Jawaban Cerdas Perihal Makna Dari Arti Apa Itu Sukses

Diposting pada 26 views

Berbicara perihal sukses rasanya setiap orang niscaya mengingingkannya. Makanya tidak heran jikalau berlomba-lomba orang ingin segera mencapai kesuksesan.

Memang bukan hal gampang untuk menapaki jalan menuju puncak kesuksesan. Diperlukan kerja keras dan pengorbanan untuk meraihnya.

Meskipun demikian ternyata ada perbedaan pendangan perihal pengertian sukses. 

Mengapa?

Sebagian orang menganggap tolak ukur kesuksesan ialah kekayaan, dan kedudukan. Bagaimana tidak dengan kekayaan seseorang bisa membeli barang-barang yang mahal dengan brand-brand terkenal. Apalagi untuk jalan-jalan keluar negeri ke aneka macam negara bukan angan-angan lagi.

Sedangkan dengan kedudukan yang tinggi seseorang akan dihormati banyak orang. Bahkan bisa jadi masyarakat akan sungkan untuk menciptakan anda bekerja kelelahan atau merepotkan. Makanya tidak heran jikalau sehabis tujuan kekayaan tercapai langkah selanjutnya ialah mencari kedudukan yang tinggi dimasyarakat.

Sayangnya jikalau mengacu pada kekayaan maka pengedar narkoba termasuk orang yang kaya. Penghasilan mereka bisa mencapai ratusan juta bahkan miliaran dalam satu bulan. Terlebih lagi mereka tidak perlu kerja keras untuk mewujudkannya. Sehingga hal ini seharusnya cukup menjadi alasan untuk hidup yang bahagia.

Namun demikian coba lihat konsekuensinya!

Meskipun mereka kaya dan banyak mempunyai barang berharga tetap saja hidup mereka tidak tenang. Mengapa?

Pada hakikatnya mereka sering dirundung kecemasan dan ketakutan jikalau melihat polisi dalam jarak dekat. Mereka khawatir kalau pekerjaannya terungkap maka jeruji besi siap menjadi pelabuhan selanjutnya.

Memang dalam beberapa kasus gembong pengedar narkoba ialah tahanan polisi. Mereka mengendalikan transaksi narkoba melalui ruangan yang mereka tempati. Meskipun mereka melaksanakan hal itu, tetapi kenyataannya mereka tidak bisa menikmati jerih payah mereka dalam keadaan bebas, kondusif dan nyaman.

Begitu juga jikalau mengacu pada kedudukan yang tinggi. Lihat betapa banyak orang dengan kedudukan yang tinggi baik dimasyarakat atau instansi negara menentukan jalan yang salah.

Mereka seringkali menyalahgunakan kekuasaannya untuk kepentingan dirinya sendiri. Masalah muncul jikalau apa yang dilakukannya tidak mendapat respon positif dari masyarakat. Maka anda akan lihat cara pandang masyarakat terhadapnya dengan tatapan kesal, benci, marah, takut dan lain-lain.

Bahkan yang lebih mengerikan jikalau mereka tidak bisa mengendalikan keadaan ini maka masyarakat akan menjauhi mereka dan tidak ingin berjumpa dengannya atau sekedar bertegur sapa.

Dengan analogi menyerupai ini rasanya tolak ukur kesuksesan alasannya kekayaaan dan kekuasaan atau kedudukan ialah tidak benar.

Berbicara perihal sukses rasanya setiap orang niscaya mengingingkannya Jawaban Cerdas Tentang Makna dari Arti Apa itu Sukses

Kalau begitu apa makna dari arti sukses yang sebenarnya?

Mengenai tolak ukur kesuksesan saya lebih condong dengan ilmu pengetahuan dan jiwa sosial.

Dengan ilmu pengetahuan yang luas anda menjadi bab dari masyarakat yang kehadirannya sangat ditunggu-tunggu. Terlebih lagi jikalau anda mempunyai budi dalam berbicara maka bukan mustahil secara psikologi masyarakat akan lebih hormat. 

Mungkin anda pernah menyaksikan cerita faktual perihal pencarian seseorang yang mempunyai keterampilan ahli (mesin, memasak, menulis, dan lain-lain) meskipun alamatnya sulit ditemukan. Mereka mencarinya alasannya ketertarikannya terhadap kemampuan yang dimilikinya. Sehingga tidak heran jikalau kelelahan yang mereka rasakan sebagai pujian dan pengalaman berarti. Itulah bentuk kesuksesan yang berdampak pada orang disekitarnya.

Dengan metode menyerupai ini maka seorang pembuat aplikasi atau sofware yang berkhasiat bagi pengguna internet secara otomatis masuk di dalamnya. Bahkan seorang guru menjadi yang terdepan dalam hal mengarahkan para pelajarnya menjadi insan yang sukses.

Begitu juga dengan jiwa sosial yang layak dimasukkan sebagai tolak ukur kesuksesan. Anda tidak bisa dikatakan sukses sebelum membantu orang lain yang mengalami kesulitan atau ditimpa kesedihan.

Jiwa sosial tidak dimiliki begitu saja oleh semua orang. Meskipun secara alami orang terlahir dengan jiwa kebaikan. Namun terbentuknya jiwa sosial harus melalui proses pembelajaran dan pengorbanan.

Jika anda bisa mengembangkan ilmu pengetahuan yang bermanfaat dan mempunyai jiwa sosial untuk masyarakat maka anda layak masuk kategori orang yang sukses. Apakah anda oke dengan makna dari arti “Apa itu sukses?” di atas?