Inilah 8 Tips Jitu Latihan Menulis Paling Gampang Dan Cepat Berhasil

Diposting pada 25 views

Setiap blogger harus meningkatkan kemampuan menulisnya dengan serangkaian proses latihan. Tujuannya terperinci agar konten di dalam blog sanggup terus diperbaharui secara rutin sebab memang kiprah blogger sering dihabiskan dengan menulis artikel. Selain itu juga menjadikan pemilik blog menjadi penulis yang lebih baik dan berkualitas. Sehingga bisa menarik pengunjung yang lebih banyak dan menjadi blog otoritas.

Sayangnya bagi blogger pemula menulis masih merupakan hal yang baru. Hal ini ditandai dengan mudahnya mereka memperbaharui konten blog mereka dengan sering menggunakan teknik copy paste. Tentu saja kebiasaan ini dihentikan dilakukan terus menerus sebab sangat berbahaya bagi blog dan pemiliknya.

Maka dari itu sangat penting bagi anda untuk berguru menulis dengan latihan yang banyak dan bervariasi. Kabar baiknya ada beberapa tips latihan menulis yang bisa meningkatkan kemampuan menulis anda menjadi lebih baik.

Setiap blogger harus meningkatkan kemampuan menulisnya dengan serangkaian proses latihan Inilah 8 Tips Jitu Latihan Menulis Paling Praktis dan Cepat Berhasil

Tips dan cara latihan menulis artikel

1. Buat status panjang di media sosial

Media sosial kini ini telah memasuki babak gres dan lebih mencerdaskan. Dulu pengguna media umum menyerupai Facebook, Twitter, Instagram, Goolge+, dan lain-lain hanya fokus pada membuat status singkat menyerupai apa yang dilakukan, sedang berada di mana, bersama siapa dan lain sebagainya. Sehingga tidak jarang apa yang ditulis hanya berupa mengungkapkan banyak sekali macam perasaan atau hanya status dengan gambar atau foto.

Namun kini metode tersebut telah mulai diperbaharui. Banyak pengguna media umum kini telah membuat status dengan goresan pena yang panjang (minimal 300 kata). Mungkin bukan hal yang sangat penting dan mendesak untuk diketahui sebab ada juga yang sekedar menceritakan pengalaman pribadi. Namun tetap saja hal itu termasuk perkembangan yang baik dan menyenangkan.

Tentu saja anda dihentikan kalah dengan pengguna media umum yang lain dalam hal membuat status baru. Anda bisa menjadikan tren tersebut menjadi ajang latihan menulis yang cukup efektif dan efisien. Mengapa demikian? Terus terang saja banyak dari status tersebut yang mendapatkan puluhan komentar. Komentar inilah yang terkadang menjadi pembuka daya imajinasi dan kreatifitas menulis. Sehingga sangat bermanfaat terhadap wawasan anda wacana penguasaan materi.

Meskipun demikian saya sarankan agar anda membuat status yang baik dan tidak menimbulkan konflik. Lebih cantik jikalau anda bisa menulis status yang menceritakan pengalaman anda disuatu tempat, membahas informasi terbaru, atau menuliskan artikel wacana ketidak setujuan anda terhadap duduk masalah tertentu dan lain sebagainya.

Memperbaharui status dengan rutin bisa membuat anda menaiki level gres dalam memyampaikan pendapat atau kritik dengan cara menuliskannya. Oleh sebab itu jangan ragu dan aib untuk menulis status gres dimedia sosial. Latihan menulis ini tidak akan membuat anda kolot sehingga percaya diri saja.

2. Memberikan komentar di banyak sekali tulisan

Tidak sanggup dipungkiri bahwa untuk menjadi penulis profesional anda harus banyak latihan. Untuk itu hal itu mustahil bisa dicapai dalam waktu singkat tanpa persiapan dan perencanaan. Namun dengan menunjukkan komentar terhadap goresan pena orang lain menyerupai di blog, lembaga online, media informasi online atau media umum anda bisa mempersingkatnya.

Terlepas dari beragamnya jenis topik goresan pena yang bisa anda komentari maka tidak ada salahnya anda menunjukkan masukan kepada penulisnya. Tidak perlu anda berkomentar dengan panjang lebar jikalau anda memang belum bisa melakukannya. Namun anda bisa menunjukkan beberapa komentar singkat 1-2 paragraf sebagai bentuk berkomunikasi.

Yang perlu anda ingat juga jangan melaksanakan komentar dengan singkat menyerupai terima kasih, sangat bermanfaat gan, artike yang menarik gan dan lain sebagainya. Kebiasaan ini selain membuat pengetahuan anda wacana dunia menulis tidak akan melatih goresan pena anda lebih baik dan berkembang.

Selain itu kenyataannya sebuah goresan pena artikel biasanya berupa bentuk percakapan kepada para pembaca. Sehingga dalam kondisi menyerupai ini komentar anda sangat baik melatih goresan pena sebab bisa mendapatkan respon dari pemilik goresan pena tersebut.

3. Berlatihlah Menulis Paragraf Pembuka

Latihan menulis akan lebih gampang dan cepat jikalau anda telah menuntaskan paragraf pendahuluan. Paragraf pendahuluan biasanya terdiri dari 2-4 paragraf pendek. Paragraf pendahuluan merupakan gerbang pembuka menuju goresan pena inti. Oleh sebab itu keberhasilan menulis paragraf pendahuluan bisa membuat langkah anda lebih efektif dan efisien.
Kesalahan penulis pemula sering tidak memperhatikan paragraf pendahuluan sehingga ketika menguraikan cuilan inti menjadi tidak maksimal. Makanya tidak heran jikalau goresan pena yang mereka hasilkan kirang berkualitas di mata pembaca.

Oleh sebab itu berguru menulis paragraf pendahuluan juga merupakan cuilan dari latihan menulis secara cerdas. Anda bisa menjiplak gaya penulis lain dalam meyampaikan paragraf pendahuluan. Kalau saya biasa menulisnya dengan konsep 5W1H (What, Where, Why, Who, When dan How). Meskipun kenyataannya saya tidak mengaplikasikan semuanya, tetapi cukup 3 poin pada paragraf pendahuluan. Jadi, lihat goresan pena saya di atas hanya terdiri dari 3 paragraf pendek. Jika paragraf pendahuluan memuaskan maka pengunjung akan tertarik untuk mebaca kelanjutannya.

4. Tulis ulang artikel orang lain

Karena pekerjaan menulis yakni aktifitas yang membutuhkan daya imajinasi dan kreatifitas yang tinggi maka sudah semestinya dilakukan dengan latihan berkala. Untuk itu langkah pertama yang gampang dilakukan yakni menulis ulang artikel orang lain.

Anda bisa membaca goresan pena yang ada diperpustakaan rumah, kampus, daerah ibadah atau berita-berita di media massa atau elektronik atau diblog orang lain. Selanjutnya anda berusaha menulis ulang goresan pena yang anda baca dengan bahasa anda sendiri. Jangan takut jikalau anda belum bisa mencapai goresan pena yang baik dan benar.

Tujuan dari hal ini yakni mengasah anda menjabarkan goresan pena yang sudah ada dan merancang situasi dengan contoh pikir anda. Maka dari itu jangan pribadi menggunakan standar tinggi dengan berharap membuat artikel yang unik. Memang artikel unik yakni standar jikalau mau menjadi blogger profesional. Namun demikian bukan berarti anda harus arif menulis artikel unik untuk terjun dalam dunia blogging.

Kenyataannya banyak blogger sukses tiba sebagai debutan blogger tanpa pengetahuan menulis atau kursus kepenulisan. Mereka hanya bermodalkan latihan rutin dan fokus terhadap sasaran yang hendak dicapai. Makanya tidak heran jikalau mereka bisa latihan menulis ulang hingga berjam-jam setiap harinya. Proses latihan menyerupai ini akan mengajarkan anda pengalaman indah.

Sebagai catatan jikalau anda telah selesai menulis ulang sebuah goresan pena anda bisa pribadi mengeceknya keunikannya. Anda bisa menggunakan tool plagiarism checker pada Smallseotool. Ini hanya pilihan awal hingga anda telah sanggup menulis ulang sebuah goresan pena dengan presentasi 95%-100%. Jika anda telah belasan kali mendapatkan prosentasi yang positif maka anda bisa mengurangi cek keunikan artikel pada tool tersebut atau mengabaikan. Saya pun juga demikian sudah jarang menggunakan tool tersebut.

Baca: 3 Alasan Saya Berhenti dari Tool Plagiarism Checker

5. Membangun sebuah blog pribadi

Meskipun terus menerus latihan menulis setiap hari rasanya kurang tepat jikalau anda tidak mempunyai blog pribadi. Pada dasarnya sebuah goresan pena yang dihasilkan bertujuan agar goresan pena tersebut dikenal dan menerima apresiasi dari orang lain. Dengan begitu anda akan lebih semangat untuk menghadirkan tulisan-tulisan yang gres dan berkualitas.

Masalahnya anda akan kesulitan mencapai tingkat penulis lebih baik jikalau goresan pena anda tidak dikumpulkan dalam sebuah dokumen. Tentu saja bukan pilihan cerdas jikalau anda hanya menyimpannya di dokumen microsoft word atau yang semisalnya. Bukan tidak boleh, tetapi penulis yang menyimpan goresan pena hanya di microsoft word kemungkinan besar telah merencanakan untuk membuat ebook gratis atau berbayar (diperjualbelikan sehingga bisa menghasilkan uang). Untuk hal tersebut tentu saja butuh latihan menulis agar karya yang akan dijual berkualitas bagi pembeli.

Namun bagi anda yang gres latihan menulis sebaiknya mempublikasikan goresan pena tersebut melalui media blog pribadi. Blog bisa berubah menjadi menjadi mesin uang yang menguntungkan bagi pemiliknya melalui model bisnis periklanan. Di samping itu potensi mendapatkan respon berupa komentar akan lebih terbuka dari pengunjung blog anda.

Untuk membuat blog anda tidak perlu khawatir jikalau masih dalam tahap coba-coba atau iseng. Tersedia platform membuat blog pribadi gratis menyerupai Blogger, WordPress, Tumbrl, dan lain-lain. Dari situ anda bisa membuat blog sederhana yan berisi banyak sekali pengalaman anda menyerupai ketika di desa, di kota, ketika liburan, ketika bekerja, ketika karya wisata dan lain sebagainya. Mungkin terlihat sederhana bagi anda, tetapi pemilik situs populer Tehsusu.com ternyata bisa populer sebab hal tersebut. Jadi, jangan menganggap remeh latihan menulis dengan metode membuat blog pribadi.

6. Kirim goresan pena anda ke media informasi sosial

Kalau anda telah terbiasa dengan 4 cara latihan menulis di atas anda bisa masuk ke media informasi online dengan mengirimkan goresan pena orisinil. Ada banyak sekali media informasi online yang bisa anda jadikan pertimbangan diantaranya Kompasiana.com, Viva.co.id, dan lain lain. Media tersebut bebas mendapatkan goresan pena dari siapapun asalkan telah memenuhi syarat dan ketentuan yang berlaku. Jadi, anda bisa bereksperimen dengan latihan menulis di media tersebut.

Tidak perlu goresan pena panjang (hingga 2000 kata) untuk masuk ke media informasi online. Yang penting goresan pena anda unik dan asli maka kemungkinan besar bisa diterima dan dipublikasikan. Selain itu jangan berpikir bahwa goresan pena yang anda kirimkan harus membahas ulasan yang mendetail dan dengan disertai data dan fakta. Memang hal itu sangat disarankan, tetapi jikalau anda telah menulis tips memasak, tips menggunakan make up, manfaat buah dan sayur dan lain-lain, maka itu cukup bagi mereka.

7. Mengikuti ceramah, seminar atau pidato

Latihan menulis tidak hanya terbatas pada apa yang anda baca, tetapi bisa melebar kepada apa yang anda dengarkan. Ceramah, seminar atau pidato yakni media yang cantik bagi anda untuk latihan menulis.

Melalui aktivitas tersebut maka anda dituntut mengerti apa yang disampaikan oleh pembicara. Untuk mangatasi kelemahan ingatan sebab waktu yang usang maka anda harus menuliskannya pada media kertas. Kumpulan dari goresan pena ini bisa anda manfaatkan untuk membuat sebuah goresan pena gres yang menceritakan apa yang anda dapatkan dari pembicara.

Memang hukan hal yang mudah, tetapi saya yakin jikalau anda sering melakukannya maka goresan pena anda akan lebih baik, benar dan berkualitas. Oleh sebab itu jangan aib membawa buu catatan ketika mengikuti banyak sekali program public speaking.

8. Membuat ulasan dari TV atau video online

Menonton TV atau video memang bisa menjadi kebiasaan yang menarik sekaligus menguntungkan. Kenyataannya seorang penulis ahli bisa mengulas informasi di TV atau Video online dengan panjang lebar melalui tulisan. Makanya tidak heran jikalau mereka bisa menulis sebuah goresan pena dalam waktu singkat.

Berkaitan dengan hal ini maka anda bisa menggunakan media tersebut menjadi goresan pena bermanfaat. Tidak perlu panjang lebar dalam mengulasnya. Namun dengan anda mengerti maksud dan tujuannya dan menuliskannya saya rasa sudah cukup.

Untuk memudahkannya saya sarankan anda berguru dari mendegarkan komentator olah raga atau semisalnya. Komentar mereka yang terlihat sepele ternyata mengandung maksud yang bisa membuat penonton merasa terhibur. Oleh sebab itu dengan mengerti cara mengulas duduk masalah maka anda bisa gampang menuliskannya dalam sebuah buku.

Kesimpulannya, untuk menunjang keberhasilan anda menjadi penulis ada baiknya anda terus memperbanyak jumlah kosa kata. Semakin banyak anda menguasai dan mengingatnya maka imajinasi dan kreatifitas anda bisa berjalan beriringan dengan ketersediaan kosa kata. Anda bisa menentukan salah satu atau beberapa cara di atas sehingga anda memilih cara berlatih menulis yang menyenangkan.  Dengan begitu anda selangkah lagi menjadi penulis yang baik dan berkualitas.