Cara Install Twrp + Root Samsung J7 Pro Dengan / Tanpa Pc

Diposting pada 37 views

Cara ROOT Samsung J7 Pro Tanpa dan Dengan PC + Install TWRP SM-J730G / SM-J730GM / SM-J730F – Samsung Galaxy J7 Pro merupakan produk keluaran terbaru dari perusahaan asal Korea Selatan yakni Samsung. Smartphone ini sudah menggunakan sistem operasi terbaru yakni Android Nougat 7.0 dan mempunyai desain yang sangat glamor serta dibekali oleh hardware yang sangat berkualitas.

Nah, berkaitan dengan hal tersebut di atas, walaupun sudah dibekali oleh hardware yang super mantap dan OS terbaru, tetapi rasanya masih ada yang kurang. Apa itu? yakni root, lantaran dengan melaksanakan root, kita sanggup melaksanakan banyak hal, contohnya melaksanakan tweak, menghapus aplikasi yang tidak perlu, menghapus aplikasi bootloader, mengosongkan penyimpanan internal serta masih banyak hal lagi yang sanggup kita lakukan kalau kita sudah me-root-nya.

Untuk itu, pada artikel kali ini, saya akan menawarkan tutorial kepada sobat wacana Bagaimana Cara Memasang/Install TWRP dan 2 Cara Me-Root smartphone Samsung Galaxy J7 Pro SM-J730G/SM-J730GM/SM-J730F. Tutorial Pertama yakni ROOT Galaxy J7 Pro Tanpa PC/Laptop dan Kedua yaitu Dengan Menggunakan PC/Laptop. Namun sebelum lanjut ke tutorialnya, alangkah baiknya bahkan saya rasa wajib sobat ketahui wacana Apa itu ROOT, Apa Kelabihannya beserta Kekurangannya. Karena pengetahuan wacana ROOT ini dipandang sangat perlu dan penting sobat ketahui. Tetapi apabila sobat sudah membacanya atau sudah mengetahuinya, selanjutnya mari kita menuju ke pembahasan wacana Cara install TWRP dan ROOT Samsung Galaxy J7 Pro ini.

Peringatan!

Memodifikasi dan Rooting Perangkat sanggup menimbulkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan informasi dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

1. Persiapan Sebelum Root Menggunakan PC/Laptop

Untuk melaksanakan root terhadap smartphone ini, terlebih dahulu sobat harus mempersiapkan segala sesuatunya terlebih dahulu. Diantaranya mengunduh beberapa aplikasi, mempersiapkan Laptop atau Komputer dan beberapa hal penting lainnya yang dianggap perlu. Berikut persiapannya.

  1. PC (Komputer)/Laptop
  2. Download Samsung USB Driver (Setelah Download, eksklusif Install ke PC/Laptop. Restart PC/Laptop sobat sehabis pemasangannya sudah selesai).
  3. Download Aplikasi Odin3 v3.12.3 (Ekstrak filenya ke dalam PC/laptop).
  4. Download TWRP 3.1.1 SM-J730GM (Jangan di ekstrak dan file ini simpan di dalam komputer).
  5. Download Aplikasi ROOT SuperSU-v2.82 dan File No Verity No Encrypt (Keduanya jangan diekstrak dan simpan/copy paste kedalam memori telepon/kartu memori).
Penting!

Sebelum memulai Proses, saya sarankan biar melaksanakan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kalian sanggup merestore / mengembalikannnya ke keadaan ibarat semula.

2. Pemasangan TWRP Galaxy J7 Pro SM-J730G

Langkah #1: Setelah semua persiapan di atas sudah selesai dilakukan, selanjutnya buka smartphone sobat kemudian Aktifkan/Enable OEM Lock (OEM Terbuka Kunci) dan USB Debugging (Mendebug USB). Berikut caranya :

  1. Pertama, sobat harus aktikan “Mode Pengembang/Developer Option” terlebih dahulu. Caranya Buka Pengaturan kemudian gulir ke bawah, temukan dan buka About Device (Tentang Device/Telepon).
  2. Selanjutnya, tap sebanyak 5-7 kali pada “Build Number” hingga muncul notifikasi “Mode Pengembang Sudah Aktif” (atau notifikasi sejenisnya).
  3. Setelah mode pengembang sudah aktif, selanjutnya tekan kembali hingga pada sajian pengaturan. Gulir ke bawah lagi, temukan dan buka “Developer Option/Mode Pengembang“.
  4. Lanjutkan dengan mencari goresan pena “OEM Lock/OEM Terbuka Kunci” dan “USB Debugging/Mendebug USB” kemudian aktifkan/enable kedua-duanya.

Jika sobat merasa bingung, silahkan lihat video wacana cara mengaktifkan OEM Lock dan USB Debugging berikut ini.

[Video] Mengaktifkan Developer Options, USB Debugging dan OEM Lock:


Langkah #2: Setelah langkah pertama sudah selesai dilakukan, selanjutnya Matikan Perangkat/Smartphone hingga off total, kemudian lanjutkan dengan menekan tombol “Power + Home + Volume Bawah” secara bersamaan selama 3-5 detik hingga muncul tampilan “Downloading Mode“. Lanjutkan lagi dengan menekan tombol “Volume Atas“.

Langkah #3: Sambungkan Smartphone sobat ke PC/Laptop dengan menggunakan kabel USB, yang dalam hal ini saya sarankan biar menggunakan kabel USB yang orisinil atau original. Setelah tersambung, selanjutnya buka aplikasi ODIN dengan cara Klik kanan dan pilih “Run as Administrator“.


Setelah aplikasi ODIN terbuka, pastikan aplikasi ini membaca smartphone yang sudah sobat sambungkan sebelumnya. Cara mengeceknya sangatlah mudah, yaitu dengan cara memperhatikan di pecahan bawah dari goresan pena “ID:COM“. Jika dibawahnya terdapat goresan pena ibarat ini “0:(COM:1) atau 0:(COM:2)” dan seterusnya, berarti aplikasi ODIN sudah membaca perangkat sobat (Gambar lengkap ada di Langkah #4). Namun kalau belum ada, saya sarankan untuk mencabut ulang kabel USB yang sudah terpasang atau menggantinya dengan kabel USB yang lainnya.

Langkah #4: Selanjutnya, pada aplikasi odin, cari lagi goresan pena dan klik “AP“. Secara otomatis akan ada layar terbuka dan lanjutkan dengan mencari file “TWRP 3.1.1 SM-J730GM” yang sudah sobat unduh sebelumnya kemudian pilih open.

Pada tahap ini, sobat jangan “Start” terlebih dahulu, melainkan lakukan beberapa pengaturan lainnya terlebih dahulu. Caranya buka tab “Option” yang ada di aplikasi odin, kemudian Hilangkan/Jangan Centang pada “Auto Reboot“. Untuk “F. Reset Time” centangnya JANGAN DIHILANGKAN. Untuk lebih jelasnya, lihat gambar berikut ini.


Setelah semua pengaturannya sudah sesuai dengan gambar di atas, selanjutnya klik pada tombol “START” dan tunggu hingga proses pemasangan TWRPnya selesai. Apabila proses pemasangannya berhasil, maka akan ada goresan pena “PASS” (latar warna hijau) yang ada di pecahan atas aplikasi ODIN, tepatnya di atas dari goresan pena “ID:COM“. Pada tahap ini, silahkan tutup aplikasi odin dan cabut kabel USB yang menyambungkan antara smartphone dengan PC/Laptop.


Namun apabila latarnya berwarna merah dan ada goresan pena FAILED, berarti ada yang bermasalah. Jika mendapat hal ibarat ini, sobat jangan panik terlebih dahulu dan saya sarankan biar sobat mengulangi langkah-langkah yang ada di atas sekali lagi.

Langkah #5: Untuk masuk ke Mode Recovery untuk pertama kalinya, sobat harus melaksanakan cara di bawah ini. Jika tidak TWRP yang sudah dipasang akan kembali tergantikan (direplace) oleh CWM bawaan ponsel dan sobat harus mengulanginya dari awal lagi.

  • Tekan dan tahan tombol “Home + Vol Bawah + Power” secara bersamaan hingga ponsel bergetar.
  • Sesaat sehabis ada getaran, segera tekan pindahkan jari dari “Volume Bawah” ke “Volume Atas” (secepat mungkin) dengan tetap menahan Tombol “Home + Power“.

3. Proses Rooting Samsung J7 Pro

Rooting menggunakan dukungan komputer khusus untuk Samsung Galaxy J7 Pro terbagi kedalam 2 bagian, yang pertama flashing TWRP terlebih dahulu, kemudian melaksanakan rooting via TWRP tersebut. Sedangkan yang kedua, eksklusif flash melalui aplikasi Odin atau dengan kata lain tanpa melalui custom recovery.

3.1. Root Dengan SuperSU

Step #1: Masuk ke sajian TWRP dengan cara matikan smartphone (ingat harus dalam keadaan off total). Setelah itu tekan “Tombol Home + Power + Volume Atas” secara bersamaan kurang lebih 3-5 detik hingga perangkat bergetar dan sajian TWRP muncul.

Step #2: Pilih sajian “Install” kemudian cari aplikasi “SuperSU-v2.82” yang sudah sobat unduh dan sudah sobat tempatkan kedalam memori telepon atau kartu memori. Setelah file terpiih, selanjutnya usap ke kanan pada pecahan “Swipe to confirm flash” dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Step #3: Berikutnya, tekan Tombol Back kemudian pilih sajian “Install” lagi dan cari file “No Verity No Encrypt“. Usap ke kanan pada pecahan “Swipe to confirm flash” dan sekali lagi tunggu hingga proses flashnya selesai.

Step #4: Langkah terakhir, pilih “Wipe Dalvik/Cache“, kemudian lanjutkan dengan men-tap pada pecahan “Reboot System“. Selesai.

Pada tahap ini, proses Rooting sudah selesai. Untuk mengecek apakah berhasil atau tidak, caranya silahkan download aplikasi Root Checker yang ada di Google PlayStore.

3.2. Root via TWRP (MagiskRoot)

Magisk merupakan sebuah aplikasi terbaru yang dikembangkan oleh salah seorang member di XDA-Developers dan aplikasi ini memilik 2 metode yang sanggup dipakai untuk melaksanakan root, yaitu flash MagiskRoot melalui TWRP dan Install menggunakan Magisk Manager.

Penggunaannyapun hampir sama dengan SuperSU, namun magisk mempunyai metode ROOT terbaik untuk ketika ini. Untuk tutorial serta link downloadnya, silahkan kalian buka artikel Tentang Bagaimana Cara ROOT Menggunakan Magisk. Selain tutorial dan link downloadnya, disana juga dijelaskan beberapa kelebihan, kekurangan dan cara kerjanya.

3.3. Root via ODIN (Tanpa TWRP)

Apabila pemasangan custom recovery tidak berhasil, maka root pada langkah 3.1 dan 3.2 tidak akan mungkin sanggup dilakukan. Untuk itu admin menyiapkan alternatif lain yaitu rooting dengan cara eksklusif flashing melalui Odin atau tanpa custom recovery. Tetapi cara ini mewajibkan kalian untuk melaksanakan Factory Reset pada sajian Recovery CWM. Karena, tanpa factory reset, rooting tidak akan berhasil. Berikut panduan lengkapnya.

  1. Lakukan Factory Reset di sajian Recovery (CWM). Wajib dilakukan!
  2. Unduh file SM-J730_SR3-SuperSU-v2.79-SR3_Root_Boot_32 kemudian filenya simpan di dalam salah satu penyimpanan komputer.
  3. Nonaktifkan Ponsel, kemudian masuk ke sajian Downloading Mode (Tekan tombol Home + Power + Vol Bawah).
  4. Sambungkan Ponsel ke komputer melalui konektor USB.
  5. Jalankan aplikasi odin (Klik kanan, pilih Run as administrator).
  6. Klik tombol AP, kemudian cari file SM-J730_SR3-SuperSU-v2.79-SR3_Root_Boot_32.
  7. Klik tab Options Pada odin, centang Auto Reboot dan F. Reset Time.
  8. Klik tombol Start dan tunggu hingga selesai.
  9. Selesai.
[Video] Contoh Install TWRP dan Rooting

4. Root Galaxy J7 Pro TANPA Menggunakan PC/Laptop

Satu hal yang perlu sobat ketahui, bahwa untuk melaksanakan ROOT J7 PRO tanpa menggunakan dukungan PC/Laptop, tingkat keberhasilannya sangat rendah. Berbeda dengan Root dengan dukungan PC/Laptop yang dalam hal ini menggunakan aplikasi ODIN untuk memasang TWRP dan menginstall aplikasi ROOT melalui TWRP.

Namun, tidak ada salahnya kalau sobat mau mencoba melaksanakan ROOT tanpa menggunakan PC/Laptop. Dan apabila sobat mau mencobanya, berikut ini alternatif yang sanggup kalian gunakan untuk melaksanakan root Galaxy J7 PRO yaitu dengan menggunakan Aplikasi KINGROOT. Mengapa saya menyarankan aplikasi KINGROOT? Karena sejauh ini, aplikasi yang paling berhasil melaksanakan root tanpa PC ialah KingRoot dan saya juga sudah membuktikannya sendiri.

Untuk melaksanakan ROOT dengan menggunakan KINGROOT, berikut tutorialnya beserta beberapa persiapan yang mungkin perlu dilakukan.

Step #1: Download aplikasi KINGROOT.apk (ekstrak filenya terlebih dahulu) dan install ke dalam perangkat. Apabila terdapat pesan “Install Blocked” silahkan buka sajian Pengaturan > Keamanan > & aktifkan “Sumber Tidak Diketahui/Unknow Source“. Mengapa pemasanganan kingroot diblokir? Karena KingRoot merupakan aplikasi pihak ketiga (bukan dari Google Play Store) yang membutuhkan izin untuk pemasangannya.

Step #2: Sebelum menjalankan aplikasi Kingroot, perangkat harus mendapat sambungan internet baik melalui koneksi Wi-Fi, hotspot ataupun sambungan data seluler. Nah, mengapa sambungan internet diperlukan? lantaran proses rooting akan dilakukan secara online yang dalam hal ini melalui server KingRoot sendiri. Kaprikornus tanpa adanya sambungan internet, proses rooting tidak akan berhasil.

Step #3: Jalankan aplikasi dan lanjutkan dengan tap/mengklik “Root” yang berada di bundar biru dan tunggu hingga prosesnya selesai. Apabila terdapat pesan “Installation Blocked” ketika proses rooting, tap pada goresan pena “More Details” kemudian pilih “Install anyway (Unsave)“.


Step #4: Apabila proses rooting berhasil, maka perangkat sobat secara otomatis akan melaksanakan restart. Namun kalau gagal, maka akan ada sebuah pesan Failed.

Sekali lagi untuk mengecek bahwa apakah perangkat benar-benar sudah root, maka silahkan sobat download aplikasi Root Checker yang ada di Google Play Store.

5. Bantuan dan Saran

Bagi sobat yang berhasil atau gagal melaksanakan ROOT dengan menggunakan salah satu cara yang ada di atas, mohon untuk meninggalkan komentar biar ini sanggup menjadi tumpuan bagi admin pada khususnya dan teman-teman yang lain pada umumnya. Dan jangan lupa juga untuk memberitahukan tutorial mana yang kalian gunakan.

Saya sangat berterima kasih sekali kepada sobat yang mau meluangkan waktunya walau hanya sebentar untuk meninggalkan komentar pada kolom komentar mengenai tutorial di atas. Satu hal lagi, apabila sobat ingin “Melakukan UNROOT” silahkan baca tutorialnya di “Cara UNROOT Android untuk Semua Jenis Device Terbaru“.

Demikian tutorial wacana 2 Cara Melakukan ROOT dan Install TWRP Samsung Galaxy J7 Pro ini, semoga apa yang saya sajikan kali ini sanggup bermanfaat bagi sobat. Terima kasih dan salam.