Cara Install Xposed Samsung J7 Prime Dan J5 Prime

Diposting pada 164 views

Panduan Lengkap Bagaimana Cara Pasang Xposed Installer Samsung Galaxy J7 Prime dan J5 Prime Android Marshmallow dan Nougat – Xposed Installer Framework ialah sebuah peralatan atau aplikasi sistem operasi android yang mempunyai kelebihan untuk melaksanakan tweak, memodifikasi tampilan UI, meningkatkan performa dan mengedit aplikasi android berekstensi apk. Selain kelebihan tersebut, masih banyak lagi kelebihan lain yang ia miliki. Hanya saja kita sebagai penggunanya dituntut untuk aktif untuk mencari tahu lebih banyak lagi perihal fungsi-fungsi lainnya.

Nah bagi sahabat pemilik Samsung Galaxy J7 Prime dan J5 Prime yang ingin memasang aplikasi Xposed installer Framework, berikut ini androlite sajikan tutorialnya. Namun sebelum lanjut, ponsel sahabat harus sudah dalam keadaan root dan sudah terpasang custom recovery TWRP. Karena pemasangan Xposed Installer tidak akan dapat dilakukan jikalau kedua atau salah satunya belum dilakukan.

Dan apabila sahabat belum melaksanakan root atau memasang custom TWRP, silahkan baca artikel Cara Pasang Custom TWRP dan Root Samsung Galaxy J7 Prime untuk ponsel Galaxy J7 Prime dan artikel Cara Root dan Pasang TWRP Galaxy J5 Prime untuk ponsel Galaxy J5 Prime.

Lalu untuk apa memasang custom TWRP? Seperti yang telah kita ketahui bersama, bahwa semenjak android merilis versi kitkat 4.4 hingga marshmallow 6.0.1, penggunanya tidak dapat memasang aplikasi xposed berekstensi file apk secara pribadi kedalam android. Melainkan harus memasangnya atau flashing melalui custom TWRP.

Install Xposed Samsung Galaxy J7 Prime dan J5 Prime

Untuk pemasangan Xposed kedua model ponsel ini, caranya sama saja. Versi file xposed yang diharapkan juga sama. Dan untuk proses installnya, berikut caranya.

Peringatan !!!

Sebelum melaksanakan penginstallan, sebaiknya lakukan BACKUP terlebih dahulu ROM ataupun file-file penting yang ada didalam ponsel. Hal ini diharapkan untuk berjaga-jaga, semoga ketika terjadi kesalahan dikala proses penginstallan, sahabat dapat merestore kembali ke keadaan menyerupai semula.

Step 1. Download Xposed Installer 3.0 Alpha 4.apk untuk Android Marshmallow atau Xposed Installer_3.1.4.apk untuk Android Nougat kemudian install kedalam ponsel. Cara penginstallannya sama saja dengan menginstall aplikasi lain yang mempunyai ekstensi file .apk lainnya.

Step 2. Download salah satu versi Xposed berikut ini dan simpan ke kartu memori ekstenal. Tapi ingat, jangan simpan kedalam folder semoga dikala pencariannya nanti dapat dengan gampang ditemukan.
Android Marshmallow 6.0.1

  1. Custom Xposed v80.0 sdk23 arm
  2. Custom Xposed v86.0 sdk23 arm
  3. Custom Xposed v86.1 sdk23 arm

Android Nougat 7.0

  1. Download Xposed Installer untuk Android Nougat 7.0 (SDK24).
  2. Atau Xposed Installer untuk Android Nougat 7.1 (SDK25).

Catatan: Jika kalian resah untuk mengetahui Karnel Arsitektur (ARM) CPU yang digunakan, silahkan download aplikasi Cara Mengetahui Jenis ARM (Kernel Architecture) Android.

Step 3. Matikan ponsel. Kemudian masuk ke sajian TWRP dengan cara menekan tombol Home+Power+Volume Atas secara bersamaan. Lanjutkan dengan tap pada sajian Install kemudian cari dan pilih file xposed yang sebelumnya sudah disimpan di kartu memori ekstenal.

Step 4. Langkah berikutnya ialah dengan mengusap ke sebelah kanan pada perintah “Swipe to confirm flash“. Tunggu beberapa dikala hingga proses penginstallan xposed installer framework selesai dilakukan. Lakukan restart dengan cara menekan tombol Back > Reboot > Reboot System.

Step 5. Silahkan lakukan pengecekan untuk keberhasilan pemasangannya. Caranya buka aplikasi Xposed Installer > Framework. Didalam sajian tersebut akan ada pesan bahwa framework sudah aktif atau tidak. Jika ada goresan pena Active (warnanya hijau) itu berarti exposed sudah dapat digunakan. Namun jikalau tulisannya “Not Active” (biasanya berwarna merah) maka pemasangannya gagal.

[Video] Tutorial Cara Install Xposed Installer :

Jika Pemasangan Gagal, Ini Solusinya

Pemasangan Xposed Installer tidak selamnya berjalan dengan lancar atau dengan kata lain gagal. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, salah satu diantaranya ialah tidak mengikuti langkah-langkah pemasangan dengan benar atau lantaran pemilihan file Xposed yang tidak tepat. Ikuti petunjuknya berikut ini.

  1. Bersihkan cahce dengan cara wipe data, cache dan dalvik melalui custom TWRP.
  2. Download ulang atau ganti versi xposed dari 3 versi yang ada diatas (lihat step 2).
  3. Ulangi langkah-langkahnya sekali lagi. Tapi ingat, lakukan dengan teliti dan jangan hingga ada yang terlewatkan

Cara Uninstall Xposed

Untuk beberapa kasus, tidak semua orang menginginkan aplikasi xposed intaller ada di dalam ponsel untuk waktu yang cukup lama. Terkadang ada yang menentukan untuk menghapus atau melaksanakan uninstall lantaran beberapa hal. Nah, bagi sahabat yang ingin menghapus aplikasi ini, berikut langkah-langkahnya.

  1. Download aplikasi Xposed Uninstaller dan tempatkan file ini kedalam kartu memori ekstenal.
  2. Turn off ponsel kemudian masuk ke custom recovery TWRP. Tap install kemudian pilih aplikasi xposed uninstaller.
  3. Usap ke arah kanan pada Confirm to flash untuk mengkonfirmasi penghapusan. Tunggu beberapa dikala hingga proses penghapusannya selesai dilakukan.
  4. Tap pada tombol back, kemudian lanjutkan ke sajian WIPE. Pilih Advanced Wipe > centang pada Dalvik Cache dan Cache.
  5. Terakhir, usap pada Swipe to wipe. Setelah selesai, restart ponsel sobat.

Demikianlah Cara Pasang Xposed Installer Samsung Galaxy J7 dan J5 Prime untuk android Marshmallow. Jika ada kendala, silahkan meninggalkan komentar atau menghubungi admin melalui formulir kontak. Semoga bermanfaat dan salam.