Manfaat Daun Kelor Untuk Kesehatan Dan Sumber Nutrisi

Diposting pada 33 views
Anda niscaya mendengar peribahasa yang berbunyi “Dunia tak selebar daun kelor”. Peribahasa tersebut muncul sebab memang daun kelor mempunyai ukuran yang cukup kecil. Namun jangan menilai sesuatu dari tampilannya saja. Karena faktanya, di balik ukuran daun kelor yang kecil tersebut tersimpan manfaat dan kandungan nutrisi yang luar biasa besar.
Advertisement

Beberapa penelitian mengungkapkan bahwa kandungan vitamin dalam daun kelor tujuh kali lipat lebih banyak dari buah jeruk dan 4 kali lipat dari wortel. Kandungan potassiumnya 3 kali lipat dari buah pisang. Dan kandungan kalsiumnya setara dengan empat gelas susu. Saya rasa Anda harus bilang wooow untuk beberapa fakta yang gres saja Anda baca.

Namun sayangnya, di Indonesia tidak banyak yang memanfaatkan daun kelor sebagai sumber nutrisi. Tercatat gres wilayah Indonesia kepingan timur menyerupai Nusa Tenggara yang memanfaatkan daun kelor untuk dikonsumsi. Gambar di atas saya ambil dari facebook teman saya (orang NTB) yang mengunggah sajian masakan sayur daun kelor.

Kandungan Nutrisi Daun Kelor

 Anda niscaya mendengar peribahasa yang berbunyi  Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan dan Sumber NutrisiKandungan gizi pada daun kelor tersebut ternyata tidak main-main. Protein pada 100 gram daun kelor setara dengan zat gizi protein dalam satu butir telur. Bahkan, penelitian lain mengatakan hasil yang sangat mengejutkan kalau dibandingkan dengan materi pangan kaya nutrisi lainnya.

Hasil perbandingan daun kelor dengan materi pangan lain dalam jumlah yang sama (gram) mengatakan hasil sebagai berikut:

  • daun kelor mengandung vitamin C tujuh kali lipat dari vitamin C dalam buah jeruk,
  • mengandung vitamin A empat kali lipat vitamin A pada wortel,
  • kalsium pada daun kelor setara dengan kalsium dalam empat gelas susu,
  • kandungan potassium setara dengan yang terkandung dalam tiga buah pisang,
  • kandungan protein setara dengan protein dalam dua yogurt
  • selain itu, tepung daun kelor mengandung protein lebih tinggi dari daun kelor segar ialah 20-26 gram per 100 gram.

Manfaat Daun Kelor untuk Obat

Berikut ini beberapa manfaat daun kelor sebagai obat tradisional untuk menyembuhkan aneka macam penyakit:

Kurap (herpes) dan luka bernanah
Caranya: Tumbuk daun kelor dengan kapur, kemudian balurkan hasil tumbukan tadi pada luka/kurap.

Obat Rabun Ayam
Caranya: 3 gagang daun kelor ditumbuk halus, diseduh dengan 1 gelas air masak dan disaring. Kemudian dicampur dengan madu dan diaduk hingga merata. Laludiminum sekali sehari sebelum tidur.

Obat Sakit Kuning
Caranya: 3-7 gagang daun kelor, 1 sendok makan madu dan 1 gelas air kelapa hijau. Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air kelapa dan disaring. Kemudian ditambah 1 sendok makan madu dan diaduk hingga merata. Diminum, dan dilakukan secara rutin hingga sembuh.

Obat Cacingan
Caranya: 3 gagang daun kelor, 1 gagang daun cabai, 1-2 batang meniran. Semua materi tersebut direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih hingga tinggal 1 gelas, kemudian disaring. Airnya diminum setiap hari.

Obat Sakit Mata
Caranya: Tiga gagang daun kelor. Daun kelor ditumbuk halus, diberi 1 gelas air dan diaduk hingga merata. Kemudian didiamkan sejenak hingga ampasnya mengendap. Air ramuan tersebut dipakai sebagai obat tetes mata.

Sukar Buang Air Kecil
Caranya: Satu sendok sari daun kelor dan sari buah ketimun atau wortel yang telah diparut dalam jumlah yang sama. Bahan-bahan tersebut dicampur dan ditambah dengan 1 gelas air, kemudian disaring. Diminum setiap hari.

Obat Biduren (alergi)
Caranya: 1-3 gagang daun kelor, 1 siung bawang merah dan adas pulasari secukupnya. Semua materi tersebut direbus dengan 3 gelas air hingga mendidih hingga tinggal 2 gelas, kemudian disaring. Diminum 2 kali sehari 1 gelas, pagi dan sore.

Obat Reumatik dan Pegal Linu
Caranya: 2-3 gagang daun kelor, 1/2 sendok makan kapur sirih. Kedua materi tersebut ditumbuk halus. Dipakai untuk obat gosok (param).

Mengingat kandungan nutrisi dan manfaat daun kelor yang begitu besar. Sepertinya kita sudah harus mulai menggalakan daun kelor sebagai masakan harian kita.