Cara Mematikan Update Otomatis Aplikasi / Os Android

Diposting pada 8 views

Cara Mematikan / Menonaktifkan Fitur Update Otomatis Aplikasi dan Sistem Operasi Android – Sistem Operasi Android merupakan sebuah perangkat lunak yang dikembangkan oleh salah satu perusahaan terbesar ketika ini ialah Google, yang berjalan atau mengoperasikan perangkat smartphone berbasis android. Dari waktu ke waktu, Android telah berevolusi dengan memperlihatkan banyak sekali fitur dan aplikasi gratis berlimpah serta memililiki tampilan yang sangat baik dan gampang untuk dioperasikan.

Sistem operasi Android mempunyai beberapa versi dan dari setiap versi tersebut selalu memakai nama makanan. Misalnya Android versi 6 dengan nama Marshmallow, versi 7 berjulukan Nougat dan yang teranyar Android 8.0 dengan nama Oreo. Setiap versi ini selalu memperlihatkan banyak sekali fitur terbaru dan tentu saja ukurannya juga semakin besar. Begitupun dengan aplikasi-aplikasi android terkini, yang juga berkapasitas semakin besar pula.

Dari sekian banyak aplikasi tersebut, hampir semuanya selalu melaksanakan pembaruan secara otomatis ketika smartphone terhubung pada koneksi Wi-Fi. Otomatis, kapasitas penyimpanan yang terdapat di dalam hp juga akan semakin penuh serta menciptakan kinerja Android semakin lambat. Untuk itu, cara biar aplikasi android tidak minta update lagi dan cara menghentikan pembaruan sistem android akan kita ulas pada kesempatan kali ini, biar penyimpanan internal ponsel selalu terjaga ukuran kapasitasnya, serta kinerja smartphone juga akan tetap stabil.

1. Cara Mematikan Update Perangkat Lunak / OS Android

Cara mematikan pembaruan sistem android bukanlan sesuatu hal yang sulit untuk dilakukan, sebab sajian Update atau download pembaruan otomatis tidak tersembunyi dan sanggup ditemukan dengan mudah. Salah satu tujuan utama untuk mematikan fitur auto download OS ini bertujuan biar tidak membebani kinerja ponsel dan tidak menciptakan kapasitas penyimpanan semakin membengkak.

Akan tetapi, khusus untuk pembaruan otomatis OS androi ini, admin sarankan biar tidak dinonaktifkan. Karena dari setiap update yang dilakukan oleh vendor smartphone, terkadang menyisipkan beberapa fitur yang diharapkan oleh perangkat. Misalnya sistem keamanan menyerupai antivirus atau menambal beberapa bug yang terdapat di dalam OS Android ini.

Tetapi cara menghentikan download otomatis OS Android sendiri sanggup anda lakukan dengan sangat gampang dan cepat. Bagaimana cara melakukannya? Berikut panduannya.

  1. Buka sajian “Pengaturan / Settings / Setelan“.
  2. Klik sajian “About Device / Tentang Telepon” atau sajian sejenisnya.
  3. Temukan sajian “Download updates automatically / Download pembaruan otomatis” kemudian nonaktifkan fiturnya.
  4. Selesai.

Keterangan : Setiap HP Android mempunyai sajian yang berbeda, namun sajian pengaturan untuk menghentikan pembaruan perangkat lunak / OS Android ini tidak akan jauh berbeda. Panduan diatas, via HP Samsung.

2. Cara Mematikan Download / Update Otomatis Aplikasi Android

Cara menghentikan pembaruan aplikasi android secara otomatis mempunyai pengaturan sedikit berbeda dari Update Perangkat Lunak / OS Android, sebab sajian untuk menonaktifkan download otomatis app sedikit tersembunyi. Nah untuk melaksanakan hal ini, berikut panduannya.

  1. Buka sajian aplikasi “Play Store“.
  2. Klik sajian Play Store dengan icon 3 garis mendatar di sudut kiri atas.
  3. Gulir ke bawah, temukan dan buka “Settings / Pengaturan“.
  4. Klik “Auto-updates apps / Update aplikasi secara otomatis“.
  5. Akan muncul sebuah jendela kecil dengan 3 pilihan di dalamnya.
  6. Centang pada “Jangan update aplikasi secara otomatis / Do not auto-update apps“.
  7. Selesai. Berikut gambar lengkapnya.


Itulah cara mematikan download / update otomatis aplikasi android dan cara menghentikan pembaruan perangkat lunak sistem operasi android pada kesempatan kali ini. Semoga panduan di atas sanggup bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Terima kasih dan salam.