Contoh Laporan Dan Cara Menciptakan Laporan Lengkap

Diposting pada 21 views

Contoh Laporan – Membuat laporan kerap kali dilakukan dalam mengerjakan kiprah laporan prakerin atau laporan aktivitas yang ditugaskan oleh guru di sekolah. Bagi Anda yang sedang mencari pola laporan yang baik dan benar lanjutkanlah membaca artikel ini sampai akhir. Membuat laporan sanggup dibilang mudah, juga sulit. Karena memang laporan harus mempunyai format penulisan yang baik. Selain itu, isi yang gampang dipahami sudah menjadi keharusan semoga pembaca mengerti apa yang dimaksud dalam isi laporan tersebut, sehingga pembaca akan antusiasi membacanya.

Laporan yakni segala sesuatu, baik itu insiden atapun aktivitas yang dilaporkan dan sanggup berbentuk verbal ataupun tertulis berdasarkan fakta atau insiden yang terjadi. Laporan mempunyai banyak sekali jenis, ibarat laporan perjalanan, laporan penelitian, dan laporan perjalanan. Pada hakikatnya, laporan perjalanan yakni kisah perihal perjalanan yang kita lakukan. Laporan perjalanan termasuk laporan nonformal alasannya yakni tidak memakai sistematika standar laporan resmi. Berikut yakni beberapa pola cara menciptakan laporan dengan penulisan yang benar dan juga sesuai kaidah yang telah ditentukan.

 Membuat laporan kerap kali dilakukan dalam mengerjakan kiprah laporan prakerin atau lapora Contoh Laporan dan Cara Membuat Laporan Lengkap
Contoh Laporan
Sebuah laporan harus mempunyai format yang baik dan benar harus mengandung beberapa sifat ibarat berikut ini:
  1. Mengandung imaginasi
  2. Laporan harus tepat dan lengkap
  3. Laporan harus disajikan secara menarik
  4. Macam-Macam Laporan

Cara Membuat Laporan

Sistematika Laporan terdiri dari beberapa bagian, diantaranya :
  • Kata Pengantar
  • Daftar Isi
  • Daftar Tabel
  • Daftar Gambar
  • Daftar Lampiran
Bab I. Pendahuluan
A. Latar Belakang Penelitian/Pengamatan
(Mengapa kita mengamati insiden tersebut)
B. Tujuan Pengamatan
(Untuk apa kita mengamati insiden tersebut )
C. Kegunaan Pengamatan
(Apa manfaat atau kegunaan kita melaksanakan pengamatan, baik untuk kita sendiri maupun untuk orang lain)

Bab II. Isi Utama Laporan
(disini dibahas mengenai cara pengolahan (termasuk bahan-bahan untuk pembuatan manisan, alat-alat yang digunakan, berapa biaya yang dibutuhkan dll), hasil dari pengolahan, pemasaran, siapa yang membelinya dan lain-lain yang berdasarkan anda berafiliasi dengan pengolahan manisan rumput laut.

Bab III. Kesimpulan dan Saran

A. Kesimpulan
Yakni, ringkasan terhadap pengamatan yang telah dilakukan.
B. Saran
(ditujukan untuk pembuat manisan, dan untuk penulis laporan)
Daftar Pustaka (daftar sumber-sumber dari buku,majalah,koran dll)
Lampiran-Lampiran (catatan-catatan yang kita peroleh dari orang yang kita teliti ibarat daftar harga bahan-bahan pembuat manisan, dan lain-lain yang dikeluarkan oleh pembuat manisan)

Contoh Laporan

Berikut ini yakni beberapa pola yang sanggup Anda gunakan, silahkan klik salah satu nya:

  1. Laporan Kegiatan Pelatihan Umum
  2. Laporan Kegiatan Penelitian
  3. Laporan Kegiatan Program Guru
  4. Laporan PKL Prakerin

Berbicara mengenai laporan, bekerjsama tidak sulit untuk menciptakan nya. Kita hanya perlu memahami kaidah yang berlaku semoga hasil goresan pena kita terlihat professional dan rapih. Kumpulan pola laporan dan cara menciptakan nya diatas semoga sanggup membantu menuntaskan pekerjaan Anda maupun kiprah ataupun yang lainnya. Terima kasih telah membaca informasi Contoh & Cara Membuat Laporan. Semoga bermanfaat.