Cara Untuk Ekonomis Baterai Android Biar Lebih Tahan Lama

Diposting pada 25 views

Sebagai salah satu device smartphone yang paling banyak dipakai tentu saja device yang memakai sistem operasi android sering sekali mencicipi baterai yang cepat habis dan boros. Sehingga harus sering-sering charger smartphone android, jadi kau nggak sanggup jauh-jauh dari yang namanya sentra listrik dan juga dari charger HP. Hal ini masuk akal terjadi lantaran imbas dari baterai yang cepat habis sanggup jadi lantaran penggunaan yang terlalu sering dan tidak sesuai dengan porsinya sehingga baterai cepat sekali habis dan boros.

Dalam menghemat baterai android memang cukup dengan beberapa cara sederhana dan mudah, alasannya yaitu baterai dari gadget Android memang sudah populer tidak ekonomis baterai atau gampang sekali habis baterai (boros). Sehingga kau harus siap dengan kelemahan dari gadget Android ini, meski begitu bukan berarti kau tidak sanggup tetap menggunakannya untuk sehari-hari. Kali ini akan sedikit menawarkan cara untuk kau yang ingin menghemat baterai gadget Android supaya sanggup lebih tahan usang meski telah dipakai seharian.

Baca juga : Cara mendapat Pulsa Gratis Tahun 2018 Cepat dan Gampang

Baiklah kau sanggup mencoba cara dan tips yang akan kami berikan berikut ini, untuk cara-cara dalam melaksanakan penghematan baterai pada gadget Android:

Cara Untuk Hemat Baterai Android

Daftar isi :

1. Nonaktifkan fitur OK Google
Aplikasi Google memang sangat membantu untuk keseharian kau kemana-mana akan tetapi lantaran kita sering tidak sadar kalau dikala kita mematikan layar Android itu berarti gadget tidak benar-benar berhenti atau mati, melainkan gadget tetap hidup dengan tetap bekerja meski layar dimatikan.

Begitu juga dengan aplikasinya nah salah satu penyebab baterai cepat habis yaitu lantaran adanya aplikasi yang terus berjalan dibalik layar menyerupai ‘Ok Google‘ ini. maka alasannya yaitu itu sebaiknya kau mematikan fitur ini supaya baterai Android kau sanggup tahan lama.

Cara mematikan fitur “Ok Google”:
1. Buka google app.
2. Geser ke kiri dan pilih pengaturan.
3. Pilih voice (suara) > “Ok Google”.
4. Selalu matikan.

2. Gunakan wallpaper hitam
Alasan paling besar lengan berkuasa untuk wallpaper yang harus diganti hitam yaitu lantaran layar Android tentu saja akan menampilkan warna sesuai dengan apa yang menjadi wallpaper. Sehingga hal tersebut sanggup menciptakan layar hp terus bekerja dan akan menghasilkan warna wallpaper pada layar, nah lantaran layar itulah maka baterai akan cepat habis.

Namun hal ini sangat efektif jikalau diterapkan hanya pada layar Amoled. Jenis layar Andoid yang telah Amoled akan lebih sanggup membedakan warna sehingga apabila kita memasang wallpaper hitam maka layar akan mengurangi kecerahan dari cahaya yang dikeluarkan, sehingga sanggup lebih menghemat baterai.

Setting saja wallpaper Android menjadi hitam, cara setting wallpaper menjadi hitam:
1. Tekan layar beranda cukup lama.
2. Pilih wallpaper.
3. Pilih galeri.
4. Klik wallpaper hitam.
5. Simpan.

*Note : Cara ini hanya merubah wallpaper menjadi hitam full dan tidak ada setting khusus untu menghemat baterai, tapi ini juga termasuk dalam cara untuk ekonomis baterai biar lebih kekal digunakan.

3. Aktifkan Mode Penghemat Baterai
Inilah mode yang memang sangatlah mempunyai kegunaan banget untuk menghemat baterai gadget Android kamu, alasannya yaitu dengan mode ini semua aktifitas yang dirasa tidak penting akan dinonaktifkan. Sehingga gadget akan lebih sanggup dioptimalkan kinerjanya dikala sehari-hari. Kami pun selalu mengaktfikan mode ini apabila sedang memakai gadget, sehingga kami sanggup lebih taham usang untuk memakai Android diluar dan tidak erat dengan sumber listrik.

Cara mengaktifkan mode ekonomis baterai:
1. Masuk ke pengaturan > Power Management.
2. Power Saver.
3. Aktifkan smart saving.
4. Pilih Ultra-saving mode, optimized mode, atau customized mode.
5. Selesai,

4. Install Aplikasi Untuk Menghemat Baterai
Kami rasa ada banyak banyak sekali aplikasi yang memang dipakai untuk memaksimalkan kinerja dari baterai gadget, tetapi disini kami cukup merekomendasikan satu aplikasi yaitu “Greenify“.

Meskipun kami tahu kalau ada banyak aplikasi serupa akan tetapi untuk kinerja aplikasi ini lebih powerfull dan lebih gampang untuk digunakan.

Kinerja dari aplikasi Greenify yaitu tidak mematikan aplikasi tersebut akan tetapi hanya membuatnya menyerupai di freeze sementara, lantaran apabila aplikasi itu dibuka kembali maka otomatis tidak akan di freeze kembali.

5. Matikan GPS
Fitur yang dibawa gadget Android yang satu ini memang sangat membantu sekali yaitu sanggup melihat posisi dimana kita kini berada, namun lantaran aplikasi ini apabila diaktifkan terus maka tentu saja akan sanggup menguras baterai kita dengan cukup cepat lantaran GPS ini sangatlah over power.

Saran kami, aktifkan GPS ketika benar-benar membutuhkannya. Seperti ketika akan memakai Google Maps. Kami eksklusif lebih sering mematikan GPS daripada mengaktifkannya, lantaran apabila GPS di aktifkan terus menerus maka hal ini tentunya akan menciptakan baterai android tidak awet.

6. Atur waktu tidur layar aktif
Kita sanggup menghemat gadget Android hanya dengan mengatur waktu dari layar aktifnya, lantaran pada Android kita akan diberikan opsi untuk tetap mengaktifkan layar mulai dari 15 detik, 30 detik hingga ke tidak pernah mati (never). Kita niscaya tahu kalau Android hal yang membuatnya cepat boros baterai yaitu dari keceraahan layarnya sehingga mengatur waktu layar tetap aktif perlu dilakukan untuk sanggup menghemat baterai Android.

Cara mengatur waktu tidur layar:
1. Pergi ke pengaturan.
2. Tampilan.
3. Tidur.
4. Pilih waktu.
5. Taraaa!.

7. mengatur kecerahan layar android
Kita niscaya ketika mengatur kecerahan dari gadget akan menentukan untuk mengaturnya menjadi auto brightness kan! Padahal hal itu cukup keliru kalau kau hendak menghemat baterai kau lantaran dengan mode itu diaktifkan maka Android akan selalu berjalan untuk mengatur kecerahan sesuai keadaan kamu, sanggup ditengah terik sehingga layar akan ikut terperinci banget.

Karena auto brightness atau otomatis sanggup menguras baterai lebih cepar, maka lebih baik anda mengatur kecerahan layar secara manual dan menonaktifkan auto brightness pada gadget kau sekarang.

Baca juga : Tahun 2018 SMS Gratis lewat Internet Cepat Semua Operator

Untuk banyak sekali cara dalam menghemat baterai Android diatas sanggup kau terapkan untuk semua brand dan jenis ponsel Android menyerupai brand samsung, oppo, advan, xiaomi, huawei, dan lainnya jadi kau jangan membedakan gadget satu dengan lainnya mempunyai cara yang berbeda. Sehingga baterai Android sanggup lebih tahan usang untuk digunakan.