Cara Install Twrp + Root Samsung Galaxy J7 (2015)

Diposting pada 17 views

Cara Root dan Pasang TWRP Samsung Galaxy J7 2015 (SM-J700F) – Banyak pengguna ponsel terpelajar Samsung Galaxy J7 merasa tidak puas dan ingin memaksimalkan kinerja ponselnya. Salah satu cara untuk melaksanakan hal tersebut yaitu dengan melaksanakan root. Istilah root sendiri sudah tidak gila bagi pengguna ponsel berbasis android. Lalu apa itu root? Apa kelebihan yang ditawarkan serta apa kekurangannya? Berikut klarifikasi singkatnya.

#1. Pengertian Root Android – Root yaitu kontrol istimewa pengguna untuk mengakses sistem operasi Android atas aneka macam subsistem Android atau dengan kata lain, memperlihatkan jalan masuk penuh untuk memasang atau menghapus aplikasi yang tidak diinginkan, melaksanakan modifikasi dan lain sebagainya.

#2. Manfaat Root – Ada banyak manfaat yang sanggup kita dapatkan dari root ini, diantaranya yaitu sanggup menambah/menghapus aplikasi yang tidak sanggup dihapus melalui pencopotan pada sajian settings pengelola aplikasi, mengubah tampilan, memaksimalkan performa android, serta melaksanakan aneka macam hal tanpa batas.

#3. Kekurangan Root – Selain membuka jalan masuk penuh kepada pengguna, melaksanakan root juga membuka jalan masuk kepada virus untuk mengontrol/mengotak atik sistem operasi android. Kanapa hal ini sanggup terjadi? Karena sistem keamanan yang terdapat pada android sudah terbuka atau rusak. Android ibaratnya mirip sebuah rumah. Jika pintu rumah tersebut sudah terbuka, maka siapapun sanggup masuk kedalamnya.

Selain itu, root juga akan mengakibatkan pengguna tidak sanggup lagi melaksanakan klaim garansi. Alasannya kenapa? Analoginya mirip ini, ketika anda membeli sebuah televisi gres niscaya dilengkapi dengan segel garansi. Jika segel tersebut rusak, maka pihak toko tidak akan mau memperlihatkan garansi. Nah sama halnya dengan root. Jika android sudah diroot maka pengklaiman garansi tidak sanggup dilakukan. Namun tidak perlu khawatir, root sanggup di hapus dengan cara melaksanakan unroot atau dengan melaksanakan factory reset.

Setelah membaca klarifikasi singkat tersebut diatas, namun anda tetap mau melaksanakan root, maka silahkan lanjutkan terus untuk membaca.

Cara Root Samsung Galaxy J7

Adapun tahapan yang diharapkan untuk melaksanakan root terhadap ponsel galaxy J7 anda, yang pertama yaitu harus mengganti CWM dengan Custom TWRP kemudian gres sanggup dilanjutkan ke tahapan rooting.

Peringatan!

Memodifikasi dan Rooting Perangkat sanggup mengakibatkan Hilangnya garansi, Kerusakan, Bootlop dan sebagainya. More Info »

Ingat, androlite.com tidak bertanggung jawab atas kerusakan yang mungkin terjadi pada perangkat kalian yang disebabkan oleh penggunaan isu dan file yang ada di situs ini. Do with your own risk.

1. Pasang Custom TWRP

Persiapkan bahan-bahan yang diharapkan terlebih dahulu. Berikut bahan-bahannya :

  1. Komputer PC/Laptop dan Ponsel Galaxy J7
  2. Download Samsung USB Driver. *Install kedalam komputer.
  3. Download Aplikasi Odin3 v3.12.3. *Ekstrak filenya ke komputer.
  4. Download TWRP v2.8.7.0-J700F-Elte. *Simpan filenya di dalam komputer.

Setelah bahan-bahan tersebut di atas sudah siap, selanjutnya perhatikan langkah-langkahnya berikut ini :

Penting!

Sebelum memulai Proses, saya sarankan biar melaksanakan FULL BACKUP, baik itu Sistem Operasi Android ataupun data-data penting lainnya. Karena apabila terjadi kesalahan, maka kalian sanggup merestore / mengembalikannnya ke keadaan mirip semula.

#1. Aktifkan USB Debugging dan OEM Lock

  • Untuk mengaktifkan fitur ini, buka Pengaturan > Tentang Perangkat > Info perangkat lunak > Nomor Versi
  • Tap 5 hingga 7 kali hingga ada notifikasi “Opsi pengembang sudah aktif”
  • Buka pengaturan lagi dan cari “Pilihan pengembang”
  • Aktifkan OEM Terbuka Kunci dan Mendebug USB
[Video] Mengaktifkan Developer Options, USB Debugging dan OEM Lock:

#2. Memasang Samsung USB Driver

  • Pasang/Install USB Driver yang telah di download sebelumnya ke PC/Laptop
  • Setelah selesai, restart PC/Laptop anda
  • Sambungkan Galaxy J7 ke PC/Laptop (Pemasangan USB device Galaxy J7 secara otomatis akan terbaca)

#3. Pemasangan TWRP melalui Odin3

  • Ekstrak file Odin yang sebelumnya telah di download serta jalankan (Run as administrator)
  • Di aplikasi odin3, klik “AP” kemudian cari TWRP yang tadi sudah anda download sebelumnya.
  • Matikan Samsung Galaxy J7 anda.
  • Nyalakan kembali ponsel melalui “Download Mode”. Caranya tekan tombol Power+Home+Volume Bawah secara bersamaan selama 3-5 detik.
  • Tekan lagi volume atas untuk mengaktifkan “Download Mode”
  • Sambungkan ponsel ke PC/Laptop melalui kabel USB kemudian kembali lagi ke Odin
  • Pastikan di bawah ID:Com pada Odin sudah terdapat ID USB (contoh, 0:[COM3]). Setelah itu klik “Start”

  • Tunggu beberapa ketika hingga muncul pesan “Pass!”

  • Selanjutnya, tutup aplikasi Odin dan cabut kabel usb dari ponsel anda.

Untuk mencobanya, silahkan tekan tombol Power+ Home+ Volume Atas secara bersamaan.

B. Proses Rooting Galaxy J7

  • Download SuperSU v2.82.zip atau BETA-SuperSU-v2.74.zip kemudian salin ke kartu memori.
  • Matikan ponsel kemudian masuk ke TWRP dengan cara menekan tombol “Home+Power+Volume” selama 3-5 detik secara bersamaan.
  • Setelah sudah berada di posisi TWRP, pilih “Install” kemudian lanjutkan mencari Super SU yang sudah di salin ke kartu momori tadi
  • Selanjutnya pilih “Swipe to Confirm Flash” dan Tunggu hingga final kemudian restart ponsel anda.
[Video] Contoh Install TWRP dan Rooting

C. Bantuan dan Saran

Sebelum melaksanakan root, sebaiknya backup terlebih dahulu Sistem operasi anda melalui sajian CWM. Hal ini untuk mengantisipasi apabila terjadi kesalahan dalam melaksanakan proses root dan apabila ingin melaksanakan Unroot terhadap Android, silahkan baca “Cara UNROOT Android untuk Semua Jenis Device

Jika ada yang kurang jelas, silahkan kawan-kawan tanyakan melalui kolom komentar atau melalui formulir kontak saya. Terima kasih!