Inilah Cara Cek Broken Link Website Dengan Gampang Dan Akurat

Diposting pada 34 views

Terjadinya broken link pada website atau blog eksklusif tentu bukan hal yang menyenangkan sehingga harus dilakukan cek. Bagaimana tidak, keberadaan link yang rusak atau mati menimbulkan pembaca merasa kesal lantaran isu pendukung yang berkaitan tidak dapat dibuka. Inilah yang memungkinkan pembaca mempunyai kesan jelek terhadap sebuah website atau blog. Jika itu sudah terjadi maka besar kemungkinanya mereka menolak untuk berkunjung kembali.

Sebagai pengelola website atau blog eksklusif tentu link yang rusak atau mati menimbulkan kualitas SEO terhadap mesin pencari mengalami penurunan. Kalau hal ini terus dibiarkan dan tidak dilakukan cek broken link secara terencana maka akan sulit halaman blog anda bersaing memperebutkan peringkat atas di search engine.

Karena itulah penting bagi anda untuk mengetahui link rusak atau mati lalu memperbaikinya. Memang ada banyak alasannya ialah yang memungkinkan link rusak atau mati pada blog. Pertama, link yang sebelumnya ada pada halaman blog anda menuju halaman website atau blog orang lain  telah dihapus atau diganti oleh pemiliknya. Sehingga saat link tersebut diklik halaman yang dituju eror atau hilang.

Broken link pada blog anda juga dapat terjadi pada status komentar pembaca yang ada. Kasus ini ditandai dengan para pengunjung yang telah berkomentar menyelipkan link aktif pada komentar mereka. Namun lantaran suatu keadaan link yang dituju mengalami perubahan atau hilang. Sehingga link aktif tetap menyala, tetapi tidak dapat mengakses alamat link yang dituju.

Dengan demikian keberadaan link mati atau rusak menjadi parasit pada website atau blog anda. saat itu sudah terjadi kemungkinan besar dapat menurunkan peringkat postingan blog anda di mesin pencari. Karena itulah sudah semestinya anda mengetahui cara cek broken link secara akurat.

Cara cek broken link website dengan mudah

Silahkan buka situs http://www.brokenlinkcheck.com/

1.  Ketik alamat URL situs website/blog yang ingin diperiksa pada kolom yang disediakan
2.  Selanjutnya anda klik tombol “Find Broken Link

3.  Berikutnya ada tulis “Security Code” yang muncul, silahkan masukkan kodenya
4. Pilih “Report distinct broken links only” untuk laporan singkat atau Pilih “Report all occurrences of each dead link (may be slower)” untuk semua laporan
5. klik “Find Broken Links Now!
6. Silahkan tunggu selama proses pengecekan, usang atau tidaknya proses tergantung pada jumlah link rusak yang ada pada situs website/blog anda.

 7.  Jika ada link yang rusak maka silahkan anda perbaiki link rusak tersebut secara manual

Kesimpulannya, terlepas dari susahnya anda berhati-hati mengelola blog dengan baik dan benar ternyata masih belum menjamin terjadinya link rusak atau hilang. Jadi, silahkan lakukan cek broken link pada blog atau website anda secara terencana dan segera lakukan perbaikan kalau terdeteksi semoga posisi artikel atau postingan blog anda pada mesin pencari tidak turun tajam.

Jika anda mau cek backlink website atau blog pesaing dan melihat berapa jumlah backlink yang dimiliki dan peringkat pagerank dari backlink tersebut anda dapat menggunakan tool gratis Backlink Checker. Anda dapat join gratis pada situs tersebut. Jadi, silahkan anda manfaatkan untuk keperluan membuatkan blog menjadi lebih baik dan terkenal pada mesin pencari.