Harga Nokia 6.1 Plus (Nokia X6) Terbaru 2018 – Ram 4Gb, Storage 64Gb

Diposting pada 10 views

Harga Nokia 6.1 Plus (6.1+), Review Singkat dan Spesifikasi Detail – HMD Global, selaku pemegang linsensi resmi merk Nokia, baru-baru ini resmi meluncurkan smartphone Android teranyar mereka melalui sebuah program peluncuran yang dilangsungkan di India. Produk gres mereka tersebut diberi nama Nokia 6.1 Plus. Ponsel ini sesungguhnya merupakan Nokia X6 yang diluncurkan pada bulan Mei kemudian di China, namun sesudah masuk ke pasar global, namanya bermetamorfosis Nokia 6.1 Plus.

Kedua produk ini mempunyai desain dan spesifikasi sama persis, hanya saja Nokia 6.1 Plus hadir dalam 1 varian saja, yaitu RAM 4GB Storage 64GB. Sementara Nokia X6 muncul dengan tiga varian, diantaranya RAM 4GB + ROM 32GB, RAM 4GB + ROM 64GB dan RAM 6GB + Internal 64GB. Seperti apa spesifikasi Nokia 6.1 Plus? dan Berapa harganya? Temukan jawabannya disini.

Spesifikasi Nokia 6.1 Plus (Nokia X6)

UMUM
Brand Nokia
Model Nokia 6.1 a.k.a Nokia X6
Status Rilis
Tahun Rilis Juli 2018
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
SIM Hybrid Nano Dual SIM
Koneksi 4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE Kategori 4 150/50 Mbps
Bodi
Dimensi 147.2 x 71 x 8 mm
Berat 153 gram
Build Depan/belakang kaca, bingkai aluminium
Warna Hitam, Biru, Putih
LAYAR
Jenis IPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 Juta Warna
Ukuran 5.8 inci
Resolusi 1080 x 2280 piksel
Rasio 19:9 (Fullview), 85.1% screen-to-body
Kerapatan Piksel 432 ppi
Perlindungan Corning Gorilla Glass 3
PLATFORM
OS Android One (Oreo 8.1)
Chipset Qualcomm Snapdragon 636 (SDM636)
CPU Octa-core 1.8 GHz Kryo 260
GPU Qualcomm Adreno 509
RAM 4 GB
PENYIMPANAN
Internal 64 GB
Ekspansi Ya, microSD maksimal 400GB (Hybrid Slot SIM 2)
KAMERA UTAMA
Resolusi Dual sensor: 16MP + 5MP
Lensa f/2.0, 1.0µm, PDAF, giro-EIS + f/2.4, 1.12µm, depth sensor
LED Flash Ya, dual-LED dual-tone flash
Video 1920 x 1080 piksel (FHD) @30fps
Fitur Geotagging, sentuh fokus, deteksi wajah, panorama, HDR
KAMERA DEPAN
Resolusi 16MP
Lensa f/2.0, 1.0µm
LED Flash Tidak
Video 1920 x 1080 piksel @30fps (FHD)
KONEKTIVITAS
WiFi 802.11 a/b/g/n/ac, direct, hotspot
Bluetooth 5.0, A2DP, LE
USB 2.0 tipe-C 1.0, USB On-The-Go
Radio Tidak
Penanda GPS, A-GPS, GLONASS
BATERAI
Jenis Non-removable Li-Ion
Kapasitas 3060 mAh
Pengisian Cepat Ya, Quick Charge 3.0
FITUR
Keamanan Fingerprint (belakang ponsel)
Sensor Accelerometer, gyroscope, proximity, compass
Pemutar MP3 MP3/WAV/eAAC+/FLAC
Pemutar MP4 MP4/H.264
Lainnya Browser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi spesifikasi ataupun harga yant tertera pada halaman ini yaitu 100% benar. Selengkapnya.

Review Nokia 6.1 Plus (Nokia X6)

1. Desain Bodi Premium

Tidak hanya mempunyai bodi dengan balutan materi dasar beling dan rangka bodi berbahan dasar metal aluminium, desain yang dibawa oleh Nokia 6.1 Plus juga tampak sangat premium, layaknya smartphone flagship. Hal ini terlihat terperinci dari sentuhan finishing yang sangat tepat dengan lekukan di setiap sisi yang sangat halus.

Selain itu, penempatan komponen-komponen luarnya juga tampak sangat pas, dimana kamera utama ditempatkan di bab tengah punggung perangkat yang disusun secara vertikal, disusul LED flash dan sebuah sensor fingerprint tepat dibawahnya. Di bab depan, tampak terlihat sangat polos, yang ada hanya layar dan kamera yang ditempatkan di dalam takik / poni layar.

Lalu dimana tombol navigasinya? Navigasi berupa home, back dan recent sekarang ditempatkan didalam layar dan tidak dalam fisik menyerupai smartphone lawas yang pernah kita jumpai. Untuk ukuran bodi Nokia 6.1 Plus, berdimensi sedang 147.2 x 71 x 8 mm dengan bobot 151 gram saja dan terasa sangat pas berada dalam genggaman tangan. Tidak kebesaran dan tidak pula kekecilan.

2. Layar Luas Full HD+

Panel Nokia 6.1 Plus didesain mengikuti isu terkini masa kini, yaitu dengan Notch atau takik/poni di atas layar. Selain kekinian, panelnya juga menghadirkan fitur fullview (tampilan penuh) dengan aspek rasio 19:9. Bentangan diagonal dari sudut atas ke sudut bawah yaitu 5.8 inci dan mempunyai resolusi FHD+ 1080 x 2280 piksel.

Nokia 6.1 Plus akan sangat cocok dipakai untuk menikmati aneka macam jenis konten multimedia, menyerupai live streaming, menonton video, bermain game dan sebagainya, alasannya yaitu perpaduan teknologi yang disematkan di dalam layarnya tersebut bisa menampilkan visual super luas dan tentu saja memanjakan mata penggunanya.

Bukan hanya itu saja, pengguna tidak perlu lagi menambahkan perlindungan menyerupai tempered glass untuk melindungi layar dari ukiran benda tajam ataupun retak ketika terjadi benturan, alasannya yaitu HMD Global telah melapisi ponsel teranyar mereka ini dengan pelindung berkelas berupa Corning Gorilla Glass 3.

3. Performa Handal Super Gesit

Meski hanya tergolong sebagai smartphone kelas menengah, akan tetapi spesifikasi hardware yang dibawa oleh Nokia 6.1 Plus tergolong sangat mempuni, bahkan ia bisa menjalankan aneka macam jenis aplikasi berat Full HD, menyerupai game ataupun menjalankan banyak aplikasi sekaligus.

Dimulai dari yang mengotakinya, Nokia 6.1+ dibekali chipset buatan Qualcomm seri Snapdragon 636. Kecepatan yang bisa dihasilkan oleh CPU-nya ini ketika melaksanakan transmisi data, mencapai 1.8 GHz merata untuk semua 8 pada dasarnya (Octa-core) dan teknologi yang menaunginya berupa Kryo 260, yakni teknologi sama yang terdapat didalam chipset kelas premium, Qualcomm Snapdragon 835.

Tidak menyerupai Nokia X6 yang hadir dengan banyak varian RAM / Storage, Nokia 6.1 Plus justru hadir dalam satu varian saja, dimana RAMnya berkapasitas 4GB dipadukan penyimpanan internal 64 GB saja. Apabila kapasitas penyimpanan internalnya masih belum cukup untuk menyimpan data, masih terdapat slot untuk perluasan melalui kartu memori jenis microSD dengan kapasitas maksimal 400GB.

Namun sayangnya, slot tersebut masih mengembangkan kawasan dengan slot SIM 2. Artinya, kalau pengguna menentukan untuk menambahkan kartu memori, maka hanya bisa mengaktifkan satu SIM saja. Adapun sistem operasi yang berjalan di Nokia 6.1 plus yaitu Android One yang pada dasarnya merupakan Android Oreo 8.1 murni atau tanpa adanya campur tangan dari vendor smartphone.

4. Punya Kamera Ganda Beresolusi Tinggi

Salah satu keunggulan yang dibawa oleh Nokia 6.1 Plus sebagai senjata biar bisa bersaing pasar gadget, ada pada sektor fotografinya. Pada kamera utamanya, terdapat dua lensa sekaligus yang diposisikan secara vertikal. Lensa di bab atas / primer mempunyai resolusi 16 MP aperture f/2.0, 1.0µm, lengkap dengan fitur PDAF dan giro-EIS. Sementara untuk lensa bawah / sekunder beresolusi cukup mempuni 5 MP aperture f/2.4 dengan fitur depth sensor.

Kamera utamanya tersebut, selain mendapat pinjaman dari lampu kilatan LED (dual-LED dual-tone flash) juga membawa fitur berupa geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, panorama, HDR dan bisa menghasilkan rekaman video beresolusi FHD 1920 x 1080 piksel pada kecepatan @30fps. Sementara kamera depannya, hanya bersensor tunggal namun beresolusi tinggi, yakni 16 megapiksel. Resolusi sebesar ini, seharusnya sudah sangat mempuni untuk menghasilkan foto selfie kalian.

5. Baterai, Sensor dan Fitur Penting Lainnya

Menemani keseharian penggunanya, Nokia 6.1 Plus hadir dengan mengandalkan baterai berkapasitas tidak mengecewakan besar 3060 mAh yang terbuat dari teknologi Lithium Ion (Li-Ion) dan bersifat non-removable atau tidak bisa dilepas. Baterainya ini juga telah didukung oleh pengisian kilat Quick Charge 3.0. Teknologi gres ini diklaim mempunyai kecepatan hampir 3 kali lipat dibandingkan pengisian biasa untuk mengisi ulang daya mulai dari 0% sampai 100%.

Di sektor Sensor, selain terdapat sensor Fingerprint sebagai sistem keamanannya, juga disematkan sensor lain berupa accelerometer, gyroscope, proximity dan compass. Untuk konektivitasnya sendiri, terdapat WiFi 802.11 a/b/g/n/ac dengan dual-band dan mendukung WiFi Direct atau hotspot, bluetooth versi 5.0, USB 2.0 tipe-C 1.0 support USB On-The-Go (OTG), GPS, A-GPS, GLONASS dan beberapa fitur penting lainnya.

Spesifikasi Nokia 6.1 Plus (Nokia X6)


Harga perdana untuk mendapat Nokia 6.1 Plus relatif sangatlah terjangkau, yaitu sekitar Rp 4,5 juta saja. Harga yang ditawarkannya tersebut tergolong murah kalau dibandingkan dengan para pesaing dengan spesifikasi dan fitur yang sama, terlebih lagi spek yang dibawa oleh HP Android pendatang terbaru ini tidak mengecewakan cukup tinggi.

Bulan Harga Baru Harga Bekas
Oktober 2018 Rp 3.499.000
September 2018 Rp 3.499.000

Harga Nokia 6.1 Plus yang terdapat di atas, kemungkinan besar sedikit berbeda dari toko-toko yang ada di kota kalian, namun tidak akan jauh berbeda.

Kelebihan Nokia 6.1 Plus (Nokia X6)

  • Telah mendukung koneksi internet berbasis 4G LTE dengan kecepatan 150 Mbps untuk download dan 50 Mbps untuk upload.
  • Desain bodi kekinian, rangka bodi terbuat dari metal aluminium, material beling dibagian depan dan belakang perangkat.
  • Panel berukuran 5.8 inci resolusi FHD+ 1080 x 2280 piksel tampilan penuh dengan aspek rasio 19:9.
  • Diproteksi oleh protector Corning Gorilla Glass 3 sehingga layarnya tidak akan gampang tergores ataupun retak.
  • Berjalan pada sistem operasi Android One (murni tanpa ada campur tangan vendor smartphone) yang pada dasarnya merupakan Android Oreo 8.1.
  • Diotaki oleh prosessor bertenaga Qualcomm Snapdragon 636 Octa-core berkecepatan 1.8 GHz.
  • Mengandalkan pengolah grafis (GPU) Adreno 509 yang dinilai bisa memperlihatkan visual lebih nyata, halus, detail dan lebih kaya warna.
  • RAM berkapasitas jumbo 4GB dipadukan penyimpanan internal 64GB dan terdapat slot untuk perluasan penyimpanan melalui microSD sampai 400GB.
  • Kamera utama dengan lensa ganda, beresolusi 16MP + 5MP didukung oleh Giro-EIS, Phase detection autofocus, LED flash.
  • Kamera selfie mempuni beresolusi tinggi 16MP.
  • Baterai berkapasitas tidak mengecewakan besar 3060 mAh dengan pinjaman pengisian cepat Quick Charge 3.0.
  • Sistem keamanan berupa sensor Fingerprint di bab belakang ponsel dengan posisi yang lebih gampang dijangkau.

Kekurangan Nokia 6.1 Plus (Nokia X6)

Secara keseluruhan, kalau diperhatikan Nokia 6.1 Plus hanya mempunyai kekurangan pada slot perluasan penyimpanan, dimana slot ini menyatau (hybrid) dengan slot SIM 2. Makara ketika pengguna lebih menentukan untuk menambahkan kartu memori, maka hanya bisa mengaktifkan satu SIM saja.