Inilah 6 Tips Untuk Mempercepat Pengecasan Smartphone

Diposting pada 39 views

Semakin hari teknologi smartphone semakin canggih saja, baik itu dari segi fitur maupun fungsi. Di sisi lain, penambahan fitur-fitur canggih secara tidak eksklusif menciptakan konsumsi daya smartphone tersebut menjadi lebih besar. Oleh beberapa vendor ponsel, duduk perkara pemakaian daya besar tersebut dipecahkan dengan membenamkan sebuah baterai berkapasitas jumbo.

Masalah lain mengikuti penggunaan baterai berkapasitas besar pada sebuah smartphone yaitu waktu yang diharapkan untuk mengecas baterai menjadi lebih usang dari biasanya. Pengecualian dari hal tersebut tentunya ialah ponsel yang sudah dilengkapi dengan fitur menyerupai fast charging.

Jika Anda ingin mempercepat proses pengecasan ponsel menjadi lebih cepat beberapa persen, Anda sanggup mengikuti tips dan trik berikut ini.

1. Gunakan charger yang mempunyai arus yang besar

Banyak diantara pengecas ponsel mempunyai besar lengan berkuasa arus yang berbeda satu sama lain, meskipun charger tersebut ialah pengecas original. Agar waktu yang diharapkan untuk mengecas baterai smartphone menjadi lebih singkat, usahakan untuk menentukan charger yang mempunyai besar lengan berkuasa arus lebih besar, contohnya 500 mAh. Namun tolong diperhatikan, saran “memakai charger yang mempunyai besar lengan berkuasa arus besar” ini harus mengikuti panduan besar lengan berkuasa arus maksimal yang didukung oleh sebuah smartphone.

2. Gunakan kabel pengecas berkualitas bagus

Kabel charger banyak jenisnya, terlebih lagi pengecas yang bukan orisinil dari pabrik. Memakai kabel charger yang berkualitas tinggi akan membantu memperlancar penyaluran arus listrik dari pengecas ke ponsel sehingga arus listrik yang masuk stabil dan besar. Sebaliknya penggunaan kabel yang mempunyai kualitas jelek akan menimbulkan penyaluran arus listrik menjadi tidak lancar, dan alhasil proses mengecas pun menjadi lebih lama.

3. Kalau memungkinkan, matikan ponsel ketika mengecas

Mematikan ponsel ketika mengecas sanggup meningkatkan kecepatan mengecas menjadi lebih cepat. Hal tersebut bisa terjadi lantaran semua komponen yang ada pada ponsel berada dalam kondisi non-aktif. Sebagai teladan layar smartphone merupakan salah satu kompone pada ponsel yang mempunyai konsumsi daya besar, apalagi setting brightness-nya pada tingkat maksimum. Tips nomor 3 ini bisa Anda terapkan pada malam hari ketika ingin tidur misalnya.

4. Aktifkan mode offline atau mode pesawat

Mengaktifkan mode offline terbukti bisa mempercepat proses pengisisan baterai beberapa persen, alasannya komponen-komponen menyerupai pemindai sinyal otomatis tidak bekerja dan konsumsi daya pun menjadi jauh berkurang dan manfaat simpulan yang akan didapatkan ialah waktu pengecasan menjadi lebih singkat.

5. Tutup aplikasi yang tidak digunakan

Aplikasi yang banyak terbuka akan menciptakan prosesor dan komponen lainnya terus-terusan bekerja, meskipun aplikasi tersebut dalam mode “Freeze”. Prosesor yang terus-menerus bekerja akan mengakibatkan konsumsi daya tetap besar dan hal itu akan memperlama proses charging ponsel.

6. Jika ada, aktifkan power saving mode

Power saving mode merupakan mode irit daya yang terdapat pada hampir semua smartphone. Anda bisa mengaktifkan fitur mempunyai kegunaan tersebut ketika mengecas ponsel untuk mempercepat waktu pengecasan. Jika fitur ini tidak ada pada smartphone, Anda bisa menggantinya dengan meng-offline-kan ponsel.

Nah, itulah 6 tips dan trik yang bisa Anda terapkan pada smartphone kesayangan Anda jikalau ingin mempercepat pengecasan. Sebagai catatan tambahan, beberapa tips di atas tidak berlaku untuk smartphone yang oleh pabrikannya telah dilengkapi dengan fitur canggih wireless charging dan juga fast charging. Contohnya tips yang nomor 3 jikalau dilakukan, maka fitur-fitur menyerupai yang telah disebutkan kemungkinan besar tidak akan berfungsi sebagai mana mestinya. Demikian, biar bermanfaat.