Harga Asus Zenfone Live (L1) Terbaru 2018 Dan Spesifikasi Lengkap

Diposting pada 19 views

Androlite.com – ASUS kembali meluncurkan smartphone entry-level gres untuk pasar Indonesia. Ponsel gres tersebut yaitu Zenfone Live L1 (ZA550KL). Ini merupakan smartphone entry-level pertama Asus yang hadir dengan mengusung sistem operasi Android Oreo Edisi Go dengan antarmuka ZenUI versi 5.0.

Perangkat ini hadir untuk meramaikan persaingan pasar gadget kelas bawah dengan mengusung beberapa fitur dan spesifikasi unggulan dikelasnya. Salah satu diataranya yaitu OS yang mengoperasikannya, mempunyai prosessor bertenaga Qualcomm Snapdragon, layar tampilan fullview (aspek rasio 18:9), kamera utama beresolusi tinggi dengan tunjangan PDAF, internal storage berkapasitas tidak mengecewakan besar dan beberapa keunggulan lainnya.

Spesifikasi Asus ZenFone Live (L1)

UMUM
Brand Asus
Model ZenFone Live L1 ZA550KL
Status Rilis, tersedia di Indonesia
Tahun Rilis Mei 2018
JARINGAN
Teknologi GSM / HSPA / LTE
SIM Nano Dual SIM (Dual standby)
Koneksi 4G / 3G / 2G / GPRS / Edge
Kecepatan HSPA 42.2/5.76 Mbps, LTE 150/50 Mbps
BODI
Dimensi 147.3 x 71.8 x 8.2 mm
Berat 140 gram
Material
Warna Pink, Hitam, Putih
LAYAR
Jenis IPS LCD, layar sentuh kapasitif 16 juta warna
Ukuran 5.5 inci
Resolusi HD+ 720 x 1440 piksel
Rasio 18:9 (fullview)
Kerapatan Piksel 293 ppi
Perlindungan N/A
PLATFORM
OS Android Oreo 8.1 Edisi Go (Asus ZenUI 5.0)
Chipset Qualcomm Snapdragon 425 (MSM8917)
CPU Quad-core 1.4 GHz Cortex-A53
GPU Adreno 308
RAM 1GB / 2GB
PENYIMPANAN
Internal 16GB / 32GB
Ekspansi Ya, microSD sampai 400GB (Hybrid Slot SIM 2)
KAMERA UTAMA
Sensor 13 MP
Lensa
LED Flash Ya
Fitur Phase detection autofocus, Geo-tagging, sentuh fokus, deteksi wajah, panorama
Video FHD 1920 x 1080 piksel @30fps
KAMERA DEPAN
Sensor 5 MP
Lensa f/2.4
LED Flash Ya
Video
KONEKTIVITAS
Wi-Fi 802.11, Direct, hotspot
Bluetooth 5.0
USB USB 2.0, Tipe-C 1.0
NFC Tidak
Radio FM radio
GPS A-GPS
BATERAI
Kapasitas 3000 mAh
Jenis Non-removable Li-Ion
Pengisian Cepat
FITUR
Keamanan Convenient Face Unlock
Sensor Accelerometer, compass, proximity
3.5mm jack Ya, dengan abolisi bising aktif dengan mikrofon khusus
Loudspeaker Ya
Pemutar Musik MP3/WAV/eAAC+
Pemutar Video MP4/H.264
Lainnya Browser HTML5
Photo/video editor
Document viewer
Disclaimer: Kami tidak menjamin bahwa informasi pada halaman ini 100% benar. Selengkapnya.

Review Asus Zenfone Live L1

1. Desain Bodi dan Layar Fullview

ZenFone Live (L1) mempunyai bentuk bodi sama ibarat smartphone pada umumnya dan cenderung terlihat biasa saja. Bodinya ini terbuat dari materi plastik dan tampak terlihat sangat polos. Pada punggung ponsel ini, hanya terdapat sebuah kamera dan LED flash yang letaknya di sudut kiri atas, disusul logo Asus di bab tengah. Sementara di bab depan juga tampak terlihat sangat polos. Hanya di bab atas layar saja bisa ditemukan beberapa komponen luar, termasuk kamera, speaker dan sensor proximity.

Didalam bodinya tersebut, terdapat sebuah layar berukuran sedang 5.5 inci beresolusi HD+ 720 x 1440 piksel. Jenis panel yang diusungnya, diadopsi dari teknologi IPS LCD layar sentuh kapasitif kedalaman 16 juta warna dan mempunyai kerapatan piksel per inci mencapai 293 ppi.

Meskipun berada pada kategori entry-level, Zenfone Live L1 mempunyai fitur layar yang kini ini sedang trend. Yaitu layar dengan fullview (tampilan penuh) dengan aspek rasio 18:9. Ini merupakan smartphone entry-level pertama yang mengusung panel tampilan penuh dan tentu saja menjadi salah satu kelebihan yang dimilikinya.

2. Kamera Utama Beresolusi Tinggi

Jika dibandingkan dengan kompetitor lainnya ibarat Samsung Galaxy J2 Pro dan Android Nokia 2 yang mengusung kamera utama beresolusi 8MP, namun beda halnya dengan Asus Zenfone Live L1. Dimana sensor kamera yang dimilikinya sedikit lebih besar, yaitu 15 megapiksel. Padahal ketiga ponsel cerdas tersebut, mempunyai banderol harga yang tidak jauh berbeda.

Adapun fitur yang mendukung kamera utamanya ini, berupa phase detection autofocus (PDAF) dan LED flash. Dengan adanya kedua fitur ini, foto yang dihasilkan akan tampak sangat faktual dan terlihat lebih jelas ketika pengguna mengambilnya ditempat yang minim cahaya. Sementara untuk rekaman video yang bisa dihasilkan, yakni FHD 1920 x 1080 piksel @30fps.

Namun sayangnya, kamera depan yang dimilikinya hanya beresolusi 5 MP saja. Memang masuk akal sih, alasannya sensor sebesar ini sudah sangat memadai untuk kategori smartphone entry-level. Didalam kamera depannya ini, juga disertakan fitur Face Unlock, ibarat dengan sistem keamanan yang dimiliki oleh Apple iPhone X. Fitur ini berfungsi untuk membuka kunci layar HP dan sebagai pengganti sensor fingerprint (pindai sidik jari) yang tidak ada pada perangkat ini.

3. OS Android Go, CPU Bertenaga Snapdragon

Hadirnya Asus ZenFone Live (L1) yang mengandalkan perangkat lunak Android Edisi Go, diyakini mempunyai performa cepat dan responsive. Bagaimana tidak, Android Go ini, yang intinya merupakan Android Oreo 8.1, merupakan jenis OS yang mempunyai ukuran file sangat rendah, atau dengan kata lain “Lite / Hybrid“. Aplikasi-aplikasi yang ada didalamnya juga mempunyai ukuran yang kecil, sehingga ketika dijalankan, tidak akan terlalu membutuhkan banyak kapasitas hardware.

Agar kinerjanya lebih maksimal, Asus membekali perangkat terbaru mereka ini dengan RAM berkapasitas 1GB atau 2GB dan CPU bertenaga Qualcomm Snapdragon 425. CPU-nya ini mempunyai 4 inti atau Quad-core dan berkecepatan sampai 1.4 GHz Cortex-A53. Dengan perpaduan antara hardware utama dan perangkat lunaknya tersebut, Asus ZenFone Live (L1) diklaim bisa menghadirkan performa luar biasa, cepat dan responsive.

Selain itu, untuk sanggup menampilkan visual yang jernih, detail dan halus, Asus mempercayakan GPU Adreno 308 sebagai pengolah grafisnya. Sementara untuk kebutuhan penyimpanan, meskipun hanya berkapasitas 16GB saja, akan tetapi disediakan pula slot untuk perluasan melalui slot SD Card sampai kapasitas 2TB.

Tapi untuk kini ini, sangat tidak mungkin bagi pengguna untuk melaksanakan ekspasi storage sampai 2TB, alasannya selain mempunyai banderol harga yang sangat mahal, smartphone sekelas ini tidak akan bisa menampung kapasitas sebesar itu. Yang ada hanya membebani kinerjanya.

4. Baterai Berkapasitas Jumbo dan Konektivitas

Untuk menopang acara seharian penggunanya, Asus menanamkan baterai berkapasitas 3000 mAh kedalam ZenFone Live (L1). Walaupun terasa rendah, tetapi untuk kategori ponsel level bawah, sudah terasa cukup tidak mengecewakan besar.

Adapun fitur lain yang disematkan didalamnya, termasuk tunjangan Dual-SIM jenis Nano dan sudah mendukung internet berbasis 4G LTE dengan kecepatan yang sanggup ditembus mencapai 150 Mbps untuk download dan upload 50 Mbps. Pengguna juga disuguhkan dengan banyak sekali kebutuhan konektivitas, diantaranya WLAN (WiFi, WiFi Direct, hotspot), bluetooth v5.0, GPS, radio FM dan microUSB 2.0.

Harga Asus ZenFone Live (L1)

Saat meluncur pertama kali di Indonesia, Asus Zenfone Live L1 dijual dengan banderol harga perdana sekitar Rp 1,7 jutaan untuk model RAM 2GB RAM dan dipadukan dengan penyimpanan internal 16GB. Namun ketika ini, Zenfone Live kini telah mengalami beberapa kali penurunan harga jikalau dibandingkan dengan harga awalnya dan mengenai hal ini, kalian bisa melihatnya pada daftar berikut.

Bulan Harga Baru Harga Bekas
Oktober 2018 Rp 1.699.000
September 2018 Rp 1.750.000
Agustus 2018 Rp 1.750.000

Disclaimer : Harga Terbaru Zenfone Live L1 di atas kami rangkum dari banyak sekali situs jual beli online ternama yang ada di Indonesia dan kemungkinan besar akan sedikit berbeda dengan harga yang ada di daerah kalian, tetapi tidak akan jauh beda.