Jenis/Macam Sekolah Pada Zaman Kolonialisme Belanda Di Indonesia

Diposting pada 20 views
Foto: Postingan ke-420: Jenis/Macam Sekolah Pada Zaman Kolonialisme Belanda Di Indonesia - Sejarah Jaman Dulu / Jadul  #Likemu wujudkan Cintamu Terhadap Sejarah#  Pada ketika penjajahan belanda dulu di Indonesia sempat didirikan aneka macam jenis sekolah-sekolah belanda yang dibagi-bagi menjadi beraneka ragam jenis, yaitu : 1. ELS (Eurospeesch Lagere School) atau disebut juga HIS (Hollandsch Inlandsch School) sekolah dasar dengan usang studi sekitar 7 tahun. Sekolah ini menggonakan sistem dan metode menyerupai sekolah di negeri belanda.  2. HBS (Hogere Burger School) yang merupakan sekolah lanjutan tinggi pertama untuk warga negara pribumi dengan usang berguru 5 tahun. AMS (Algemeen Metddelbare School) menyerupai HBS, namun setingkat SLTA/SMA.  3. Sekolah Bumi Putera (Inlandsch School) dengan bahasa pengantar belajarnya yaitu bahasa kawasan dan usang study selama 5 tahun.  4. Sekolah Desa (Volksch School) dengan bahasa pengantar berguru bahasa kawasan sekitar dan usang berguru yaitu 3 tahun.  5. Sekolah lanjutan untuk sekolah desa (Vervolksch School) berguru dengan bahasa pengantarnya bahasa kawasan dan masa berguru selama 2 tahun.  6. Sekolah Peralihan (Schakel School) yaitu sekolah lanjutan untuk sekolah desa dengan usang berguru 5 tahun dan berbahasa belanda dalam aktivitas berguru mengajar.  7. MULO Sekolah lanjutan tingkat pertama kependekan dari Meer Uitgebreid Lager Onderwijs dengan tingkatan yang sama dengan smp / sltp pada ketika bila dibandingkan dengan masa kini.  8. Stovia (School Tot Opleiding Van Inlansche Artsen) yang sering disebut juga sebagai Sekolah Dokter Jawa dengan masa berguru selama 7 tahun sebagai lanjutan MULO.  Sumber: Organisasi.org  -Reza

Kali ini You’ll Never Walk Alone akan memperlihatkan info ihwal Jenis/Macam Sekolah Pada Zaman Kolonialisme Belanda Di Indonesia. Pada ketika penjajahan belanda dulu di Indonesia sempat didirikan aneka macam jenis sekolah-sekolah Belanda yang dibagi-bagi menjadi beraneka ragam jenis, yaitu :

1. ELS (Eurospeesch Lagere School) atau disebut juga HIS (Hollandsch Inlandsch School) sekolah dasar dengan usang studi sekitar 7 tahun. Sekolah ini menggonakan sistem dan metode menyerupai sekolah di negeri belanda.

2. HBS (Hogere Burger School) yang merupakan sekolah lanjutan tinggi pertama untuk warga negara pribumi dengan usang berguru 5 tahun. AMS (Algemeen Metddelbare School) menyerupai HBS, namun setingkat SLTA/SMA.

3. Sekolah Bumi Putera (Inlandsch School) dengan bahasa pengantar belajarnya yaitu bahasa kawasan dan usang study selama 5 tahun.

4. Sekolah Desa (Volksch School) dengan bahasa pengantar berguru bahasa kawasan sekitar dan usang berguru yaitu 3 tahun.

5. Sekolah lanjutan untuk sekolah desa (Vervolksch School) berguru dengan bahasa pengantarnya bahasa kawasan dan masa berguru selama 2 tahun.

6. Sekolah Peralihan (Schakel School) yaitu sekolah lanjutan untuk sekolah desa dengan usang berguru 5 tahun dan berbahasa belanda dalam aktivitas berguru mengajar.

7. MULO Sekolah lanjutan tingkat pertama kependekan dari Meer Uitgebreid Lager Onderwijs dengan tingkatan yang sama dengan smp / sltp pada ketika bila dibandingkan dengan masa kini.

8. Stovia (School Tot Opleiding Van Inlansche Artsen) yang sering disebut juga sebagai Sekolah Dokter Jawa dengan masa berguru selama 7 tahun sebagai lanjutan MULO.