Contoh Pidato Singkat Terbaru

Diposting pada 20 views

Contoh Pidato – Pidato merupakan acara berbicara di depan umum atau orang banyak. Biasanya, orang melaksanakan pidato singkat disaat memperingati hari penting maupun acara umum masyarakat, contohnya pidato pendidikan yang disampaikan oleh kepala sekolah, dan naskah pidato yang disampaikan oleh Menteri Lingkungan Hidup mengenai permasalahan lingkungan di Indonesia.

Salah satu orang yang dikenal dengan gaya pidato yang khas dan berkharisma yaitu proklamator kemerdekaan RI, yakni Ir. Soekarno yang bisa menjadi ilham bagi kita untuk memberikan pidato secara terang dan gampang dipahami. Dibawah ini akan bagikan naskah contoh pidato yang baik dan benar dengan singkat. Kumpulan pola pidato berikut ini didapatkan dari aneka macam sumber rujukan yang semoga sanggup bermanfat bagi kita untuk menciptakan sebuah  pidato yang sesuai kaidah.

 Pidato merupakan acara berbicara di depan umum atau orang banyak Contoh Pidato Singkat Terbaru

Contoh Pidato


Selamat pagi, salam sejahtera bagi kita semua. 

Perbaikan kualitas bangsa harus ditempuh dan terutama melalui pendidikan. Pendidikan itu proses yang panjang, yang tak henti-hentinya untuk mencapai satu tujuan dan terbuka untuk mendapatkan ide-ide dan konsep-konsep baru. Itu makna pendidikan, sehingga suatu dikala hasil dari pendidikan itulah yang akan menumbuhkan budaya gres dengan insan yang cerdas. 

Selama manusianya cerdas maka ia memiliki kebijakan dan kebajikan dalam jiwanya. Barulah sehabis itu ia bisa menguasai sains dan teknologi. Budaya gres itulah yang menjadi kontra budaya yang kemudian masuk ke dalam tatanan menjadi masyarakat (budaya) alternatif yang akan dipilih oleh bangsa ini.

Semuanya melalui pendidikan yang tertata rapi: pendidikan yang bisa mencerdaskan, bisa menumbuhkan jiwa yang bajik dan bijak, dan menguasai sains dan teknologi. Itulah nanti yang akan mengubah bangsa Indonesia menjadi Indonesia baru.

Hal ini sepertinya akan menjadi ”momok” bagi pendidikan di Indonesia. Belum lagi problem kekurangan tenaga pendidik terselesaikan, masalah sarana pendidikan yang tidak memadai muncul, dan menyusul problem mahalnya biaya pendidikan. 

Kita masih merasa sebagai bangsa yang tertinggal dalam aneka macam hal dibandingkan dengan bangsa lain. Oleh alasannya itu satu-satunya jalan untuk mencerdaskan bangsa yaitu dengan meningkatkan pendidikan demi untuk mengakibatkan bangsa yang cerdas melalui sistem pendidikan nasional yang menyeluruh dan terencana. 

Namun untuk menuju ke arah itu, jalan yang ditempuh sangat panjang dan berliku alasannya problem pendidikan sangat terkait dengan faktor lain, termasuk masalah ekonomi, keamanan dan masalah sosial lainnya. Para guru pun diperlukan mulai mengubah cara mencar ilmu kepada siswa. Para guru pun dihentikan lagi menunjukkan tekanan kepada siswa menyerupai pelajaran menghafal dan menunjukkan soal pilihan ganda (multiple choice) alasannya bisa berdampak pada pembentukan kepribadian. 

Peran pendidikan, sebagai sarana pemberdayaan, harus secara sadar menyiapkan penerima didik dalam kehidupan masyarakat baik sebagai individu maupun anggota masyarakat. Pemberdayaan hanya memiliki makna bila proses pemberdayaan menjadi cuilan dan fungsi dari kebudayaan. 

Oleh alasannya itu, pendidikan harus menumbuhkan jiwa independensi, menggerakkan pernyataan diri dan para pendidik mengajar siswa untuk hidup dalam harmoni dengan menghargai adanya perbedaan. 

Ke depannya, sistem pendidikan harus berubah dari instruksional menjadi motivasional berprestasi, berkreasi, dan berbudi pekerti. 

Wassalamu Alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh


Contoh Pidato Singkat

Diatas yaitu pola dari naskah pidato yang bisa kita manfaatkan untuk menciptakan sebuah isi naskah pidato yang baik. Selain itu, kita juga harus akil dalam mengemukakan pidato di muka umum. Janga lupa, sebelum berpidato alangkah baiknya mempersiapkan mental terlebih dahulu biar disaat maju ke depan tidak gugup, serta yang tak kalah penting yaitu berdoa. Demikianlah gosip mengenai Contoh Naskah Pidato singkat diatas yang bisa kami sampaikan. Semoga bermanfat.