Cara Memunculkan File Disembunyikan Virus Di Flashdisk

Diposting pada 20 views

Cara Memunculkan File / Folder Yang Tersembunyi atau Disembunyikan Virus di Flashdisk – Beberapa waktu lalu, seorang teman tiba kepada saya dengan wajah sedikit panik & menjelaskan bahwa file-file penting yang ada di dalam flashdisk miliknya hilang sehabis ia sambungkan ke komputer milik adiknya. Setelah saya cek, ternyata file-file tersebut tidaklah hilang, melainkan disembunyikan (super hidden) oleh virus. Jenis virus ini memang mempunyai kemampuan menyembunyikan semua file-file yang tersimpan pada USB device menyerupai flashdisk, hardisk eksternal, kartu memori & beberapa device lainnya.

Keberadaan virus di komputer memang sangat sulit dideteksi / diketahui, alasannya ialah virus mempunyai kemampuan untuk bersembunyi, meniru diri & menyebar ke dalam komputer tanpa diketaui oleh pengguna komputer tersebut. Jenis dan kemampuannya sendiri bermacam-macam, ada yang bisa memindahkan file/folder ke dalam direktori lain, menyembunyikan & menghapus file, mengambil data kemudian dikirim ke internet, merusak aplikasi komputer & masih banyak lagi.

Nah ketika anda mempunyai problem menyerupai teman saya, jangan panik dulu alasannya ialah bisa saja file tersebut masih ada di dalam flashdisk, namun tidak kita lihat. & untuk memastikan apakah file tersebut masih ada atau tidak silahkan lakukan langkah berikut:

1. Melihat File/Folder Yang Tersembunyi

Langkah #1. Buka sajian “Windows Explorer” atau buka “My Computer” yang ada di desktop. Cara pintasnya, bisa menekan tombol “Windows + E” pada keyboard.

Langkah #2. Di sudut kiri atas windows explorer, klik sajian “Organize” & pilih “Folder and search options

Langkah #3. Setelah sajian Folder Option terbuka, selanjutnya klik tab “View“. Scroll ke bawah & pilih “Show hidden folders, files or, drives” serta hilangkan ceklis pada “Hide protected operating system files (Recomended)“. Saat menghilangkan ceklis pada opsi ini, akan ada sebuah obrolan pesan konfirmasi. Pilih “OK”

Langkah #4. Selanjutnya buka flashdisk. Biasanya file/folder yang disembunyikan oleh virus berwarna sedikit memudar.

Nah apabila anda ingin mengembalikan/memunculkan file/folder tersebut menyerupai sediakala, caranya cukup mudah. Silahkan ikuti langkah-langkah berikut ini.

2. Mengembalikan File/Folder Tersembunyi dengan CMD

Langkah #1. Buka sajian “Run”. ini bisa dilakukan dengan menekan tombol “Windows + R” pada keyboard. Setelah itu ketik “CMD” kemudian tekan enter. Akan muncul sebuah jendela cmd berwarna hitam.

Langkah #2. Pada jendela cmd tersebut Ketik drive letter partision flash disk. Misalnya “G:” (tanpa tanda kutip)lalu tekan enter.

Langkah #3. Ketik perintah “attrib -s -h -r *.* /s /d” (tanpa tanda kutip) & enter. Tunggu beberapa ketika hingga drive letter partition yang anda ketik sebelumnya muncul kembali pada baris paling bawah. Lihat gambar di bawah ini.



Penjelasan :

Command
Penjelasan
attrib
Perintah untuk memperlihatkan attribut pada suatu file atau folder
-s
Perintah untuk menghapus attribut protected operating system
-h
Perintah untuk menghapus attribut hidden file (file tersembunyi)
-r
Perintah untuk menghilangkan attribut pada Read Only File
*.*
Ekstensi file (.mp3, .png, .jpg, .docx, .xls dan sebagainya)
/s
Perintah untuk memproses sub directory. Misalnya file/folder di dalam folder
/d
Perintah untuk memproses directory saja.

Langkah #4. Buka flashdisk & periksa file-folder yang ada di dalam flashdisk anda.

3. Memunculkan File/Folder Tersembunyi dengan Notepad

Memunculkan file yang tersembunyi atau disembunyikan oleh virus memakai notepad ialah cara yang paling gampang untuk digunakan. Kenapa? alasannya ialah pengoperasiannya hanya dengan sekali klik saja & tidak perlu mengetik perintah lagi, cukup di awal saja. Berikut caranya.

Langkah #1. Buka aplikasi Notepad kemudian salin & tempel instruksi di bawah ini.

echo off
echo “Anti Super Hidden”
echo “Running Program”
echo “Please wait… and visit androlite.com for more info”
attrib -s -h *.* /s /d
echo “Complated”
exit P/ A/ Q

Langkah #2. Simpan (Save as) file notepad dengan file ekstensi .bat, teladan : “Show Hidden File.bat” (tanpa tanda kutip) kemudian pilih “All tipe” pada save as type. Setelah itu, klik “Save”.

Langkah #3. Untuk menggunakannya, copy file tadi ke kawasan dimana file/folder akan dimunculkan kembali. Lalu klik 2 kali file tersebut, tunggu dan lihat hasilnya. Done !!!

2 Cara tersebut diatas bisa diterapkan pada Sistem Operasi Windows 7, 8 & 10.

FAQ

#Question : Apa yang bisa kita lakukan semoga virus-virus tersebut tidak masuk ke dalam komputer/laptop?
#Answer : Caranya sangatlah mudah, cukup cari aplikasi antivirus gratis atau berbayar untuk dipasang kedalam komputer. Namun, sehabis terpasang, jangan lupa sering-sering melaksanakan update/pembaruan terhadap antivirus tersebut, alasannya ialah tanpa update antivirus tidak akan bekerja secara maksimal.

#Question : Lalu untuk apa sering melaksanakan pembaruan?
#Answer : Begini, hampir setiap hari orang-orang yang jago dalam dunia pemprograman menciptakan virus gres yang kemudian ia sebar. Seketika virus tersebut sudah hingga kepada komputer anda, otomatis virus tersebut akan dengan mudahnya masuk kedalam komputer tanpa bisa dideteksi oleh antivirus. Alasannya sangat sederhana, bahwa database untuk menangkal virus terbaru belum ada / belum tersedia pada antivirus tersebut.

#Question : Menurut admin, antivirus apa yang bagus?
#Answer : Menurut saya pribadi, semua antivirus sama bagusnya, tergantung dari kita sendiri mau memakai yang mana. Namun saya sarankan untuk memakai antivirus yang tidak terlalu membebani performa komputer. Misalnya Eset Nod32 Antivirus.

Saran

Usahakan jangan terlalu sering menyambungkan flashdisk / usb device lainnya ke komputer yang tidak anda yakini bahwa komputer tersebut bebas dari nanah virus.

Demikian tutorial singkat mengenai “Bagaimana Cara Mengembalikan File / Folder Flashdisk Yang Disembunyikan oleh Virus”. Semoga tutorial tersebut di atas, semoga bermanfaat bagi kawan-kawan semua. Terima kasih & salam…!!!