartphone. Untuk itu, sebelum membeli sebuah ponsel baru, anda perlu memperhatikan kapasitas hardware yang satu ini.

2. Kapasitas Penyimpanan Internal


Semua vendor smartphone, selalu membekali produk mereka dengan penyimpanan internal yang berfungsi untuk menampung banyak sekali jenis file, data ataupun aplikasi. Penyimpanan internal ini biasa dikenal dengan istilah ROM. ROM bergotong-royong terbagi kedalam dua bagian. Bagian pertama untuk sistem operasi dan aplikasi sistem. Sedangkan pecahan kedua untuk user (pengguna). Kedua pecahan ini biasanya mempunyai kapasitas sama atau terbagi rata.

Misalnya sebuah smartphone mempunyai penyimpanan internal berkapasitas 32GB, maka user hanya bisa menggunakannya sebesar 16GB saja, sementara 16GB-nya lagi dipakai oleh sistem. Jadi, perhatikan baik-baik komponen yang ini sebelum anda memutuskan untuk membeli ponsel baru. Semakin besar kapasitas ROM atau penyimpanan internal, maka akan semakin baik.

3. CPU (Prosessor) dan Chipset


Prosessor (CPU) yaitu inti dari untuk mengoperasikan smartphone. Karena komponen ini yaitu yang paling inti, untuk itu anda harus mengetahui spesifikasi CPU yang mempunyai chipset jenis apa. Sebelum lanjut, fungsi dari CPU ini yaitu untuk mengolah semua proses yang berjalan di dalam smartphone. Baik itu merekam video, bermain game, berselancar internet, membuka aplikasi dan lain sebagainya.

Yang perlu anda perhatikan dari CPU yaitu kecepatannya dalam memproses data terusan atau clocking. Biasanya, kecepatan sebuah prosessor tertera pada dos smartphone, atau anda juga bisa mencarinya di internet. Kecepatan CPU biasanya tertulis “Octa Core 1.6 GHz” dan semakin tinggi kecepatannya, maka akan semakin baik. Selain itu, anda juga perlu memperhatikan jenis chipset apa yang tertanam didalam CPU dan berapa inti atau corenya. Sekali lagi, semakin banyak intinya, maka akan semakin bagus. Berikut ini deretan chipset CPU terbaik yang bisa menjadi acuan bagi anda.

  1. Qualcomm Snapdragon
  2. Exynoss
  3. Intel
  4. Mediatek
  5. Kirin
  6. Dan lainnya

4. Daya Baterai


Saya rasa untuk komponen bateri juga menjadi salah satu yang harus anda pertimbangkan sebelum mengambil keputusan untuk membeli sebuah smartphone. Karena baterai mempunyai peranan yang sangat penting untuk menyampaikan proteksi semoga ponsel bisa dipakai tahan lama. Banyak orang menyepelekan kapasitas baterai dan hanya terbuai dengan fitur dan komponen lainnya saja. Olehnya itu, anda harus memperhatikan besar kecilnya kapasitas daya yang bisa ditampung oleh baterai smartphone.

Selain kapasitas, anda juga perlu memperhatikan fitur dan teknologi apa saja yang tertanam didalam baterai. Misalnya, apakah mendukung pengisian cepat (fastcharging), pengisian tanpa kabel (wireless charging) dan lain sebagainya.

5. GPU atau Pengolah Grafis


Hal yang paling sering terlewatkan dikala hendak membeli sebuah smartphone yaitu pada pecahan GPU atau Pengolah Grafis. Perlu anda ketahui, bahwa GPU yaitu komponen yang mempunyai fungsi untuk menampilkan visual kedalam layar ponsel. Semakin manis sebuah GPU yang digunakan, maka kualitas visual untuk menampilkan banyak sekali jenis konten multimedia juga akan semakin jernih, detail dan tampak sangat nyata.

Itulah beberapa komponen penting yang perlu anda perhatikan sebelum memutuskan untuk membeli sebuah HP baru. Sebenarnya masih ada beberapa komponen lainnya yang juga perlu diperhatikan, akan tetapi apa yang telah disebutkan di atas merupakan komponen-komponen utama yang harus diutamakan. Selebihnya, hanya sebagai tambahan saja.