Ciri-Ciri Artikel Yang Menarik Dan Tidak Membosankan

Diposting pada 17 views
Sebagai seorang penulis sudah sewajarnya bila ciri-ciri artikel yang menarik dan tidak membosankan menjadi perhatian utama. Bukan untuk diri anda saja, tetapi untuk pembaca. Dengan begitu mereka sanggup menangkap semua inspirasi pokok dan keuntungannya secara sempurna.

Namun hal ini sulit terwujud alasannya sebagian orang sering mengabaikan hal-hal sepele yang penting. Melihat artikel dari sudut pandang anda tentu saja tidak mewakili kepuasan pembaca. Walaupun berdasarkan anda sudah baik dan bermanfaat, tetapi kenyataannya ciri-ciri artikel yang menarik dan tidak membosankan bukan itu saja.
 Sebagai seorang penulis sudah sewajarnya bila ciri Ciri-ciri Artikel yang Menarik Dan Tidak Membosankan

Oleh alasannya itu ada baiknya anda memahami dan mendalami artikel tersebut sebelum dipublikasikan. Dari sekian banyak hal yang mensugesti setidaknya ada 5 yang penting.

Artikel yang menarik?

1. Paragraf tidak terlalu panjang
Dilihat dari sudut pandang manapun saat membaca seseorang membutuhkan waktu jeda untuk istirahat dan mengatur nafas. Dalam hal ini paragraf menjadi tolak ukurnya.

Meskipun apa yang anda sajian sangat baik dan berkualitas, tetapi jangan biarkan pembaca anda kelelahan dan sulit menemukan inspirasi utamanya. Idealnya sebuah paragraf yakni 2-5 kalimat atau sekitar 5 baris. Jika lebih dari itu pembaca akan sulit untuk mengingat inspirasi pokok yang ada.

Mengapa demikian? Ya, sebagai pembaca paragraf yang panjang biasanya mengandung inspirasi pokok lebih dari satu sehingga saat membaca terhenti oleh suatu keadaan beliau harus membaca dari awal. Tentu saja ini menjadi keluhan yang sanggup menjadi kekecewaan.

2. Bahasa yang gampang dicerna
Meskipun anda mengetahui beberapa istilah terkenal yang abnormal anda dihentikan menggunakannya secara berlebihan. Seperti yang kita ketahui bahwa sebagian besar pembaca tidak mempunyai taraf pendidikan dan pengalaman yang sama.

Oleh alasannya itu menyajikan kepada mereka istilah yang abnormal akan menciptakan mereka sulit menangkap inspirasi pokoknya. Berharap mereka gaul menyerupai anda bukanlah pikiran yang bijaksana. Hendaknya anda menyerah sedikit dalam hal ini dan memakai bahasa yang sederhana yang biasa mereka dengan. Dengan begitu kesempatan mereka untuk membaca artikel anda selanjutnya menjadi besar.

3. Membawakan pengalaman, data atau fakta
Tak perlu dikatakan lebih jauh bahwa sebagian besar pembaca menyukai pengalaman unik dan menarik atau terdapat data atau fakta. Dengan cara itu mereka mengagumi siapa penulisnya.

Membawakan pengalaman yang anda alami terkadang menjadi sangat menarik bagi pembaca terutama kalau pengalaman pembaca hampir sama. Mereka terasa menemukan solusi yang lain untuk mengatasi masalahnya.

Begitu juga dengan data atau fakta. Pada dasarnya seseorang akan lebih yakin kalau ada data yang dikeluarkan atau fakta yang benar-benar terjadi. Membawakan 2 hal ini sanggup membantu pembaca anda yakin terhadap dapat dipercaya anda sebagai penulis.

4. Tidak bersifat menggurui
Sebagai penulis artikel yang baik jangan menganggap pembaca sebagai anak didik yang tidak tahu apa-apa. Boleh jadi mereka sudah mengetahuinya, tetapi hanya mencari sumber acuan yang berbeda.

Oleh alasannya itu usahakan gaya bahasa yang anda gunakan tidak terkesan menggurui. Namun menganggap pembaca sebagai teman yang harus dihormati. Jika menulis artikel yang baik untuk pembaca memang tidak semudah teorinya. Namun dengan kerja keras dan pengalaman ciri-ciri artikel yang menarik dan tidak membosankan bagi pembaca sanggup anda taklukkan. Semoga bermanfaat.