Manfaat Coklat Bagi Kesehatan

Diposting pada 33 views


You’ll Never Walk Alone – Siapa yang tidak tahu dengan dengan yang namanya coklat. Coklat biasanya dipakai sebagai materi pembuat es krim, kue-kue, coklat batangan dan lain sebagainya. Karena rasanya yang enak dan nikmat menciptakan coklat sangat digemari oleh setiap orang. Coklat berasal dari biji kakao (Theobroma cacao) yang diperkirakan mula-mula tumbuh di kawasan Amazon utara hingga ke Amerika Tengah.  Coklat pertama kali di konsumsi oleh penduduk Mesoamerika kuno sebagai minuman dan juga suku Maya menciptakan minuman coklat sekitar tahun 450 SM – 500 SM.
Berikut ini ialah beberapa manfaat coklat.
1. Antioksidan yang tinggi
Benar sekali selain rasanya yang enak ternyata coklat mengandung antioksidan yang cukup tinggi. Kandungan coklat yaitu flavanols, homogen flavanoid yang terdapat pada coklat merupakan antioksidan yang baik bagi tubuh.
2. Mencegah dan Melawan Kanker
Nah.. ternyata coklat sanggup juga melawan dan mencegah kanker layaknya buah anggur merah, bawang putih, blueberry dan teh. Bagai mana coklat sanggup melawan dan mencegah kanker. Dari penelitian tersebut coklat sanggup menghambat pembelahan sel kanker dan mengurangi peradangan.
3. Menurunkan Tekanan Darah
Manfaat coklat yang lainya berdasarkan penelitian ialah menurunkan tekanan darah. kandungan coklat yang menciptakan mood lebih baik ternyata bisa menurunkan tekanan darah.

4. Membuat Panjang Umur
Coklat pun mengandung zat yang bisa memperlambat penuaan yang artinya menjakian kita panjang umur. Konsumsi coklat secara teratur sanggup mengurangi keriput dan melindungi kulit dari terbakar sinar matahari.
Tidak hanya itu hasil penelitian yang dilakukan di Belanda yang diikuti 200 laki-laki di atas 20 tahun, menemukan bahwa para laki-laki yang mengkonsumsi sejumlah besar coklat, baik itu berupa cokelat susu dan dark chocolate, hidup lebih usang dan telah menurunkan tingkat penyakitkeseluruhan daripada laki-laki yang makan cokelat dalam jumlah sedikit atau tidak samasekali.
Untuk memperkuat hasil dari penelitian di belanda tersebut, yaitu seorang yang berjulukan Jeanne Louise Calment salah satu orang tertua dengan umur panjang yang hidup hingga usia 122 mempunyai resep panjang umur, yaitu ia mengkonsumsi dark chocolate sebesar 2,5 pon dalam seminggu.
5. Meningkatkan Gairah/ libido
Coklat juga merupakan afrodisiak, yaitu sebagai peningkat libido seseorang. Menurut penelitian, perempuan pecinta coklat mempunyai gairah seksual lebih tinggi dari pada perempuan yang todak mengkonsumsi coklat. Mereka mengungkapkan, mengonsumsi sebatang coklat sebelum bercinta sanggup menunjukkan rasa rileks dan kepuasan dalam acara seksual seseorang.
6. Menghilangkan Stress
Coklat juga dianggap sebagai salah satu masakan yang sanggup mengusir stres. Menurut penelitian dari Universitas California, Sandiego, orang yang stres, mulai dari tingkat stres ringan hingga tingkat depresi, mereka mengaku makan cokelat dikala suasana hati mereka bingung atau bad mood.
Mengapa demikian? Ternyata, cokelat juga mengandung molekul psikoaktif yang tentunya menciptakan pengkonsumsi cokelat merasa nyaman. Beberapa kandungan cokelat menyerupai caffeine, theobromine, methyl-xanthine dan phenylethylalanine dipercaya sanggup memperbaiki mood, mengurangi kelelahan sehingga bisa dipakai sebagai obat anti-depresi.