Internet Dan Intranet

Diposting pada 35 views

Internet dan Intranet – Pembaca sekalian niscaya sudah mengenal dengan internet ataupun juga intranet. Namun tak sedikit pula yang tidak tahu pengertiannya. Nah, hal tersebut akan bahas pada kesempatan kali ini, yaitu pengertian internet dan internet lengkap dengan pengenalan nya.

1. Internet
Internet kependekan dari Interconnected Networking yang berarti jaringan komputer yang saling terhubung, lebih jelasnya, pengertian internet yaitu adonan jaringan komputer diseluruh dunia yang membentuk suatu sistem jaringan informasi global. Dengan kata lain internet yaitu jaringan komputer atau network yang membentuk jaringan interkoneksi yang terhubung melalui protocol TCP/IP yang jangkauannya sangat luas (internasional). Pengenalan nya, dalam sebuah internet kita sanggup melaksanakan banyak sekali acara menyerupai : blogging, chatting, Email, browsing, download, upload, bisnis online dan lain sebagainya.

 Pembaca sekalian niscaya sudah mengenal dengan internet ataupun juga intranet Internet dan Intranet


Sejarah Internet

Seperti yang kami dapatkan dari Wikipedia, Internet merupakan jaringan komputer yang dibuat oleh Departemen Pertahanan Amerika Serikat di tahun 1969, melalui proyek ARPA yang disebut ARPANET (Advanced Research Project Agency Network), di mana mereka mendemonstrasikan bagaimana dengan hardware dan software komputer yang berbasis UNIX, kita sanggup melaksanakan komunikasi dalam jarak yang tidak terhingga melalui jalan masuk telepon.

Proyek ARPANET merancang bentuk jaringan, kehandalan, seberapa besar informasi sanggup dipindahkan, dan akibatnya semua standar yang mereka tentukan menjadi cikal bakal pembangunan protokol gres yang kini dikenal sebagai TCP/IP (Transmission Control Protocol/Internet Protocol).

Tujuan awal dibangunnya proyek itu yaitu untuk keperluan militer. Pada dikala itu Departemen Pertahanan Amerika Serikat (US Department of Defense) menciptakan sistem jaringan komputer yang tersebar dengan menghubungkan komputer di daerah-daerah vital untuk mengatasi problem jika terjadi serangan nuklir dan untuk menghindari terjadinya informasi terpusat, yang apabila terjadi perang sanggup gampang dihancurkan.

Pada mulanya ARPANET hanya menghubungkan 4 situs saja yaitu Stanford Research Institute, University of California, Santa Barbara, University of Utah, di mana mereka membentuk satu jaringan terpadu di tahun 1969, dan secara umum ARPANET diperkenalkan pada bulan Oktober 1972. Tidak usang kemudian proyek ini berkembang pesat di seluruh daerah, dan semua universitas di negara tersebut ingin bergabung, sehingga menciptakan ARPANET kesulitan untuk mengaturnya.

Oleh lantaran itu ARPANET dipecah manjadi dua, yaitu “MILNET” untuk keperluan militer dan “ARPANET” gres yang lebih kecil untuk keperluan non-militer seperti, universitas-universitas. Gabungan kedua jaringan akibatnya dikenal dengan nama DARPA Internet, yang kemudian disederhanakan menjadi Internet.


Dampak Positif
1. Internet sebagai media komunikasi
2. Internet sebagai media pertukaran data
3. Internet sebagai mesia untuk komunikasi
4. Kemudahan memperoleh informasi
5. Sumber informs yang luas
6. Kemudahan dalam berbisnis
7. Sebagai sumber penghasilan

Dampak negatif
1. Pornografi
2. Penipuan
3. Carding (Pemalsuan kartu kredit)
4. Terkena virus komputer



2. Intranet
Pengertian dari intranet sanggup ditafsirkan sebagai bentuk privat dari internet yang penggunaannya terbatas pada suatu organisasi /perusahaan. Dengan kata lain, pengertian intranet yaitu sebuah jaringan privat dengan sistem dan hierarki yang sama dengan internet namun tidak terhubung dengan jaringan internet dan hanya dipakai secara internal.


Fungsi Intranet yaitu dipakai untuk membantu alat dan aplikasi, contohnya kerja sama dalam kerja sama (untuk memfasilitasi bekerja dalam kelompok dan telekonferensi) atau direktori perusahaan yang sudah canggih, penjualan dan alat administrasi hubungan dengan pelanggan, administrasi proyek dll, untuk memajukan produktivitas.

Fungsi dari Intranet juga dipakai sebagai budaya perusahaan perubahan platform. Sebagai contoh, sejumlah besar karyawan membahas isu-isu kunci dalam aplikasi lembaga intranet sanggup menjadikan ide-ide gres dalam manajemen, produktivitas, kualitas, dan isu-isu perusahaan lainnya.


Keuntungan
1. Membantu meningkatkan produktivitas kerja
2. Meningkatkan effisiensi waktu
3. Komunikasi sanggup dilakukan secara tepat
4. Kemudahan sistem publikasi web
5. Efektifitas biaya 
6. Keseragaman informasi
7. Meningkatkan kerjasama

Kelemahan
1. Perlu pembinaan utuk mendidik anggota
2. Diperlukan tenaga mahir untuk membangun dan berbagi internet
3. Kemungkinan untuk mengirim hal yang kurang sopan
4. Informasi yang salah akan segera beredar



Demikianlah informasi mengenai Internet dan Intranet yang sanggup disampaikan. Semoga bermanfaat.