Kesenian Dan Tarian Tradisional Jawa Barat

Diposting pada 18 views

Kesenian tempat Jawa Barat sangat beraneka ragam. Seni pertunjukannya pun mencakup seni karawitan, seni tari, atau teater tradisional. Indonesia memang kaya akan kesenian dan budaya, kesenian dari tempat Jawa Barat hanyalah satu dari sekian banyak kesenian yang ada di Indonesia. Dan kita pun sebagai rakyat Indonesia patut berbangga hati. Selain karawitan, juga terdapat banyak seni ukir seperti, wayang golek dan topeng. Seni kerajinan tangan pun tak kalah menariknya, contohnya batik, anyaman, payung, dan tenun.

Kesenian tempat Jawa Barat sangat beraneka ragam Kesenian dan Tarian Tradisional Jawa Barat

Wayang golek adalah seni pertunjukan yang mempergunakan golek atau homogen boneka dengan menampilkan dongeng Ramayana dan Mahabarata yang dilakukan seorang dalang.

Degung adalah seni karawitan atau gamelan Sunda klasik dengan instrumen sederhana serta iringan lagu yang halus. Instrumennya terdiri dari bonang sebagai melodi, suling atau rincik, kendang, jeglong, dan lain-lain.


Tarian tradisional yang terdapat di Jawa Barat pun bermacam-macam. Ada Tari Jaipong. Ada Tari Bajidor Kahot. Ada pula Tari Topeng. Tari Topeng berasal dari Cirebon. Pada dikala menari, penarinya memakai topeng. Terkadang, Tari Topeng dimainkan oleh seorang penari, atau sanggup juga beberapa orang. Gerakan tangan dan badan yang gemulai, serta iringan musik kendang dan rebab merupakan ciri khas dari Tari Topeng. Tari Topeng adalah tarian yang mengisahkan seorang raja yang cintanya tidak menerima sambutan.


 Kesenian tempat Jawa Barat sangat beraneka ragam Kesenian dan Tarian Tradisional Jawa Barat

Tari Merak adalah tarian yang menggambarkan kehidupan jelek merak yang suka memamerkan keindahan bulunya. Sementara Tari Jaipong ialah tari kreasi gres yang merupakan perpaduan beberapa kesenian di Jawa Barat, ibarat ketuk tilu, banjet, longser, bajidor, dan pencak silat. Selain itu, ada pula Sisingaan, yaitu tarian arakan gotong singa yang sangat terkenal di tempat Kuningan.

Kesenian tradisional Jawa Barat ialah penggalan dari kekayaan budaya bangsa Indonesia. Dan kita sebagai warge negara Indonesia patut melestarikan kesenian tradisional yang ada di Indonesia, baik itu dari Jawa Barat, Sumatra, Sulawesi, dan seluruh tanah air sebagai wujud rasa nasionalisme kita kepada Indonesia tercinta.