Inilah 10 Manfaat Penting Menulis Artikel Di Blog | Anda Sudah Tahu?

Diposting pada 19 views

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa menulis merupakan aktifitas yang paling terkenal dikala ini. Terlebih lagi bagi anda yang ingin terjun dalam dunia blogging maka suatu keharusan untuk menulis artikel yang lebih banyak.

Masalahnya cara pandang orang terhadap menulis bisa dikatakan berbeda-beda. Sebagian orang menganggap menulis hal yang gampang dan menyenangkan. Makanya tidak heran jikalau mereka sanggup menulis artikel singkat (400-500 kata) hanya dalam hitungan menit. Apalagi jikalau mereka telah meluangkan waktu untuk menulis hingga beberapa jam maka segala ide kreatif, pengalaman, dan pengetahuan yang mereka miliki sanggup menjelma goresan pena yang sangat bermanfaat.

Namun ada juga yang menganggap bahwa menulis yakni aktifitas yang sulit dan membosankan. Bagaimana tidak segala materi atau materi untuk menulis yang telah ada tidak bisa mereka konversikan menjadi sebuah tulisan. Hal ini sanggup terjadi lantaran mereka merasa kesulitan menyusun dan merangkai kata-kata menjadi kalimat yang baik. Makanya tidak heran jikalau mereka ini butuh beberapa jam untuk menuntaskan sebuah artikel singkat.

Terlepas dari kondisi anda kini bergotong-royong tidak ada salahnya jikalau anda terus melangkah maju mengasah keterampilan menulis. Jangan sibukkan diri anda dengan anggapan orang yang belum tentu benar. Manfaat menulis sangat banyak sehingga jangan takut dengan komentar orang perihal goresan pena anda diblog.

Tak bisa dipungkiri lagi bahwa menulis merupakan aktifitas yang paling terkenal dikala ini Inilah 10 Manfaat Penting Menulis Artikel di Blog | Anda Sudah Tahu?

Manfaat menulis artikel di blog

1. Media berlatih menulis

Terus terang saja tidak semua orang mempunyai kemampuan yang baik dalam menulis. Untuk itu sebagian orang lari ke tempat-tempat kursus menulis sehingga memperoleh pengetahuan kepenulisan yang memadai. Sehingga dalam beberapa bulan atau tahun sudah bisa menerbitkan buku-buku yang berkhasiat bagi masyarakat.

Masalahnya tidak semua orang mau mengeluarkan biaya untuk latihan kursus menulis. Jalan tengahnya mereka membuat blog dan berlatih menulis untuk mengisi konten di dalamnya. Jadi, bisa dikatakan bahwa menulis diblog yakni media berlatih menulis yang baik bagi anda. Bukan tanpa alasannya yakni saya menyampaikan hal itu lantaran goresan pena diblog seringkali mendapat respon berupa komentar dari para pembaca. Sehingga tidak heran jikalau terdapat kritik dan saran dari pembaca mengenai goresan pena atau materi materinya.

2. Media curhat

Merespon problem eksklusif terkadang tidak akan selesai dengan marah-marah atau murung dikamar selama beberapa hari, dalam hal ini anda membutuhkan pertolongan saran dari keluarga atau sahabat terdekat.

Masalahnya tidak jarang saran yang mereka berikan hanya berbuah kekecewaan lantaran tidak menawarkan solusi yang tepat. Untuk menghindari hal-hal yang jelek maka ambil langkah cerdas dengan menulis diblog. Mungkin tidak banyak yang bisa anda tuliskan dimedia tersebut lantaran beberapa alasan pribadi. Namun dengan memanfaatkan menulis anda bisa membebaskan pikiran anda dari ketakutan dan kekhawatiran yang berlebihan.

Jika sehabis itu anda mendapat komentar dari pembaca yang mengerti problem maka bisa dipastikan saran yang mereka berikan sanggup menenangkan hati anda. Di samping itu anda tidak akan merasa kesepian dikarenakan telah ada orang lain yang mengalaminya juga.

3. Menyampaikan ide, gagasan dan kritik

Kenyataannya setiap orang mempunyai ide, gagasan dan kritik dalam bidang tertentu ibarat politik, lingkungan, mental pemimpin, pemerintahan dan lain-lain. Namun begitu sangat sulit untuk memberikan ide, gagasan atau kritik kepada mereka. Apalagi jikalau anda tidak mempunyai kedudukan yang tinggi dimasyarakat maka bisa jadi pengetahuan anda tidak akan pernah hingga pada mereka.

Berbeda halnya jikalau anda memanfaatkan media menulis diblog. Ketika goresan pena anda tersebar dan diketahui oleh banyak orang maka akan ada bermacam-macam respon yang muncul. Terlepas dari apa yang anda sampaikan kepada mereka tetap saja bisa terjadi pro dan kontra. Meskipun begitu menulis menawarkan citra bahwa telah terjadi kecerdasan publik dengan metode tersebut. Oleh lantaran itu jangan takut menulis apapun diblog anda perihal semua problem yang anda tertarik membahasnya. Asalkan anda mematuhi undang-undang yang berlaku maka semua bisa berjalan lancar.

4. Media pembelajaran

Adakalanya seorang guru atau dosen tidak bisa menawarkan pembelajaran kepada para murid atau mahasiswanya lantaran keterbatasan waktu disekolah atau dikampus. Meskipun begitu begitu tentu saja tetap berharap anak didiknya menjadi pelajar atau mahasiswa yang cerdas dan berpendidikan.

Dalam kasus ibarat ini maka menulis diblog bisa menjadi titik temu antara guru dan pelajar. Dengan menawarkan segala informasi atau ilmu pengetahuan yang dikuasai seorang guru bisa merekomendasikan blognya biar dibaca oleh para pelajar. Meskipun berbeda dalam metode pembelajaran, tetapi sebagian pelajar terkadang bisa memahami materi pelajaran lebih gampang lantaran bisa mengulang-ulangnya sesuai kehendaknya. Jadi, bagi anda yang berprofesi sebagai guru tidak anda salahnya anda memnfaatkan menulis diblog sebagai alternatif mencerdaskan bangsa.

5. Media informasi

Meskipun telah ada media cetak dan elektronik yang menyediakan bermacam-macam berita. Namun tetap saja masih terselip pengetahuan penting yang mereka tingglkan. Ingat, informasi tidak hanya gosip perihal insiden hari ini atau yang sedang populer. Jadi, jangan heran jikalau anda ilmu pengetahuan khusus yang tidak bisa anda dapatkan dari mereka.

Untuk mengisi kekosongan informasi tersebut anda bisa memanfaatkan goresan pena melalui media blog atau website pribadi. Anda bisa menyebarkan informasi perihal cara merawat kulit yang benar, tips berguru psokologi, tips sukses berwirausaha dan lain-lain. Informasi ibarat ini menjadi penting bagi sebagian pengguna internet sehingga mereka mencari informasi yang paling lengkap untuk memuaskan keingin tahuan mereka. Oleh lantaran itu buatlah blog dan berikan informasi yang bermanfaat kepada para pembaca melalui tulisan.

6. Media memotivasi

Ditengah perkembangan zaman yang semakin maju seringkali diikuti dengan permasalahan hidup yang lebih kompleks dan menguras energi. Dalam keadaan begini tentu saja bukan hal yang gampang untuk membangkitkan motivasi hidup sukses. Apalagi banyak kasus yang menjadikan beberapa orang mengambil jalan pintas sehingga berujung keputusasaan akut.

Melihat kenyataan ini tidak ada salahnya anda menyebarkan goresan pena yang bisa meringankan beban pikiran mereka dengan menawarkan motivasi. Mungkin tidak serta merta mengatasi problem yang mereka hadapi. Namun dengan adanya kumpulan kata-kata motivasi anda telah berbuat kebaikan dengan mengarahkan pembaca untuk memandang kehidupan dari pengetahuan yang lebih luas dan bijaksana.

7. Media inspirasi

Menulis mengenai hobi atau ketertarikan anda terhadap bidang tertentu ternyata bisa membuat orang lain terinspirasi. Betapa banyak wangsit orang lain terbangun lantaran sebuah goresan pena sederhana. Bahkan lantaran goresan pena tersebut kreatifitas yang tadinya terbelenggu terasa telah menemukan kunci untuk keluar dengan bebas. Makanya tidak jarang sehabis itu mereka membuat penemuan gres yang lebih baik dan lebih maju.

Anda bisa menuliskan kisah sukses orang terkenal sebagai materi materi menulis. Tuliskan apa yang mereka capai, apa yang mereka temukan, ide apa yang mereka keluarkan sehingga bisa mengubah cara berpikir banyak orang dana lain sebagainya. Dengan cara ini anda bisa memotivasi diri anda sendiri dan orang lain biar memandang hidup sebagai tantangan yang harus ditaklukkan.

8. Media dakwah agama

Sebagai orang yang beragama tentu sudah seharusnya anda ikut menyebarkan ilmu agama. Dengan begitu orang yang sibuk dengan pekerjaan lebih gampang berguru agama sesuai dengan waktu luang mereka.

Masalahnya ketika anda mau menyebarkan ilmu agama terkadang terkendala kedudukan dimasyarakat sehingga sangat sulit membuat orang lain mengakui kebenaran yang anda sampaikan meskipun dengan dalil yang terang dan lengkap.

Berkaitan dengan hal ini manfaat menulis diblog akan mengurangi problem anda. Menulis ilmu agama diblog eksklusif berpeluang dibaca oleh banyak pengguna internet. Sehingga sanggup merambah banyak sekali kalangan masyarakat dengan kedudukan yang berbeda-beda. Inilah yang membuat menulis diblog mempunyai keunikan tersendiri.

9. Media perekam sejarah

Berbagai insiden penting yang telah terjadi beberapa ratus tahun di banyak sekali negara atau kota sanggup diketahui melalui goresan pena berupa buku atau prasasti. Bahkan lantaran buku atau prasasti orang kini bisa mengetahui insiden tersebut dengan lebih detail.

Jika anda menulis diblog mungkin anda bisa merekam sejarah eksklusif anda bersama keluarga, teman-teman atau orang tertentu. Dari sini anda bisa menceritakan pengalaman yang mungkin sulit anda lupakan baik itu didesa, dikota atau diperbukitan. Jadi, bisa dikatakan buku sejarah untuk diri anda.

10. Media menghasilkan uang

Kabar baik bagi anda yang mempunyai hobi menulis diblog. Meskipun menulis terkadang hanya menjadi perjuangan sampingan ternyata menulis diblog berpeluang menghasilkan uang yang cukup menggiurkan. Bagaimana tidak ketika blog anda telah ramai pengunjung maka banyak sekali kegiatan penghasil uang menunggu agresi anda untuk bergabung ibarat kegiatan periklanan.

Perlu anda tahu bahwa banyak penulis blog yang beralih profesi dari karyawan tetap menjadi fulltime blogger. Jelas potensi penghasilannya yang menjadi motivasinya terlebih lagi dalam blogging tidak ada batasan dalam hal penghasilan setiap bulan. Asalkan terus kerja keras dan kerja cerdas sasaran penghasilan puluhan juta setiap bulan bisa dicapai. Inilah yang menjadikan manfaat menulis diblog dihentikan diremehkan lagi.

Kesimpulannya, terlepas dari niat dan tujuan anda menulis seharusnya hal itu tidak menjadi masalah. Yang terpenting anda mengetahui manfaat menulis dengan baik sehingga anda bisa membuat goresan pena yang berkhasiat bagi orang lain.