Manfaat Kembang Turi Untuk Kesehatan

Diposting pada 28 views
Bunga turi mempunyai nama latin Sesbania grandiflora dan termasuk dalam famili Papilionaceae. Kembang turi biasa dijadikan tumbuhan hias untuk ditanam di pekarangan rumah. Karena itulah kembang turi dianggap sebagai tumbuhan bunga. Namun ternyata, selain berguna sebagai tumbuhan hias, kembang turi juga berguna sebagai tumbuhan obat tradisional.
Advertisement

Hal ini tak lepas dari tugas senyawa-senyawa yang terkandung di dalamnya. Daun bunga turi mengandung saponin, tanin, glikoside, peroksidase, vitamin A dan vitamin B. Daunnya berguna untuk mencairkan gumpalan darah, menghilangkan sakit, pencahar ringan, peluruh kencing (diuretik).

Kulit batang mengandung senyawa tanin, egatin, zantoagetin, basorin, resin, calsium oksalat, sulfur, peroksidase dan zat warna. Khasiatnya sebagai penghilang rasa sakit (analgetik), penurun panas (anti piretik), pencahar, pengelat (astringen), perangsang muntah, tonik.

Sementara bunganya mengandung kalsium, zat besi, zat gula, vitamin A dan B. Bermanfaat untuk melembutkan kulit, pencahar dan penyejuk.

Berikut ini manfaat bunga turi untuk kesehatan dan pengobatan tradisional, disertai dengan cara menciptakan ramuannya.

 Bunga turi mempunyai nama latin Sesbania grandiflora dan termasuk dalam famili Papilionace Manfaat Kembang Turi untuk Kesehatan1. Mengobati Sariawan
Untuk mengobati saiawan, ambillah kulit batang segar pohon bunga turi kemudian diremas-remas dalam air. Kemudian airnya digunakan untuk berkumur. Bisa juga dengan merebus kulit batang pohon turi, kemudian air rebusannya diminum.

2. Sakit Tenggorokan
Selain mengobati sariawan, bunga turi juga dapat digunakan untuk mengatasi sakit tenggorokan. Caranya, ambil segenggam daun turi kemudian diremas-remas dalam air matang. Gunakan air tersebut untuk berkumur hingga ke tenggorokan.

3. Radang tenggorokan
Segenggam daun turi merah direbus dengan air higienis secukupnya. Setelah dingin, airnya disaring dan digunakan untuk kumur-kumur. Lakukan sebanyak 4 kali sehari.

4. Disentri dan berak darah
Kulit batang dari pohon turi yang bunganya merah sebesar ibu jari direbus dengan 2 gelas air higienis hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, airnya disaring kemudian diminum. Lakukan 2 kali sehari.

5. Kuku Bengkak
Untuk mengobati kuku jari bisul akhir tersandung atau terpukul. Daun secukupnya dicuci higienis kemudian ditumbuk halus. Taruh diatas kuku yang sakit dan kulit sekitarnya, kemudian dibalut. Ganti 2-3 kali sehari. Bekuan darah di bawah kuku akan hilang dan sakitnya akan berkurang.

6. Mengobati Keputihan
Keputihan merupakan penyakit perempuan yang disebabkan oleh jamur Candida. Untuk mengatasinya, ambil segenggam daun turi putih dan kunyit sebesar ibu jari, dicuci higienis kemudian digiling hingga halus. Tambahkan 3/4 cangkir air minum, diaduk merata kemudian diperas dan disaring. Minum air ramuan tersebut sebanyak 2 kali sehari.

7. Mengobati Batuk
Ambil segenggam daun turi merah dan segenggam daun inggu. Cuci higienis dan ditumbuk hingga halus. Tambahkan perasan air jeruk nipis dan aduk hingga rata. Airnya diperas kemudian diminum.

8. Batuk Berdahak
Selain daunnya, akar turi juga berguna mengobati batuk berdahak. Caranya ambil satu ruas jari akar turi kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan dengan 1/2 cangkir air matang dan 1 sendok makan madu. Aduk rata, kemudian diperas dan minum airnya.

9. Demam Nifas
Daun turi ditumbuk halus, kemudian tambahkan 3/4 cangkir air matang dan sedikit garam. Airnya disaring kemudian diminum.

10. Hidung lembap dan Sakit Kepala
Ambil satu genggam daun dan bunga turi kemudian ditumbuk hingga halus. Tambahkan setengah cangkir air matang, saring dan minum airnya.

11. Cacar air dan demam
Jika anak Anda mengalami demam lantaran cacar air, ambil kulit batang kembang turi sebesar ibu jari, kemudian direbus dengan air secukupnya. Setelah cuek airnya disaring, dan diminum.

12. Badan Pegal Linu
Ambil akar dari pohon turi berbunga yang merah secukupnya, digiling halus, tambahkan sedikit air hingga menjadi gabungan menyerupai bubur. Gosokkan ramuan tersebut ke potongan tubuh yang sakit.

13. Menambah ASI
Bagi ibu menyusui yang susah keluar ASI atau keluarnya sedikit dapat diatasi dengan mengkonsumsi kembang turi. Caranya dapat memakai bunga turi putih atau daun turi muda yang dijadikan lalap kemudian dimakan menyerupai makan lalapan biasa.

Selain berguna sebagai tumbuhan hias dan tumbuhan peneduh, ternyata pohon turi mempunyai manfaat lain ialah untuk pengobatan tradisional. Jadi, tidak salah jikalau Anda menanam kembang turi di halaman rumah.