Inilah 6 Cara Memasarkan Produk Lewat Online Paling Mudah

Diposting pada 16 views

Perkembangan internet yang semakin luas dan bisa menjangkau hampir seluruh wilayah baik Indonesia atau global menjadi daya pikat yang berpengaruh untuk para penjual online. Bagaimana tidak, dengan memasarkan barang lewat online kemungkinan mendapatkan undangan barang semakin besar. Apalagi kalau anda mempunyai produk unik dan menarik yang jarang ditemukan dipasaran. Maka bisa dipastikan potensi laba semakin melimpah.

Sayangnya bagi pebisnis atau wirausahawan lokal masih belum banyak yang mengetahui cara memasarkan produk secara online. Sebagian mereka masih menggantungkan usahanya dari sistem offline saja. Mungkin juga mereka tidak tahu caranya. Sehingga potensi pasar tidak maksimal. Akibatnya kemungkinan membuatkan bisnis menjadi besar akan berjalan lambat atau bahkan sulit terwujud.

Kabar baiknya dengan bermodalkan komputer (PC), laptop atau smartphone dan kuota internet anda sudah bisa memasarkan produk anda secara online. Tentunya ini lebih gampang bagi anda yang tidak mempunyai ruko atau daerah jualan yang luas. Apalagi banyak pebisnis online yang bahkan tidak mempunyai ruko bisa berjualan diinternet. Mereka hanya bermodalkan rumah yang mereka tempati sebagai markas berjualan (toko).

Perkembangan internet yang semakin luas dan bisa menjangkau hampir seluruh wilayah baik In Inilah 6 Cara Memasarkan Produk Lewat Online Paling Mudah

Cara gampang memasarkan produk lewat online

1. Menetapkan produk

Pada dasarnya jualan diinternet diperuntukkan bagi mereka yang mempunyai produk sendiri. Jika ternyata anda sudah mempunyai produk sendiri maka anda tidak perlu mencari produk lain untuk dijual diinternet. Fokus saja pada produk yang anda miliki. Lebih baik lagi kalau anda bisa menciptakan produk yang anda jual lebih menarik. Hal menarik ini bisa mencakup produknya unik (jarang ditemukan), pengemasannya rapi dan sederhana.

Namun kalau anda tidak mempunyai produk sendiri maka anda bisa menjadi reseller produk orang lain. Tidak perlu capek-capek harus produk jenis apa. Jika tetangga anda telah mempunyai produk dan ternyata ia tidak bermain online anda bisa memasarkan produk mereka atas nama anda sendiri.

2. Membuat website toko online atau blog

Berbicara menciptakan website toko online atau blog mungkin menjadi problem pertama anda. Meskipun begitu bukan berarti tidak ada solusinya. Jika anda mempunyai dana lebih anda bisa menyewa jasa pembuatan website untuk menciptakan website toko online anda yang berbasis WordPress.org. Namun kalau dana anda terbatas menciptakan website toko online berbasis Blogspot (Blogger.com) juga sudah baik.

Pada dasarnya website terbagi menjadi 3 yaitu landing page, toko online, dan blogging. Website landing page ini biasanya diterapkan untuk menjual satu produk saja menyerupai situs Gramcaster, dll. Landing page cenderung menggunakan teknik sales letter sehingga copywriting -nya sedikit susah sebab deskripsi produknya panjang lebar. Sedangkan website toko online dan bloggging terkadang dijadikan satu. Misalkan pada dasarnya jualan produk sekaligus ada artikelnya. Atau pada dasarnya menulis artikel sekaligus jualan produk. Adapun bagi anda sebaiknya memadukan website toko online dan blogging lebih dulu.

Ketika anda telah mempunyai sebuah website maka isi konten blog tersebut dengan postingan artikel perihal produk anda. Jika anda berjualan obat-obatan maka anda bisa memposting artikel yang berafiliasi dengan kesehatan. Buat sebanyak mungkin yang anda bisa lakukan. Jika menemui jalan buntu anda bisa menyewa jasa penulis artikel untuk mengisi konten website anda.

Posting juga produk-produk yang anda jual pada website tersebut dengan gambar / foto yang jelas. Berilah keterangan (deskripsi) produk secara jelas. Sertakan juga nomor kontak yang bisa dihubungi, cara pembayaran dan cara pengirimannya (kirim sendiri atau melalui jasa pengiriman menyerupai JNE, J&T, WAHANA, POS INDONESIA, dan lain-lain).

Untuk menambah kepercayaan calon pembeli terhadap website, anda bisa mencantumkan alamat rumah pada website toko online anda.

3. Promosikan toko online melalui media sosial

Bagaimanapun juga sesudah anda telah mempunyai toko online bukan berarti produk anda akan cepat laku. Untuk itu anda harus mempromosikan toko online anda biar lebih terkenal. Sebaiknya anda mempunyai fanspage Facebook, akun Instagram, Google+, Twitter, Linkedin dan lain-lain. Minimal anda mempunyai akun Facebook dan Instagram.

Setelah itu posting secara rutin kegiatan-kegiatan yang berkaitan perihal produk anda. Sertakan foto atau gambar biar lebih menarik. Adapun untuk posting di Instagram sangat disarankan menambahkan hastag minimal 7 yang berkaitan perihal kata kunci produk anda. Dengan begitu postingan yang anda buat mempunyai kata kunci dipencarian Instagram.

Agar promosi melalui media umum ini berjalan efektif maka anda harus mempunyai banyak follower. Bagaimana caranya? Anda bisa lakukan secara manual (satu persatu) atau dengan Gramcaster (tool untuk mencari follower sampai 1000 orang perhari). Lihat harganya di sini!

4. Promosikan produk melalui Marketplace

Keberadaan banyak sekali situs marketplace besar menyerupai Lazada, Tokopedia, Bibli, Shopee, Bukalapak dan lain-lain sedikit banyak membawa angin segar bagi pelaku industri UMKM. Ini dibuktikan dengan banyaknya penjual online di situs-situs tersebut merupakan pebisnis UMKM.

Jadi, promosikan juga produk jualan anda pada situs marketplace di atas. Memang bukan jaminan bahwa jualan anda akan laris keras dipasaran. Namun begitu paling tidak hal tersebut bisa meningkatkan merk produk anda kepada masyarakat.

5. Promosikan melalui lembaga jual beli

Salah satu penunjang memperkenalkan situs toko online anda lewat internet yakni promosi di lembaga jual beli. Ada banyak sekali lembaga jual beli yang bisa anda ikuti menyerupai Kaskus,  OLX dan lain-lain. Dengan memasarkan produk pada media tersebut menambah kesempatan anda meraih laba yang lebih besar.

Karena itu sering-seringlah aktif dalam lembaga tersebut. Nyatakan bahwa anda seorang penjual online yang bisa berinteraksi baik di dalam forum. Bangun merk produk anda melalui diskusi yang bermanfaat. Selain itu sertakan pula link menuju website toko online yang anda miliki. Namun begitu sebaiknya anda memperhatikan peraturan dalam lembaga tersebut sebab peraturan sebagian lembaga jual beli berbeda-beda.

6. Memberikan fasilitas kepada calon pembeli

Menjadi penjual online berarti anda harus punya persiapan yang matang. Persiapan tersebut mencakup pelayanan yang baik dan santun. Menjawab keingintahuan calon pembeli dengan ramah dan penuh kejujuran. Memberikan produk yang benar-benar sesuai dengan gambar yang anda tampilkan di toko online.

Di samping itu mempermudah calon pembeli melaksanakan pembayaran. Cara pembayaran memang ada bemacam-macam menyerupai melalui Paypal, tetapi paling tidak anda bisa mendapatkan cara pembayaran melalui bank transfer atau internet banking. Sediakan juga banyak sekali pilihan bank untuk mendapatkan pembayaran menyerupai BRI, BNI, BCA, Mandiri dan lain-lain. Ini penting untuk mengantisipasi terjadinya kegagalan pembayaran sebab error dari pihak bank.

Lebih jauh lagi buat banyak sekali pilihan jasa pengiriman barang. Saat ini ada bermacam-macam jasa ongkos kirim menyerupai JNE, J&T, WAHANA, POS Indoensia, dan lain sebagainya. Jadi, dengan banyaknya jasa ongkir yang tersedia memungkinkan produk anda bisa dikirim ke banyak sekali wilayah termasuk pelosok.

Kesimpulannya, memang tidak ada jaminan bahwa dikala anda memasarkan produk lewat online maka produk tersebut akan laris keras. Meskipun begitu paling tidak dengan menerapkan banyak sekali cara di atas ada kemungkinan besar produk anda bisa dikenal oleh banyak orang. Apalagi kalau produk anda unik dan bermanfaat bagi mereka niscaya impian mereka untuk membeli produk anda bisa terjadi. Jadi, milikilah sifat dan abjad pengusaha yang baik sehingga anda tidak gampang mengalah untuk meraih kesuksesan.

Baca juga: Tips Jitu Mengatasi Rasa Takut Ketika Memulai Berbisnis