Ini Ia 4 Ciri-Ciri Kopi Luwak Asli

Diposting pada 29 views

Kopi luwak sangat populer alasannya yakni aroma dan cita rasa yang khas. Proses pembuatannya yang terbilang unik dan tentu saja harganya yang mahal menciptakan kopi orisinil Indonesia ini semakin terkenal. Bahkan konon kopi luwak yakni salah satu kopi termahal di dunia.

Karena harganya yang begitu mahal tentu saja kita harus berhati-hati dalam menentukan dan membeli kopi luwak. Jangan alasannya yakni harganya relatif lebih murah dari kopi luwak yang lain kita tergiur dan tertipu kopi luwak palsu. Apalagi jika kita sudah bayar mahal untuk kopi luwak ternyata yang kita dapatkan palsu. Karena itu ayo kita cari tahu ciri-ciri kopi luwak orisinil sebelum membeli.

Ada banyak kopi luwak mentah yang dijual dipasaran. Baik dalam bentuk debu maupun biji kopi biasanya yang telah di roasted atau sangrai. Sebelum membeli kopi luwak, semoga tidak terjebak pemalsuan kita lihat ciri-cirinya dahulu. Yang niscaya tidak ada kopi luwak yang dikemas dalam bentuk sachet instan.

1. Aroma Kopi Luwak

Pertama sanggup kita bedakan dari aromanya. Baik dikala masih dalam bentuk debu maupun sudah diseduh aroma kopi luak cenderung kuat. Selain kuat, aroma kopi luak juga sanggup menyebar dengan radius yang lebih luas. Makara tanpa terlalu mendekatkan hidung ke debu kopi kita sudah mencium aromanya.

2. Warnanya

Jika kita ingin membeli yang masih dalam bentuk green bean kita sanggup membedakan dengan mengamati tampak fisik kopi tersebut. Green bean kopi luak orisinil berwarna hijau agak ke kuning-kuningan. Amatilah dengan teliti alasannya yakni mungkin saja penjual mencampurkan antara kopi luwak orisinil dengan kopi biasa. Green bean kopi biasa biasanya berwarna hijau tua.

3. Setelah diseduh

Ketika telah diseduh pun kita masih sanggup melihat ciri-ciri kopi luwak asli. Dari seduhannya saja kita sudah sanggup melihat apakah kopi luwak itu orisinil atau tidak. Cirinya yakni pada seduhan kopi luwak orisinil kita akan menemukan semacam krim putih di permukaannya meskipun kopi tersebut tidak kita campur dengan materi lain. Kira-kira krimnya terlihat ibarat krim pada esspresso meskipun jumlahnya jauh lebih sedikit.

4. Cita Rasa Yang Kuat

Ciri selanjutnya terdapat di rasanya. Kopi luak mempunyai rasa yang sangat kuat, jauh lebih besar lengan berkuasa dari kopi biasa. Sekitar 30 menit sesudah diminum sekalipun rasa dari kopi luak masih akan tertinggal di tenggorokan. Rasa yang besar lengan berkuasa ini menjadi ciri sekaligus daya tari dari kopi luwak. Hanya dengan kopi luwak orisinil kita akan mendapat rasa yang begitu besar lengan berkuasa semacam ini.

Nah itulah beberapa cara yang sanggup kita gunakan untuk mengidentifikasi kopi luwak yang asli. Tetapi satu yang pasti, tidak ada kopi luwak yang dijual dengan harga seribuan dalam kemasan sachet instan.

Biasanya kopi luwak orisinil mempunyai harga berkisar antara 100 hingga dengan 200 ribu tiap seratus gram. Harga yang tinggi ini tak lepas dari proses produksi yang membutuhkan waktu usang dan sulit.