Harga Samsung Galaxy On6 (2018) – Ponsel Murah Rasa Premium, Spek Mantap

Diposting pada 9 views

Galaxy J7 (2018) dan Galaxy J3 (2018) yang tampil premium, Samsung kembali merilis sebuah smartphone Android gres yang diberi nama Samsung Galaxy On6 di India. Kehadirannya memang tidak terduga, mengingat sebelumnya tidak ada pemberitaan terkait ponsel cerdas yang satu ini.

Fitur dan spesifikasi apa yang dibawa oleh Galaxy On6 milik perusahaan asal Korea Selatan ini? Secara garis besar, perangkat ini tidak mempunyai hal gres ataupun unik, namun Samsung On6 hadir dengan dibekali beberapa spesifikasi unggulan dikelasnya. Salah satu diantaranya membawa layar infinity dan mempunyai desain layaknya smartphone premium.


Selain mengusung panel “Infinity Display“, Samsung On6 juga dibekali fitur layar berupa tampilan penuh (fullview), yakni dengan aspek rasio 18.5:9 terbuat dari teknologi andalan sekaligus buatan Samsung sendiri, ialah Super AMOLED berukuran 5.6 inci beresolusi HD+ 1480 x 720 piksel. Jenis panel ini, selain bisa menampilkan visual kaya warna, juga bisa menghemat konsumsi daya baterai.

Jika diperhatikan, desain bodi On6 sangat ibarat dengan Galaxy J6, baik dari segi penempatan komponen-komponen ibarat kamera utama, fingerprint, LED flash, tombol volume, tombol power, kamera depan maupun sentuhan finishingnya. Selain itu, dimensi bodinya juga sama, ialah berukuran 149.3 x 70.2 x 8.2 mm dengan bobot 154 gram. Meski demikian, keduanya tetap mempunyai perbedaan kalau ditinjau dari beberapa aspek.

Lanjut ke bab platformnya. Dengan mengandalkan chipset Exynos 7870 Octa-core berkecepatan 1.6 GHz Cortex-A53 sebagai otak pemrosesannya dan RAM berkapasitas 4GB / 3GB, diyakini akan bisa mengoptimalkan kinerja dan performa OS Android Oreo 8.0 yang berjalan di dalamnya. Perpaduan ini, selain sanggup menjalankan banyak aplikasi secara bersamaan (multitasking), juga akan bisa melahap game-game berat full HD dengan performa terbaik serta minim lag.

Sementara untuk menangani tampilan grafisnya, Samsung mempercayakan pengolah grafis GPU Mali-T830 MP1 dan akan ditopang oleh baterai berkapasitas 3000 mAh. Nah mengenai baterainya ini, sayangnya masih belum didukung oleh fitur pengisian cepat (fastcharging), sehingga proses pengisian ulang daya akan terasa lebih lama.

Untuk kebutuhan penyimpanan, dalam hal ini Galaxy On6 hadir dalam dua varian. Dimana Storage 64GB dipadukan dengan RAM 4GB dan penyimpanan internal 32GB dipadukan RAM 32GB. Dua varian tersebut sudah tentu mempunyai harga yang berbeda, sehingga pengguna yang ingin memboyongnya, sanggup menyesuaikan isi kantong mereka. Jika pengguna merasa kapasitas tersebut masih kurang, terdapat sebuah slot khusus (dedicated) kartu memori untuk perluasan sampai 256GB.

Di sektor fotografi, kamera utama dibekali sensor tunggal beresolusi 13 megapiksel dan kamera depan 8 megapiksel. Keduanya mempunyai lensa bukaan yang sama, yakni aperture f/1.9 dan sama-sama dibekali fitur lampu kilatan LED yang berfungsi untuk menawarkan pencahaan pemanis ketika dipakai ditempat minim cahaya atau ditempat gelap sekalipun. Khusus kamera selfie, dibekali fitur pemanis lainnya, berupa selfie focus dan beauty mode.

Fitur pemanis lain yang turut disematkan, termasuk sistem keamanan Face Unlock dan Fingerprint yang letaknya dibagian punggung perangkat, dual SIM jenis nano support koneksi internet berbasis 4G LTE, WiFi (802.11 b/g/n, direct, hotspot), bluetooth (4.2, A2DP, LE), microUSB 2.0, Radio FM, positioning (GPS, A-GPS, BDS, GLONASS) sensor accelerometer, proximity dan fitur penting lainnya.

Harga Samsung Galaxy On6 dan Spesifikasi Detail

Di India, Samsung Galaxy On6 dibanderol dengan harga sekitar 180 EURO atau Rp 2,9 jutaan. Sayangnya, tidak diketahui secara pasti, apakah smartphone teranyar perusahaan Korea Selatan ini akan menyapa Indonesia ataukah tidak. Untuk itu kita tunggu saja kabar selanjutnya. Adapun spesifikasi lengkap Samsung On6, bisa kalian lihat pada tabel berikut ini.

UMUM
Harga Rp 2,9 jutaan (4GB RAM / 64GB ROM)
Status Rilis
Tahun Rilis Juli 2018
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
SIM Dual SIM (Jenis Nano)
Koneksi 4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE
DESAIN
Dimensi 149.3 x 70.2 x 8.2 mm
Berat 154 gram
Build Bodi plastik
Warna Hitam, Gold, Biru
LAYAR
Jenis Super AMOLED, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran 5.6 inci
Resolusi 1480 x 720 piksel (HD+)
Rasio 18.5:9 (fullview)
Kerapatan Piksel 294 ppi
Perlindungan
PLATFORM
OS Android Oreo 8.0
Chipset Exynos 7870
CPU Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53
GPU Mali-T830 MP1
RAM 4GB / 3GB
PENYIMPANAN
Internal 64GB / 32GB
Ekspansi Ya, microSD sampai 256GB (slot khusus)
KAMERA UTAMA
Resolusi 13 MP
Lensa f/1.9, 28mm
LED Flash Ya
Fitur Software Autofokus, Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, HDR, panorama
Video 1920 x 1080 Full HD @30fps
KAMERA DEPAN
Sensor 8 MP
Lensa f/1.9
LED Flash Ya
Video 1080p
KONEKTIVITAS
Wi-Fi 802.11 b/g/n, direct, hotspot
Bluetooth 4.2, A2DP, LE
USB microUSB 2.0
Radio Ya, FM
Penanda GPS, A-GPS, BDS, GLONASS
BATERAI
Kapasitas 3000 mAh
Jenis Non-removable Li-Ion
Waktu Bicara Hingga 21 jam (3G)
Memutar Musik Hingga 76 jam
FITUR
Keamanan Face unlock, fingerprint (belakang ponsel)
Sensor Accelerometer, proximity
Loudspeaker Ya
3.5mm jack Ya
Pemutar Musik MP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar Video MP4/H.264
Lainnya Browser HTML 5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Setelah memperhatikan tabel spesifikasi di atas, berikut ini kami akan coba urai perihal apa saja kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy On6 tersebut.

Kelebihan Samsung Galaxy On6 (2018)

  • Terdapat dua slot kartu SIM jenis nano yang sanggup diaktifkan secara bersamaan dan keduanya telah mendukung koneksi internet 4G LTE.
  • Mengusung layar jenis Super AMOLED yang diklaim bisa menghemat daya baterai.
  • Layar berukuran 5.6 inci dengan derma tampilan penuh (fullview) ialah beraspek rasio 18.5:9.
  • Telah berjalan pada sistem operasi Android Oreo yang merupakan versi terbaru ketika ini.
  • Diotaki oleh prosessor Exynos 7870 Octa-core 1.6 GHz Cortex-A53.
  • Mempunyai RAM 4GB atau 3GB.
  • Penyimpanan internal tidak mengecewakan besar, 64GB atau 32GB dan terdapat slot khusus kartu memori untuk perluasan sampai 256GB.
  • Kamera utama dan depan beresolusi cukup tinggi 13MP dan 8MP serta didukung fitur LED Flash.
  • Baterai berkapasitas 3000 mAh yang bisa bertahan selama seharian penuh dengan pemakaian normal.
  • Mengandalkan sistem keamanan demam isu masa kini, ialah Face Unlock dan sensor fingerprint.
  • Dibekali konektivitas berupa WiFi, Bluetooth, port microUSB, GPS dan Radio FM.

Kekurangan Samsung Galaxy On6 (2018)

  • Bodi yang hanya terbuat dari materi plastik.
  • Layar belum Full HD dan hanya beresolusi HD+ saja.
  • Tidak ada proteksi layar, sehingga pengguna perlu menambahkan pelindung pemanis ibarat anti gores eksternal.
  • Baterai masih belum didukung oleh pengisian cepat (fastcharging).

Menurut kalian, apakah harga yang ditawarkan oleh Samsung Galaxy On6 sudah sesuai dengan fitur, desain dan spesifikasinya? Berikan pendapat kalian pada kolom komentar yang telah kami siapkan. Terima kasih dan salam.