Manfaat Dan Kegunaan Daun Encok Untuk Mengobati Rematik

Diposting pada 32 views
Daun encok mempunyai nama latin Plumbago zeylanica L. Tanaman yang namanya sama dengan salah satu penyakit sendi (encok) ini termasuk dalam keluarga Plumbaginaceae. Dari namanya saja, daun encok kita sudah bisa menebak bahwa tumbuhan obat yang satu ini mempunyai kegunaan untuk mengobati banyak sekali keluhan nyeri menyerupai rematik, nyeri pinggang, nyeri sendi dan sakit kepala.
Advertisement

Daun encok ini bersifat pahit, tonik, dan beracun. Karena sifat racunnya ini daun encok dihentikan dipakai terlalu lama. Maksimal 30 menit biar kulit tidak melepuh. Kandungan kimia dari daun encok terdiri dari plumbagin, 3-3-biplumbagin, 3-chloroplum- bagin, chitranone (3-6-biplumbagin), dan droserone (2-hydroxy plum- bagin).

Karena kandungan senyawa diatas, daun encok ini sering dimanfaatkan sebagai herbal untuk pengobatan tradisional. Berikut ini manfaat daun encok untuk mengobati banyak sekali penyakit:

1. Mengobati Rematik

 Tanaman yang namanya sama dengan salah satu penyakit sendi  Manfaat dan Kegunaan Daun Encok untuk Mengobati RematikSiapkan segenggam daun encok segar, dicuci higienis kemudian ditumbuk halus. Tambahkan air hangat seperlunya hingga campuran menyerupai bubur. Gunakan ramuan untuk melumas dan menggosok bab badan yang sakit. Lakukan 2 kali sehari.

2. Mengobati Sakit Kepala

Siapkan daun encok secukupnya, kemudian dipipis. Tambahkan sedikit minyak kelapa hingga menjadi campuran menyerupai bubur. Letakkan campuran tersebut di pelipis dan bab kepala yang sakit sebagai tapal. Cukup 30 menit supaya kemudian buang, supaya kulit tidak melepuh.

3. Melancarkan Buang Air Kecil

Ambil daun encok secukupnya, tambahkan adas pulosari kemudian giling halus. Gosokkan ramuan tersebut di perut bab bawah, sempurna di posisi kandung kencing. Cukup 30 menit biar tidak terjadi lepuh.

4. Mengobati Kanker darah

Siapkan akar daun encok, biji Livistona chinensis, Hedyotis diffusa (rumput pengecap ular) dan Verbena officinalis (verbenae berbalma bian cao), masing-masing 30 g, dan Spica prunellae (xia ku caol dari tumbuhan Prunella vulgaris L.) 15 g. Akar daun encok direbus terlebih dahulu selama 4 jam dengan air higienis secukupnya. Tambahkan air kalau air rebusannya.berkurang. Setelah 4 jam, gres materi obat lain-lainnya dimasukkan. Didihkan kembali selama 1/2 jam. Setelah hambar airnya disaring, dibagi untuk 3 kali minum. Minum ramuan tersebut sehari 3 kali, masing-masing 1/3 bagian.

5. Mengobati Kusta, skabies, dan penyakit kulit

Ambil akar daun encok, kemudian basuh dan tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit susu dan air sambil diaduk merata hingga menjadi campuran menyerupai pasta. Oleskan ke bab badan yang sakit.

6. Mengobati Sakit Pinggang

Siapkan daun encok segar sebanyak 15 g kemudian dicuci bersih. Tambahkan kapur sirih sebanyak 1 sendok makan. Campuran ini kemudian ditumbuk hingga lumat, kemudian dibalurkan ke kawasan yang sakit.

Nah, itulah beberapa kegunaan dan manfaat daun encok sebagai obat herbal tradisional yang bisa mengobati bermacam penyakit.