Emil Mulyadi, Kiper Keturunan Indonesia Yang Bermain Di Timnas Italia & Juventus

Diposting pada 20 views

You’ll Never Walk Alone – Setelah Radja Naiggolan, pemain kerturunan Indonesia yang bermain di Serie-A. Kini ada satu nama lagi, yaitu Emil Mulyadi. Dia ialah kiper ingusan tim raksasa Italia Juventus juga di Timnas Italia U-15.

Seperti dikutip dari KOMPAS.com, sangat disayangkan sekali pemain-pemain yang berbakat harus menentukan negara lain, apakah pemerintah sudah tahu akan kabar ini atau mungkin masih terlalu sibuk mengurus PSSI yang sedang kacau. 

Mungkin ini ialah satu-satunya pemain keturunan Indonesia yang sanggup bermain di klub besar kelak tidak menyerupai Irfan Bachdim dan Jefrri Kurniawan yang hanya bermain di klub medioker Jerman atau mungkin Arthur Irawan yang bermaIn di klub Espanyol.

Mulyadi, Putra NTB yang sekarang memperkuat tim juara Liga Italia Juventus, menyatakan bahwa dirinya lebih menentukan memperkuat tim nasional Italia ketimbang Indonesia. Sebab, Emil mengaku hanya mempunyai passpor Italia. Sekalipun lahir dan pernah tinggal di Mataram, Emil belum berstatuskan WNI.

“Benar saya lahir di Indonesia, akan tetapi saya tidak mempunyai paspor Indonesia.” ujar Emil dalam sebuah wawancara yang dikutip dari laman Indonesiatalent.net.

Keputusan Emil memperkuat tim nasional Italia terbukti tepat. Pasalnya, Emil sekarang menyandang predikat kiper utama di tim Azzurri U-17. Dia pun menerima penghargaan sebagai Pemain muda era depan Italia terbaik pada tahun 2012.

Selain di Italia, Emil juga menjadi pilihan nomor satu di tim Juventus U-17. Namanya bahkan dipercaya sebagai kapten Juventus muda. Emil mengaku menerima banyak pelajaran berharga bersama tim muda Si Nyonya Tua. Berbeda dengan klubnya terdahulu, di Juventus Emil dididik untuk menjadi calon bintang sepak bola di era mendatang.