Cara Root Samsung Galaxy S7 Dan S7 Edge

Diposting pada 12 views

Cara Root Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge – Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge ialah ponsel dengan segudang fitur yang fantasis, modern dan mempunyai desain yang sangat kompleks serta glamor dengan memakai sistem operasi bawaan Android Marshmallow 6.0.1. Galaxy S7 dan S7 Edge mempunyai dua jenis chipset, yakni versi Exynos dan Snapdragon. Exynos dikembangkan oleh Samsung sendiri dan Snapdragon dikembangkan oleh Qualcomm. Walaupun ada beberapa perbedaan yang besar yang perlu kita ketahui, ialah kenyataan bahwa versi Exynos lebih gampang diroot dibandingkan Snapdragon.

Tetapi Sobat tidak perlu khawatir, lantaran kini keduanya sudah sanggup di root dengan gampang lantaran adanya metode gres yang dirilis oleh Chainfire beberapa waktu lalu. Menggunakan metode ini untuk root memang tidak memungkinkan untuk melaksanakan flash custom recovery atau kustom ROM untuk versi snapdragon (tidak untuk versi Exynos yang sudah root), tetapi hal tersebut bukanlah menjadi penghalang untuk melaksanakan beberapa hal menyenangkan lainnya hal menyerupai menginstal xposed untuk menyesuaikan ROM, menjalankan beberapa script untuk mengoptimalkan dan menghapus bloatware dari Samsung Galaxy S7 sobat.

Jika teman ingin mencoba melaksanakan root terhadap Galaxy S7 yang dimiliki, berikut tutorial lengkapnya. Silahkan disimak baik-baik!

Peringatan!

Memodifikasi dan Rooting Perangkat sanggup mengakibatkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan info dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

#1. Persiapan Sebelum Root

Sebelum melaksanakan root, ada beberapa hal penting yang harus dilakukan.

  1. Backup, Backup dan Backup data teman ke komputer atau kartu memori lantaran dengan memakai metode ini akan menghapus semua data yang tersimpan di memori telepon / internal Galaxy S7.
  2. Siapkan komputer PC atau Laptop OS Windows.
  3. Download serta install aplikasi ODIN3_v3.12.3 dan Samsung USB Driver kedalam komputer (restart bila pemasangan sudah selesai)
  4. Download dan ektrak file CF Auto Root untuk Samsung Galaxy S7 atau untuk Samsung Galaxy S7 Edge.

#2. Proses Rooting Samsung Galaxy S7 dan S7 Edge

Penting!

Sebelum memulai Proses, saya sarankan supaya melaksanakan FULL BACKUP, lantaran hal ini sangat diharapkan mengingat apabila terjadi kesalahan, maka kalian sanggup melaksanakan restore/mengembalikan ROM dan data kekeadaan menyerupai semula.

#1. Aktifkan mode developer option dan OEM Unlocking. Jika hidangan Developer Optionnya tersembunyi, buka hidangan setting > about. Tap ‘Build Number’ sekitar 5 hingga 7 kali (lakukan dengan cepat) hingga muncul notifikasi bahwa Developer option telah diaktifkan. Selanjutnya kembali ke hidangan setting, cari dan buka hidangan developer option yang gres saja diaktifkan. Cari, kemudian aktifkan OEM Unlocking serta Enable pada USB Debugging.

[Video] Mengaktifkan Developer Options, USB Debugging dan OEM Lock:


#2. Masuk ke Downloading Mode. Caranya, matikan ponsel kemudian tekan tombol ‘volume bawah + home + power’ secara bersamaan selama kurang lebih 5 detik. Tekan tombol volume atas untuk melanjutkan ke mode downloading. Selanjutnya hubungkan ponsel dengan komputer dengan memakai kabel usb original.

#3. Proses Rooting. Buka aplikasi odin. Perhatikan pesan yang ada dibagian sebelah kiri odin, bila terdapat goresan pena ‘Added!’ berarti Galaxy S7 teman sudah terbaca. Selanjutnya klik “AP” kemudian cari file CF auto root yang mempunyai ekstensi file berupa tar.md5 yang sudah didownload dan diekstrak sebelumnya. Lanjutkan dengan mengklik tombol “Start” untuk proses rooting. Tunggu beberapa ketika hingga proses rooting selesai. Ini akan memakan waktu sekitar 1 hingga 3 menit dan apabila sudah selesai, ponsel teman akan melaksanakan restart dengan sendirinya.

#4. Mengecek Hasil. Untuk mengetahui apakah ponsel teman benar-benar sudah diroot, silahkan download aplikasi “Root checker” yang ada di google play store. Setelah itu, buka aplikasinya dan tap pada “verify root > Grant”. Apabila ada pesan Root access is properly installed on this device, itu mengambarkan bahwa ponsel Galaxy S7 teman sudah diroot.

PERINGATAN!

INGAT!!! Walaupun sanggup menunjukkan jalan masuk root, tetapi jangan sekali-kali melaksanakan flash kustom ROM atau melaksanakan recovery lantaran akan berakibat fatal dan sanggup merusak telepon sobat.

[UPDATE] Root Menggunakan MagiskRoot (via TWRP)

Magisk merupakan sebuah aplikasi terbaru yang dikembangkan oleh salah seorang member di XDA-Developers dan aplikasi ini memilik 2 metode yang sanggup dipakai untuk melaksanakan root, yaitu flash MagiskRoot melalui TWRP dan Install memakai Magisk Manager.

Penggunaannyapun hampir sama dengan SuperSU, namun magisk mempunyai metode ROOT terbaik untuk ketika ini. Untuk tutorial serta link downloadnya, silahkan kalian buka artikel Tentang Bagaimana Cara ROOT Menggunakan Magisk. Selain tutorial dan link downloadnya, disana juga dijelaskan beberapa kelebihan, kekurangan dan cara kerjanya.

#3. Apa yang harus dilakukan bila root gagal?

Proses ini tidak selalu sukses pertama kalinya, lantaran kadang kala dunia ini kejam. Jika rooting Samsung Anda gagal, ulangi langkah-langkah di atas sekali lagi. Jika masih belum bisa, berarti teman tidak beruntung.

Beberapa faktor utama penyebab terjadinya kegagalan dalam proses root biasanya disebabkan oleh penggunaan kabel usb yang bukan original, adanya virus di komputer, file CF auto root rusak (corrupt) sesaat sehabis di download dan beberapa hal lainnya. Untuk mengatasinya ialah dengan cara memakai kabel usb asli, bersihkan komputer dari virus dengan cara memasang antivirus dan download ulang file CF auto root.

Apakah S7 atau S7 Edge teman sudah Root? atau Apakah teman mengalami problem ketika melakukannya? Silahkan menunjukkan komentar, siapa tau admin sanggup membantu. Terima kasih!